Wednesday, February 14, 2018

Bangkit dari Kegagalan Cinta



by Grace Suryani Halim


Ini pertanyaan yang ditanyakan oleh beberapa orang:
Gimana sih caranya bangkit dari patah hati/ditolak/habis putus/cinta bertepuk sebelah tangan etc etc?

Well, gue tuh dulu sering banget yang namanya patah hati/gayung tak bersambut/cinta bertepuk sebelah tangan/bagai pungguk merindukan bulan *ciah... malah jadi pantun -.-* . Pokoknya segala macem kegagalan cinta dah. Dari yang diputusin, cowok yang kasih sinyal-sinyal tapi kagak pernah maju, cowok yang udeh maju tapi langsung ngibrit begitu ketemu face to face, cowok yang kasih sinyal-sinyal dan maju ketemu face to face trus telpon-SMS tapi akhirnya kagak pernah nembak. You name it lah, Guys. :p Sampe dulu gue mikir, rasanya lebih gede kemungkinan gue nemu perusahaan/univ/yayasan/organisasi yang mau biayain gue sekolah sampe S3 daripada ketemu cowok yang mau married sama gue. En gue tau banget kayak apa sakitnya ketika sebuah impian kandas... Rasanya gue waktu itu hidup segan mati tak mau, udeh kayak zombie, sampe yang paling paraaahh gue pernah kagak mau masuk surga >.< Muke gile~ Untung Tuhan mendengarkan tapi ngga anggap serius doa orang patah hati yang kehilangan akal budi ini!! 

"But loe kan akhirnya married!! Nah itu gimana tuh cara ngatasinnyaaa??" 

Nah itu alasan gue nulis ini, Guys. Hehe. 

1. Run to God! 
Nah, ini mah yang kudu pertama kali dilakukan. Tiap kali gue broken heart, kecewa, putus asa, sakit hati, marah, kesel, terluka, satu-satunya tempat teraman untuk curhat di dunia yah di kaki Yesus. Dijamin kagak bakal bocor, en Tuhan selalu sabar mendengarkan keluhan gue yang itu-itu lagi dan itu-itu lagi...

"Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidakakan Kau pandang hina, ya Allah."
(Mazmur 51:19)

Pas gue habis putus, dua bulan pertama, tiap hari jam 4 pagi gue udeh terbangun en kerjaan gue duduk trus nangis. Saat teduh tuh isinya nangis muluu... "Tuhan, hatiku sakit...", "Tuhan ini air mata, kok, ngalir sendiri ya?", "Tuhan, kangen... tapi bukan sama Kamu... maap loh Tuhan", "Tuhan, nanti kalo hari ini ketemu gimana?", "Tuhan mataku udeh bengkak tapi, kok, ini tetep nangis." Gitu muluu. Baca Alkitab tuh sambil berlinangan air mata. Baca apa kagak tau hahaha. Waktu itu yang gue inget cuman ayat ini, 

aku bodoh dan tidak mengerti, aku seperti binatang di hadapan-Mu. Namun aku tetap di dekat-Mu, Engkau memegang tangan kananku.
(Mazmur 73 : 22-23)

Gue bener-bener ngerasa ngga ngerti. Gue ngga tau gimana caranya untuk pulih, gue ngga tau gimana caranya buat bangkit lagi, gue bahkan ngga tau gimana caranya untuk bikin gue berhenti nangis. Tapi gue mau belajar kayak Pemazmur yang sekalipun kagak ngerti, sekalipun bodoh… tapi yang penting tetap di dekat Tuhan. Baru setelah beberapa waktu, pelan-pelan Tuhan mulai ngomong lewat saat teduh, lewat bacaan Alkitab. 

So guys, kalo baru ngalamin patah hati dkk, cepet-cepetlah datang kepada Tuhan. Tell Him everything that you feel. Jangan jaim. Jangan muna. Kalo sakit, bilang sakit... Kalo marah, bilang marah. Kita ngga bilang pun Tuhan tau, tapi Tuhan mau kita jujur sama Dia bukan buat Dia tapi buat kita sendiri! Kadang kita tuh kagak sadar sebenernya apa yang kita rasakan, en dengan terbuka seterbuka-terbukanya sama Tuhan, He'll show us the real condition of our heart. :)) En hubungan kita sama Tuhan juga jadi bisa dekeetttt :D 

2. Be Patient with urself!!
Ketika bergumul untuk bangkit, ada saatnya kita merasa kuat, utuh, berhenti menangis, en kita merasa, "Gue dah pulih!!" But, ada juga saatnya kita tiba-tiba ngerasa down lagi, mellow lagi. Ada saat di mana pagi hari sehabis SaTe kita merasa kuat di dalam Tuhan, eh pas lunch time tiba-tiba denger lagu kenangan trus mewek lagi... :p Atau setelah dua bulan, kita ikut banyak kegiatan en merasa sudah pulih, sudah move on, eh tiba-tiba kenangan lama menghujam en kita terpuruk lagi. 

En ketika saat-saat itu terjadi, siap-siaplah mendengar tipuan jelek dari si setan bau, "Waduh... elu mah kagak bakal pulih!! Baru denger lagu aja udeh mewek lagi. Udehlah... loe bakal selamanya ngga bisa lupain dia!" atau,

"Yaaahhh, baru tadi pagi pas denger khotbah merasa dipulihkan, sekarang lemes kayak gini. emank loe payah sih! anak Tuhan kok loyo. Tuhan mah malu punya anak kayak elu!",

atau "Eh elu liat tuh si Tini, baru sebulan putus udeh dapet pacar baru. Lah eluuu... udeh 3 bulan masih aja nangisin mantan loe itu. Ckckck... kagak bakal ada cowok yang mau sama loe...",

atau bahkan pake kata-kata rohani, "Kemaren si Ratna sekali didoain ama pendeta, langsung pulih! Lah elu, udeh doa sampe nungging-nungging Tuhan tetep kagak pulihin. Udeh sampe doa puasa, tetep aje loe kalo ngeliat dia nangis kagak jelas. Tuhan tuh kagak mau pulihin elu. Kalo emank Tuhan mau yee, udeh dari kapan-kapan deh Dia pulihin elu!! Buktinya sampe sekarang loe masih sakit kan?!?! Loe ngga bakal bisa move on deh."

Ennn masih ada segudang kalimat yang udeh sering banget gue denger dari si setan jelek itu! Pas awal-awal gue masih bego, gue pikir itu suara gue sendiri. So gue percayalah... But lama-lama Tuhan ajarin gue. Itu tuh kebohongan setan! Tuhan MAU pulihin gue, Tuhan BISA pulihin gue en Tuhan SEDANG pulihin gue. Cuman emank itu butuh waktu...

Guys, bayangin dah, elu abis dioperasi. Begitu loe selesai dioperasi emank langsung seger? KAGAK laahh. Pasti lemes banget, pusink, badan ngga enak. Beberapa hari setelah operasi pun bisa masih ada keluhan. Proses recovery tuh, biasanya 1-3 bulan; tergantung operasinya. Nah, selama proses itu, pasti ada saat loe ngerasa enak ada saat loe ngerasa ngga enak. Tapi ketika loe ngerasa ngga enak apakah itu artinya operasi itu gagal?? Ngga kan... itu namanya loe dalam proses pemulihan! 

Demikian juga dengan hati kita. Cuman camkan satu hal baek-baek, Guys, TIME CAN'T HEAL YOU!
Waktu tidak menyembuhkan. So, jangan coba-coba membodohi diri dengan bilang, "Ah, cuekin aja. Ntar sembuh sendiri!", KAGAK BAKAL SEMBUH! Kalo kita berlagak bego, berlagak ngga sakit, emang untuk beberapa saat kita bisa lupa en keliatannya itu ngga sakit lagi. Tapi LUKA itu tetep ada. En once ada sesuatu yang mengingatkan kalian akan luka itu, WUZZZZ... rasa sakit itu akan kembali. Bahkan mungkin berlipat kali...

Kabar baiknya, JESUS CAN and WANTS to heal you!! :D Tapiii... ada kalanya Tuhan juga perlu waktu dalam menyembuhkan :)) Trus apa bedanyaa?? Well, yang gue rasakan sih, Tuhan menyembuhkan gue itu ngga instan. Abis gue putus, gue perlu 2,5 TAHUN untuk bener-bener pulih. Ehh, tenang aja, guys. Ngga semua orang prosesnya selama gue kok. Gue waktu itu rada bebal en Tuhan emang siapin gue untuk pelayanan khusus: menghibur temen-temen yang sakit hati. Hahaha. Tapi asli loh, karena proses gue yang lamaaaa banget en terkesan lambaaaatttt banget, gue tuh, bisa sabar sama temen-temen gue yang bahkan udeh ngga sabar sama diri mereka sendiri hehehe. En bedanya itu Tuhan yang menyembuhkan—bukannya waktu—adalah... setelah proses itu selesai, kalo ada hal-hal yang berhubungan dengan mantan, gue ngga lagi merasa sakit or ada rasa nyeri di hati gue. I still can remember, but there's no pain :) No pain at all :)) 

So guys, SABARLAH ketika kalian dalam proses pemulihan. Kalo setelah bangkit eh mellow lagi, datang sama Tuhan. Inget ayat ini:

"Sebab tujuh kali orang benar jatuh namun ia bangkit kembali. "
(Amsal 24 : 16)

Orang benar, anak Tuhan bisa jatuh! Tapi yang membedakan, mau jatuh sampe tujuh kalipun, ia akan bangkit kembali! :D 

Kenapa? karena ada janji Tuhan di Mazmur:

"apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya."
(Mazmur 37 : 24)

So, ketika kalian lagi mellow-mellow en merasa jatuh lagi, lawan aja itu setan dengan dua ayat di atas! Katakan kencang-kencang, "Tujuh kali orang benar jatuh namun bangkit kembali!! Kalopun aku jatuh lagi, mellow lagi, nangis lagi, aku tidak akan sampai tergeletak sebab Tuhan menopang tanganku! Setan jelek jangan macem-macem! Aku ngga percaya dengan kebohonganmu. Aku pasti pulih dan akan bangkit kembali!" 

3. TEGAS!!
Nah selama masa recovery, kalian harus tegas. Tegas sama diri kalian sendiri. Tegas sama perasan kalian. Banyak cewek terlalu didominasi perasaan. Gals, kita wanita itu memang lebih perasa, kita memang lebih banyak bergerak dengan feeling; tapi itu sama sekali BUKAN ALASAN untuk membiarkan diri kita dikuasai oleh perasaan. Diri kita harus dikuasai oleh Roh kudus. Gimana caranya? Yaitu dengan membawa setiap pikiran dan perasaan dan menundukkannya di bawah kaki Yesus. Caranyaa?? Yah dengan berdoa dan bilang, "Tuhan aku merasa blablablabla... tolong aku mengatasi perasaan ini!" 

En salah satu cara tegas yang laen yaitu dengan berani memutuskan dan menghindari kontak-kontak yang ngga perlu. Waktu gue putus, gue punya cara pikir yang salah, "Karena gue anak Tuhan, gue harus tunjukkin bahwa gue tetep bisa berteman sesudah putus." En dengan hati yang masih porak poranda, emosi yang labil, gue berjuang keras untuk menunjukkin anak Tuhan itu 'beda'. Yang ada malah gue lebih babak belur >.< Sampe seorang sahabat gue di dalam Tuhan bilang, "Grace, waktu kamu putus, kamu butuh untuk sendiri. Kamu butuh waktu dari kata 'kita' kembali menjadi 'gue'. Karena itu, kamu butuh waktu untuk sendiri dan menata hatimu." 

WAAHH... itu kayak revelation yang dibukakan buat gue hahaha. Abis itu, gue mengumpulkan keberanian untuk ngumpulin semua barang 'kita' dan gue buang. Lalu gue minta tolong sahabat gue untuk masuk ke e-mail gue en HAPUS semua e-mail dari si doi. En yah, gue stop berdoa buat doi :p Sekalipun godaan untuk menjadi wanita-baik-rohani-berbudi-pekerti-luhur-yang-selalu-mendoakan- kebahagiaannya-dan-supaya-Tuhan-memberikan-jodoh-yang- terbaik-untuknya itu gede bangeett (!!), but gue mikir, I can't move on kalo gue tetep berdoa buat dia. So gue doain dia untuk terakhir kalinya en minta Tuhan jaga dia en gue bilang sama Tuhan, "Be... this is my last prayer for him ya. Please take care of him. Amen." 

4. Isi waktu dengan banyak kegiatan bermanfaat
ini saran paling klise jadi gue taroh paling bontot. Hahaha... Tapi saran ini berguna, kok :P So, daripada meratapi si doi di kamar mulu, mending keluaaarrr... shopping sama mami, baking sama si mbak, maen-maen sama si doggie, ikut pelayanan baru di gereja, baca buku-buku rohani, rajin komsel, beli CD-CD khotbah, etc.

Yah, begitulah, Guys :D Selamat bangkit dari kegagalan cinta bersama dengan Babe.

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^