Monday, March 26, 2018

Katanya sudah lahir baru, koq masih jatuh?



by Grace Suryani Halim

 Ini untuk menjawab pertanyaan temen-temen kemaren.
ci,kalo uda lahir baru,tp iman'a terkadang masih jatuh bangun gmn?”klo jatuh bangun masih belum lahir baru-kah?Sudah sangat mengerti kalo kita (saya) ini mahluk yg berdosa. Tapi masih langganan jatuh dalam dosa, baik disengaja maupun tidak disengaja; sadar maupun tidak sadar. Itu gimana ya?
Pertama, thx berat buat pertanyaan-pertanyaannya. Tanpa ada pertanyaan2 begini, gue bakal mikir, ow semua udeh ngerti. DONE. :P But kalo ada pertanyaan jadi sadar, ow iya bagian sini belon dijelasin. Makanye guys, di sekolah di kampus kalo kagak ngarti TANYA ama gurunye!! :p Pengalaman jadi guru paling sebel kalo ada anak kagak ngarti bukannya tanya gue, malah tanya sesama temennya yang sama ngga ngertinya sama die trus jadi tersesat deh mereka berdua. Ckckckck.

Oke balik lagi.  Dulu itu juga pertanyaan gue. Lah kalo gue dah doa nih, dah terima Tuhan Yesus, dah ngga pengen jatuh lagi, tapi eeehhh jatuh lagi dan lagi dan lagi dan lagi... Gimana donks? Gue tetep masuk surga kagak? Kalo suatu kali gue habis berbuat dosa, trus belon sempet bertobat, belon sempet berdoa minta ampun eh tiba-tiba gue mati ditabrak busway, nah loh, gue masuk surga ngga ye?!

Buat jawab pertanyaan ini, izinkan gue kasih pertanyaan dulu. :p

Kalo manusia pertama kali lahir ke dunia, dia terlahir dalam bentuk apa?
Remaja? Orang dewasa? Kakek Nenek? Kagak lah, dia terlahir dalam bentuk... BAYI!!

Nah seperti itu juga orang-orang yang lahir baru. Mereka lahir menjadi bayi rohani! Lahir baru itu bukan akhir dari perjalanan kita mengikut Babe. Lahir baru itu AWAL! So dalam perjalanannya, sama kayak bayi yang belajar tengkurap, belajar jalan, belajar berdiri, belajar makan. Tertatih-tatih bow. Kagak bisa langsung jago.

Jadi menjawab pertanyaan mungkin ngga kalo sudah lahir baru tetep berdosa? SANGAT MUNGKIN.

Kalo gitu apakah artinya itu lahir barunya belon sah? Well, moment kelahiran baru kita tidak ditentukan dari apakah kita masih berdosa atau ngga tapi dari apakah kita sudah mengaku dengan mulut dan percaya dalam hati.

Tuhan Yesus tuh sangat tau kalau setelah lahir baru pun, sekalipun kita bener-bener pengen kagak jatuh, kita bisa tetep jatuh. Tuhan tau banget tentang itu. Ia tahu bahwa kita ini debu.  Malah kadang, Tuhan itu lebih ‘manusiawi’ daripada kita. Tuhan tuh lebih ngerti pergumulan kita daripada kita sendiri. Tuhan lebih ‘realistis’ menghadapi kita daripada kita menghadapi diri kita sendiri.

Gue belajar tentang hati Tuhan di bagian ini ketika gue jadi guru.
Suatu hari, ada seorang murid gue, cowok, nilainya jeleeekkk terus. Langganan remedial. Suatu kali, dia mesti remedial lagi, trus tiba-tiba dia deketin gue en tanya, “Laoshi, laoshi... nilai saya jelek. Saya masih tetep murid Laoshi ngga?”

Gue bengong en ngeliat dia dengan tatapan aneh bin ajaib. Spontan gue bilang, “Ya IYALAH!! Kenapa kamu bisa mikir kalo karena nilai kamu jelek trus kamu bukan murid saya lagi?!”, dia manggut-manggut trus bilang, “Makasih laoshi.” Dan meninggalkan saya bengong di meja guru.

Sehabis itu saya mikir, “Dia emank ulangannya jelek. En karena nilai dia jelek, gue sedihlah. Tapi gue tetep anggep dia murid gue lah. Gile kok die bisa mikir begitu sih! Justru karena dia kagak bisa dia butuh gue buat jadi gurunya” habis ngomong gitu, tiba-tiba gue sadar begitu juga hati Tuhan terhadap kita.

Ketika kita sudah jadi anak-Nya en kita jatuh dalam dosa, Tuhan sedihhhhh bgt. Tapi Dia tetap mengakui kita sebagai anak-Nya. Justru Dia sangat ngerti bahwa kita bener-bener butuh Dia utk jalanin hidup ini.

Malah Alkitab bilang, “Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” 1 Yohanes 8-9.

So yang Tuhan inginkan ketika kita jatuh dalam dosa adalah... MENGAKU dosa kita.

Trus kalo gitu masih tetep bisa jatuh apa bedanya dengan orang yang belon lahir baru?

Bedanya ada beberapa guys:

1. Kita bisa jatuh dalam dosa tapi kita tidak akan tahan TERUS-TERUSAN BERDOSA

Kita bisa salah, kita bisa jatuh lagi, tapi begitu kita lahir baru, Tuhan akan kasih kepekaan di dalam hati kita. Sehingga kita TIDAK BETAH terus-terusan berdosa. Kalo orang belon lahir baru, dia mo dosa, jalaannn terusss.

“Tapi, ada juga kok, temen gue, bukan Kristen malah die sadar banget tuh dia berdosa en kalo dosa cepet-cepet bertobat. Apa bedanya donks?”

Perbedaannya ada di poin yang kedua.


2. Tuhan ngga hanya bikin kita ngga betah utk hidup dalam dosa, Tuhan kasih kita KEMAMPUAN utk SAY NO terhadap dosa


“Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;”
(Yohanes 1:12)

Kalo ada Kristus di dalam hati kita, kita menerima Yesus, Allah akan kasih kuasa supaya kita bisa menjadi anak Allah. Kuasa untuk berkata TIDAK terhadap dosa.

“Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”
(1 Korintus 10:13)

Ketika ada godaan untuk berbuat dosa, godaan untuk jatuh, Tuhan bilang bahwa Tuhan kasih jalan keluar, Tuhan akan kasih kemampuan untuk menanggung dan MENANG dari pencobaan itu.

Buat bacaan lebih lanjut bisa diliat di http://www.glorianet.org/index.php/grace/209-ya-atau-tidak

3. Orang yang sudah Lahir Baru, biasanya punya minat terhadap hal-hal rohani

Kalo dulu ngga minat baca Alkitab, sekarang sekalipun belon ngerti tetep semangat baca. Kalo dulu kuping gerah denger lagu rohani, sekarang suka denger lagu rohani. Kalo dulu ngantuk di gereja, sekarang mulai seneng denger khotbah.

Seleranya berubah Guys. Dari selera terhadap dosa menjadi selera terhadap Allah. Nah ini ngga bisa dipungkiri deh. Tiba-tiba ada kerinduan besar buat berdoa, tiba-tiba pengeeeennnn banget menyembah Tuhan.


Ringkasannya:
  1. Orang yang Lahir Baru masih bisa berdosa tapi tidak lagi betah hidup dalam dosa.
  2. Lahir Baru itu hanya AWAL dari kehidupan Kristen yang sesungguhnya.
  3. Perbedaan antara orang yg belum lahir baru dan yang sudah :
    1. Orang yg sudah Lahir Baru, diberi kuasa menjadi anak Allah (bisa menang dari godaan)
    2. Punya minat terhadap hal2 rohani

***
Btw guys, sampe selesai baca ini, mungkin masih ada di antara temen-temen yang bingung. Ngga papa. :p Sehabis ini gue bakal cerita soal perjalanan gue jatuh bangun mengikut Babe semoga sehabis baca itu, temen-temen bisa sedikit lebih dapet gambaran. 

1 comment:

  1. Thanks a lot ci Grace :) Kadang abis jatuh dalam dosa tuh rasanya maluuu bgt.. Jangankan ke gereja, nutup mata ut doa aja sungkan.. Belum lagi klo ditambah intimidasi iblis..Duhh.. Bisa berminggu2 "hukum" diri sendiri. Lewat tulisan ini py jadi belajar ut lebih menghargai kasih karunia.

    ReplyDelete

Share Your Thoughts! ^^