Wednesday, March 1, 2017

Apa yang Alkitab Katakan Tentang Sukacita?

by Viryani Kho

Sukacita adalah salah satu dari sembilan buah roh.
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Galatia 5:22-23

Buah roh ini hanya bisa kita dapatkan bila kita berdiam diri di dalam Dia dan hidup di dalam Dia. Dunia gak bisa kasih, hanya Tuhan yang mampu memberikan buah roh itu. Kita bisa bahagia? Bisa donk. Makan enak, tas baru, mobil sport, dan rumah mewah bisa memberikan kita kebahagiaan kan. Siapa yang gak suka sama hal-hal kaya gitu? Apalagi cewek-cewek, kalo dapet cowo yang mandiri. Mobil pribadi, rumah pribadi juga :P pasti hepi donk, gak perlu mikirin susah-susah ke depannya. Everything seems like a fairy tale.

Tapi bahagia itu bersifat semu. Kalau semua hal tadi hilang atau diambil dari kita, akankah kita tetap bahagia? Berbeda halnya dengan sukacita. Sukacita adalah suatu karunia dari Roh Kudus. Ada jaminan dan keyakinan bahwa apapun yang terjadi, kita tetap bisa senantiasa penuh sukacita.,karena ada penyertaan Tuhan yang nyata dalam hidup kita. Penyertaan Tuhan yang kekal dan abadi, bukan hal dunia yang bersifat semu.

Dalam Galatia pun dikatakan bahwa sukacita adalah buah roh kedua setelah yang pertama dan terutama, yaitu kasih. Ini menandakan bahwa sukacita sangat penting untuk kehidupan kita, apalagi hari-hari ini, ketika akhir zaman makin dekat, dimana banyak tuntutan perkerjaan, ekonomi, dan hal-hal lainnya yang gampang membuat kita terlena dan dengan gampangnya take our joy away.

Sukacita ini begitu penting dalam kehidupan iman Kristen, sampai Firman Tuhan sendiri memberikan perintah khusus bagi kita untuk senantiasa bersukacita.

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! (Filipi 4:4).


Sukacita muncul ketika kita sungguh-sungguh memelihara perintah-perintah Allah. Seperti Yohanes 5:10-11 mengatakan, “Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.Tujuan Yesus dalam semua yang Ia ajarkan adalah sukacita bagi umat-Nya.
Juga dalam Yohanes 15:11, “Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.”

What makes Christian joy special? And why is it so important?
1.     Kerajaan Allah adalah sukacita.
Roma 14:17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

2.     Sukacita adalah buah dari Roh Allah di dalam kita
Galatia 5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera.

3.     Sukacita dari Allah adalah kekal
Yohanes 16:22 Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorang pun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu.

4.     Allah sumber dari sukacita kita
Mazmur 43:4 Maka aku dapat pergi ke mezbah Allah, menghadap Allah, yang adalah sukacitaku dan kegembiraanku.

Mazmur 16:11 Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^