Wednesday, October 18, 2017

Resensi Buku: Tuhan Tidak Salah Desain



by Yunie Sutanto

Judul Buku: Tuhan Tidak Salah Desain
Penulis: Ning Nathan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman: 171 halaman


Buku ini adalah karya seorang ibu yang menerapkan sendiri homeschooling bagi anaknya yang berkebutuhan khusus. Ibu Ning, penulis buku ini, mempunyai dua anak berkebutuhan khusus. Ia begitu piawai mengolah kata dan menembus hati para pembacanya. Jauh dari kesan menggurui, buku ini justru memantik api semangat untuk memperjuangkan hak para penyandang disabilitas. Hak untuk tidak dikasihani, namun dikasihi sebagai mana mestinya. Hak untuk memaksimalkan potensi dan menggali bakat terpendam. Hak untuk menjadi the best version of themselves. 

Sadarkah bahwa mereka yang berkebutuhan khusus adalah pribadi yang utuh? Seringkali kata “normal” atau “typical” memberi ruang sempit bagi seorang pribadi untuk berekspresi! Normal itu jika bisa mengikuti grafik tumbuh kembang sesuai tahapannya. Normal itu jika bisa diterima oleh masyarakat umum, tidak masuk kategori terlalu lambat atau terlalu cepat. Normal deh pokoknya! Modernisasi seolah semakin mempertajam derasnya arus informasi tentang bagaimana anak yang “normal” seharusnya. Padahal, ada saja anak yang tumbuh kembangnya terlambat di area A atau B, tapi lebih cepat di area C. Setiap anak unik. Tidak ada copy paste-nya, wong sidik jari saja beda-beda! Kembar siam pun diciptakan dengan sidik jari dan kepribadian yang berbeda.

Buku ini menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar isu dasar anak berkebutuhan khusus. Mereka bukan barang rejected, atau salah desain. Mereka juga bukan hukuman atas dosa atau salah leluhurnya seperti banyak dituduhkan oleh mitos dan keyakinan. Mereka ada seijin Allah untuk mempermuliakan nama-Nya. Mereka adalah ciptaan-Nya yang unik. Tuhan tidak salah desain. Jangan mencoba menilai ciptaan-Nya dengan pikiran kita yang sangat terbatas. Pikiran Tuhan mengatasi pemikiran manusiawi kita. Ada kemuliaan-Nya yang menanti di balik setiap kelemahan yang diijinkan-Nya dimiliki para anak spesial ini! Jika anda memiliki seorang anak yang berbeda, percayalah bahwa maksud-Nya untuk anda dan anak ini indah adanya.

Buku ini pas untuk orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Atau mungkin anda memiliki teman, saudara, kerabat atau relasi yang memiliki anak spesial? Buku ini bisa dijadikan kado atau rekomendasi bacaan. Jarang bisa menemukan buku yang tidak hanya mengharu biru, tapi juga memotivasi kita untuk bertindak nyata demi anak-anak spesial. Buku ini benar-benar memberikan paradigma baru dalam memandang dan memperlakukan anak-anak spesial. 

Salut untuk penulis yang bisa bangkit dan menjadi pemberi semangat yang nyata bagi keluarga-keluarga yang juga memiliki anak-anak spesial. Ia mau keluar dari zona nyamannya dan menjadi terang lewat berbagi dengan orang lain. 

Semua royalti penjualan buku ini didedikasikan untuk memberi bantuan edukasi dan terapi untuk anak berkebutuhan khusus yang kurang mampu.

A must read when you care for the special kids!

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^