Thursday, February 23, 2017

Batasan Fisik dalam Berpacaran


by Grace Suryani Halim

Pertama kali gue sama Tepen LDR (Sg-Jkt), salah satu hal pertama yang kita lakukan adalah ngerjain bareng love language test. Dan hasilnya sangat membuat gue SYOC, sodara-sodaraaaa!!! KENAPA?!?! 

Karena ternyataaaaaaa ... primary love language Tepen adalaaahh .... *deng deng deeeenggg...* physical touch!! >.< OH NOOOO... Gue langsung panik kebakaran jenggot. GILA ini gimana bisa pacaran jaga kekudusaaan...? Mateng, kon, mateeennggggg ... 

En emank gue sensi banget soal kekudusan ini, karena dengan mantan gue, gue tuh nyarrisss jatuh ke dalam dosa-dosa yang tak diharapkan tetapi diinginkan >.< (jujur lah gue mah muna abis kalo gue bilang gue kagak pengen). Makanya gue jadi sangaaaattt hati-hati. 

Apalagi pas tes, primary love language gue itu adalaahh...(ada yang bisa tebak?? Gampang kok, liat aja dari tulisan gue yang berlembar-lembar hahaha)... primary love language gue adalah words of affirmation ama quality time service. Sedangkan yang paling minim adalah... physical touch. Apalagi ama cowo, aduh jauh-jauh deh loe!! Kalo duduk jaraknya mesti 2 TEGEL!! By the way, ukuran tegelnya kudu yang minimal 30 cm loh, yah. Hehehe.

Trus jadilah gue pusink 7 keliling en gue tanya ama Babe, "Be... be, ini kalo begini, begimane yeee?! Gue mo jaga kekudusan tapi tapiii... kalo primary love language-nya tepen physical touch gimana caranya to show that I love him without compromising our purity!?"

Akhirnya kita duduk and set some rules.
Rules pertama adalah NO KISSING LIPS until marriage.
Rules no 2 : No hugging. 
Rules no 3 : Grace yang putusin kapan boleh gandengan tangan, dll. 
Yang laennya lupa. Hahaha. Tapi kita berdua sama-sama berkomitmen untuk jaga kekudusan sampe menikah. En ketika ada  sesuatu yang membuat kita ngga nyaman kita langsung kudu bilang. Buat rules no 3 itu gue ambil dari didikan nyokap. Cewe itu penjaga gawang, jadi kudu garang. Kalo ngga boleh yah ngga boleh. :p 

Nah, tapi dalam hati gue itu tetep bergumul. I know that primary love language itu sangat penting buat seseorang untuk dia merasa dikasihi. En gue pengen Tepen juga merasa dikasihi dalam bahasa yang dia mengerti. So, gue bener-bener berdoa dan tanya Tuhan minta Tuhan kasih gue hikmat untuk bisa 'bicara' dalam bahasa yang paling Tepen mengerti dalam tetap menjaga kekudusan. Lalu gue baca buku itu sekali lagi, en Tuhan kasih gue jawabannya.

Selama ini gue selalu mikir, physical touch = sentuhan fisik = sensual. Padahal buat orang-orang yang bahasa kasihnya physical touch mereka ngga selalu berpikir ke arah sensual. En gue menemukan ternyata ada sentuhan-sentuhan fisik tertentu yang tidak berbau sensual tapi itu berarti buat mereka yang bahasa kasihnya sentuhan fisik: tepukan di bahu, tepukan di punggung, dan tepukan di lengan.  Ingat loh TEPUKAN bukan belaian : p

So, setiap Tepen pulang en kita hang out bareng, kalo gue pengen nunjukkin gue sayang en gue peduli sama dia, kalo dia lagi cape gue kasih tepukan di bahu sambil bilang "Cape yaaa?"  Laen waktu gue tepuk-tepuk di punggung. En he loved it
Kalo SMS, gue suka bilang, *hugzzz* *pok pok pok* (kalo  virtual hugs boleh hahaha). 

Selaen itu, gue juga selalu cross check ama dia. "Kalo begini, kamu turn on ngga?" Kalo dia bilang, "Iya", gue stop. Kalo ngga, yah ngga papa. 

Jadi gals, buat kalian yang punya pasangan yang primary love language-nya physical touch ...  Ask God for wisdom and BE CREATIVE!!! Ada banyak sentuhan fisik ringan yang bisa diberikan tanpa mengarah ke hal-hal sensual. Jangan keburu panik  or langsung cap pasangan kalian maniak, etc. No, no, no... Physical touch is just one of the love language, and guesswho created that love languages?! GOD. Dan Tuhan Yesus selama di dunia juga menggunakan bahasa kasih itu... Dia menyentuh orang kusta. Memeluk anak-anak. Menyentuh mata orang buta. Membungkuk. 

Physical touch itu bukan love language yang lebih 'kotor', lebih 'rendah', daripada love languages yang laen.

Tapi memang perlu banget keterbukaan di antara pasangan. Sebagai cewek, dulu gue blak-blakan bilang sama Tepen, "Gue ngga tau apa yang bikin loe turn on, karena itu gue sangat menghargai kalo loe mau kasih tau gue. So gue bisa jaga loe en loe bisa jaga gue." 

En beberapa kali kejadian, ketika kita naek motor bareng, gue duduk terlalu deket, terlalu dempet. Lalu pas nyampe Tepen bilang, "Erh nanti duduknya jangan deket-deket ya." Lalu pernah juga, Tepen belai-belai rambut gue en itu bikin gue ngerasa ngga nyaman trus gue bilang en alhasil sampe MARRIED, Tepen jarraaaangggg bgt belai-belai rambut gue lagi. Hahaha. Keterusan :p Lupa kalo udeh merid. 

Kalo yang gue pelajari selama ini, sentuhan-sentuhan yang tidak mengarah ke hal-hal sensual itu biasanya sentuhan yang ringan, pada tempat-tempat yang tidak bersentuhan langsung dengan kulit (bahu, punggung à ketutupan baju hahaha), or daerah pergelangan tangan yang ada tulangnya. Kalo yang bahaya itu yang model, usap-usap, belai membelai, nah itu tuh hindari yaahhh. :p 

 So jadi apa batasan fisik dalam pacaran? 

Kalo ada orang tanya jadi apa batasannya, gue suka kembali ke tulisan gue yang gue tulis bertahun-tahun yang lalu ini :p

*** 
Ini sepertinya pertanyaan wajib dalam session LSD (Love, Sex, Dating). Gue dah ikut sesi LSD dari sejak kelas 2 SMP. Itung-itung dah lebih dari 5-6 kali gue ikutan sesi LSD. En pastiii deeeh ada pertanyaan ini!! Mulai dari gue di Jakarta, Surabaya, balik Jakarta lagi, sampe di China pun, ini pertanyaan wajib keluar. 

Ada banyak jawaban yang diberikan. Tapi sejujurnya ngga ada satu jawaban pun yang memuaskan gue en memuaskan para penanya :p Kenapa? Karena buktinya tiap tahun pertanyaan itu keluar lagi dan lagi dan lagi!! 

Menurut gue, pertanyaan itu salah. Karena pertanyaannya salah ngga heran kalo jawabannya tidak menyelesaikan masalah. 

Kenapa menurut gue pertanyaan itu salah!? 

Tata bahasa dari pertanyaan itu bener sih (wekekeke. Dasar guru bahasa :p), tapi MOTIVASI di balik pertanyaan itu yang salah. Kenapa gue ampe berani bilang itu salah?

Jawab dengan jujur guys, kenapa pertanyaan itu selalu muncul di benak kita? Karena kita... pengen bermain-main sedekat mungkin dengan jurang dosa. Kita pengen bermain-main dengan dosa tapi kita MENOLAK untuk dikatakan berdosa (padahal emank kita dosa).

Contohnya: Kalo ada pembicara yang bilang, "Oh batasan dalam pacaran ngga boleh sampe intercourse atau berhubungan seks!!" 

Kita bilang, "Oke. Kita ngga sampe intercourse. Cuman petting aja. Ngga sampe masuk kok. Ngga dosa kan!? " 

Lalu batasannya diperketat, "Petting juga ngga boleh. Ngga boleh sampe buka baju!!" 

Kita bilan lagi, "Oke, kita ngga buka baju. Tangan aja yang masuk. Baju ngga kebuka. Ngga dosa donks!" 

*nah loh ... mau bilang apa guys?!?! :p* 

Kalo dibilang, "Ngga boleh cium bibir." 

Kita bilang, "Oke, ngga cium bibir. Cuman cium tangan, cium leher, cium kuping, cium mata, dan cium-cium yang laen. Yang penting ngga cium bibir kan!? Gue ngga cium bibir. Ngga dosa donks! Bearti boleh, tuhh...."

Guys, kata temen gue, maling itu biasanya lebih pinter daripada polisi. Kita anak muda, punya segudang alasan buat ‘mengakali’ peraturan-peraturan yang ada. Akui aja, kita tuh paling pinter buat cari-cari celah untuk tetap melakukan dosa, tapi ngga keliatan dosa. Dulu tuh ye, gue paling pinter cari alasan buat hal-hal begini. 

Waktu gue pacaran ama mantan gue, gue tetapin peraturan. Kalo duduk jaraknya mesti dua tegel. Nah loh. Tapi tetep aje, gue bisa berdosa dalam batasan-batasan gue. Gue sih ngga ngelanggar, tapi akal kadal gue nemuin celah-celah dari batasan itu en gue pakelah celah-celah itu buat memuaskan hawa nafsu gue.

So guys, menurut gue, pertanyaan itu salah karena sebagian besar motivasi dari penanya (baca : kita) adalah mencari kesempatan untuk berbuat dosa. Kalo kita ngomongin batasan, dibikin batasan seketat apapunnnn kita tetep bisa mencuri-curi kesempatan kok. Kayak gue dulu. >.<

“Biarlah berakhir kejahatan orang fasik, tetapi teguhkanlah orang yang benar, Engkau yang menguji hati dan batin orang, ya Allah yang adil” (Mazmur 7 : 9

Guys, Tuhan tuh ngga liat peraturan kita. Yang Tuhan liat itu hati kita… Tuhan menguji hati, bukan menguji peraturan.
“Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati.” (Amsal 21 : 2

Kita mungkin mengira banyaknya peraturan kita, ketatnya batasan kita itu yang membuat kita kudus di hadapan Tuhan. Nope. Yang membuat kita kudus di hadapan-Nya itu cuman darah anak-Nya yang kudus dan menyucikan kita. Yang bisa menjaga kita tetap kudus itu cuman Allah Bapa, Allah Putra dan Allah Roh Kudus. Karena itu semestinya pertanyaan kita bukan, “Apa batasannya?”, tapi, “Kalo gue begini apakah Babe senang?”, “Kalo gue lakukan ini / kalo gue membiarkan pacar gue melakukan ini, apakah Yesus yang sudah mati buat kita tersenyum?” Orientasi kita bukan lagi peraturan, batasan, boleh tidak boleh, tapi apakah ini menyenangkan hati Tuhan? 

Mungkin yang lebih konkrit, sebelon kita melakukan sesuatu dengan pacar kita, coba bayangkan dulu. Kalo di ruangan itu ada ortu kalian dan ada camer alias calon mertua kalian, berani ngga kalian lakukan itu?!?! Kalo tidak, berarti jangan dilakukan!! :p 

*** 
Dari hubungan gue ama Tepen yang gue pelajari adalah satu hal yang lebih penting dari sekedar set a rule. Yaitu, hati yang SERIUS mau jaga kekudusan sehingga begitu ada sesuatu hal kecil aja yang membuat kita ngerasa kita bermain-main dengan kekudusan kita langsung bilang en ngga mikir, "Ah ini ngga termasuk dalam aturan kok." Set a rule, itu awal yang sangat baik, tapi di dalam perjalanannya, kita harus kudu tetap denger-dengeran ama suara Babe en peka dengan kondisi dan keadaan kita sendiri! Begitu ada hal kecil yang ngga beres langsung speak it up. en motivasi kita bukan MENJAGA supaya tidak melanggar peraturan tapi MENJAGA supaya hubungan kita MENYENANGKAN HATI TUHAN.

En kita berdua tidak menyesal sedikitpun menjaga kekudusan sampe kita married. :) Salah satu yang bikin we have a great sex adalah karena kita berdua tidak bergumul dengan 'guilty feeling' akibat melakukan sesuatu yang tidak seharusnya kita lakukan. :D

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^