Friday, February 24, 2017

Batasan Emosi dalam Pacaran


by Grace Suryani Halim


Oke, kalo bicara soal batasan fisik dalam pacaran dah banyak orang yang nulis. Banyak pendetat ato hamba Tuhan juga yang concern dengan masalah batasan fisik. Tapi sebenernya dalam berpacaran ngga hanya batasan fisik yang penting tapi juga batasan emosi—terutama buat para wanita. 

WHAT? 
Apa, sih batasan emosi dalam pacaran? Batasan emosi itu sama dengan batasan fisik, yaitu rambu-rambu tertentu yang kita pegang selama kita pacaran dengan tujuan untuk melindungi hati kita dari kemungkinan jatuh cinta terlalu cepat or terikat secara emosi terlalu cepat dan terlalu DALAM dengan pasangan yang BELUM JADI suami/istri. 

Dulu gue sadar tentang batasan emosi ketika baca buku-bukunya Joshua Harris sama Eric- Leslie Ludy. Lalu satu ayat yang sering gue pake untuk mengingatkan diri gue tentang batasan emosi adalah, 

Kusumpahi kamu, puteri-puteri Yerusalem, demi kijang-kijang atau demi rusa-rusa betina di padang: jangan kamu membangkitkan dan menggerakkan cinta sebelum diingininya (Kid 2:7, Kid 3 : 5) 

dan

Dinda, pengantinku, kebun tertutup engkau, kebun tertutup dan mata air termeterai. (Kid 4:12) 

Penting banget buat cewek untuk berhati-hati ketika pacaran untuk tidak langsung memberikan seluruh hatinya kepada pacarnya. Karena dulu gue acap kali gagal, lalu gue doa dan bilang ama Tuhan supaya Tuhan tolong gue bisa jadi "Kebun tertutup dan mata air termeterai" buat my future husband. En biar hanya dia yang bisa 'unlocked'  the secret garden yaitu hati dan jiwa gue. 


WHY? 
Kenapa sih batasan emosi dalam pacaran itu penting?? Well, karena para wanita itu cenderung kalo udeh sayang sama seseorang dengan senang hati dan sukarela kasih semuanyaaaa baik hati pikiran waktu jiwa ragaaaa buat cowok tersebut. Masalahnyaaa ... selama 'baru' pacaran, sangat mungkin bisa putus. Makanya kenapa ketika pacaran trus putus, biasanya pihak wanita yang lebih sakit, lebih susah lupa, lebih sengsara... karena kita itu mahkluk yang berkaitan dengan emosi. En ketika kita udeh invest emosi kita terlalu banyak, dan terlalu daleeemm ketika semua impian itu runtuh rasanya... “KRAAAKKK...” ada suara yang patah di jiwa kita... Dan Tuhan ngga pernah merencanakan kita untuk mengalami rasa sakit-sakit ngga penting itu ... KARENA ITU, KEDUA AYAT TADI DICATAT di Alkitab. Untuk mengingatkan kita, akan pentingnya tidak membangkitkan cinta sebelum waktunya! 

WHEN? 
Kapan mulai set rule itu? Kalo Tepen ama gue, kita mulai pas kita pertama jadian. Jadi hal pertama yang kita lakukan setelah kita jadiaan adalaaahhh ... membuat rule of the game. :p 

"Waduh cik, pas kita jadian dulu kita ngga pernah begitu tuhhh ... gimana donks?!?!" 
Don't worry... :) Bisa dibicarakan baek-baek dengan pasangan. Tapi sebelum bilang sama pasangan, kita kudu BERDOA dulu. Soalnya mengubah suatu hal yang sudah biasa dilakukan itu ngga mudah en butuh komitmen dari kedua belah pihak. Apalagi untuk sesuatu yang seperti bikin batasan fisik, batasan emosi itu biasanya kita ada kerinduan begitu karena kita sadar "Wah, ternyata selama ini, gue ngga bener..." En itu bahasa kerennya namanya 'pertobatan'. :p Sadar kalo kita salah en kita mo berbalik dengan cara yang benar. Tapiiii buat pasangan kita, yang mungkin belon ngalamin titik 'WADUH' (alias... waduhh ternyata gue salah), sangat mungkin dia ngga melihat pentingnya hal ini en sangat mungkin dia cuman akan iya-iya aja (biar kita DIEM :p) tapi ngga bener2 masuk ke dalam hatinya dia.

Karena itu, pentiiiinggggg sekali untuk berdoa dulu. Tanya sama Tuhan, "Tuhan gimana caranya ngomong sama pasanganku...? Aku punya kerinduan ini...", "Tuhan kapan ya enaknya aku ngomong?", "Tuhan, tolong Kau juga kasih kerinduan yang sama di dalam hati pasanganku." "Tuhan, enaknya aku bilangnya gimana yaaa?? Kata-kata apa yang pas??" *sekalian gals, kalian latihan menjadi ISTRI yang berdoa :p karena  nanti sampe jadi istri punnnn, kudu berdoa kalo mo bicarakan hal-hal penting sama suami :p* 

Kalo ternyata tanggapannya dia dingin-dingin saja, padahal kita sudah berdoa. Teruslah berdoa. :)) Bisa juga kasih usulan ke dia untuk baca buku-buku Boy Meets Girl karya Joshua Harris untuk melihat dari sisi cowok. Tapiii... JANGAN PAKSA pacar kalian baca yaa.. Jangan. Pemaksaan itu biasanya tidak akan berdampak. Hahaha. Justru ini kesempatan buat kalian untuk mengalami kuasa Tuhan dan benar-benar menjadikan Tuhan sebagai Tuhan atas hubungan kalian. Yaitu dengan berdoa dan berdoa dan tidak berusaha dengan kekuatan sendiri (baca : rengekan, tangisan, ancaman). 

HOW? 
Nah, ini yang paling pentingggg. Kayak apa sih batasan emosi ituuu!? Gimana caranya mo nerapinnn?? Kalo batasan fisik kan biasanya jelas, no kissing lips, no hugging, no cium2. Tapi kalo emossiii?!?! Emank bisa diukur gitu lohh?!?! 

Sebenarnya tiap pasangan itu bisa berbeda-beda. Tapi yang paling penting adalah menangkap motivasi penting dari munculnya batasan emosi ini... Apa sih emank motivasinya? 

Waktu pertama gue bikin batasan, sejujur-jujurnya motivasi gue cuman gue ngga pengen terlalu sakit kalopun kita putus. Soalnya, sekalipun kita masuk ke dalam suatu hubungan dengan pemikiran menjajagi untuk pernikahan, tapi buat gue itu bukan berarti gue PASTI MENIKAH sama pacar gue. Belon tentu... Anything can happens. Kalo ternyata pas pacaran ketauan gue ngga bisa dukung visi dia, or kita punya perbedaan-perbedaan besar yang tidak bisa diselesaikan, atau kita ngga bisa saling mendukung, kenapa harus dilanjutkan? Kan, itu fungsinya pacaran: Kita masuk ke dalam hubungan dengan posisi berdoa dan berjalan mencari kehendak Tuhan. Tuhan senangkah kalo kita bersama-sama? Kalo ternyata ngga, ya sudah... 

Padahal sebenernya, seharusnya motivasi kita membuat batasan emosi lebih dalam lagi dari sekedar 'ngga pengen terlalu sakit', tapi itu dalam rangka mentaati firman Tuhan. Rasul Paulus pernah menasehati Timotius supaya ia memperlakukan perempuan-perempuan muda sebagai adiknya dengan penuh kemurnian (1 Tim 5 : 2). Versi laen mengatakan, “Treat the younger women as sisters, and no more. (Philips)”. Artinya, para pria dipanggil untuk memperlakukan wanita-wanita yang lebih muda sebagai saudara perempuan dan juga menjaga kesucian mereka. Kita sebagai para wanita juga dipanggil untuk menjaga kesucian para saudara laki-laki kita.  Untuk kitalah kita membuat beberapa batasan untuk membantu kita tau: apakah kita udah melanggar batas atau belon. 

Jadi waktu awal jadian gue kira-kira2 bilang begini ama Tepen, "Kita emank menjajagi kemungkinan married. Tapi kita belum tau akhirnya kita married atau ngga. En ada hal-hal tertentu yang gue cuman mau lakukan sama suami gue. En loe sekarang bukan suami gue. So maap kalo ada hal-hal tertentu yang gue ngga bisa lakukan. But benernya loe nothing to lose lagi . Kalo nanti akhirnya kita jadi married, you'll get it. Tapi bukan sekarangg.

Mau tau beberapa batasan emosi yang gue buat? :p
1. Grace tidak akan bilang "I love you" face to face sampe married. 
Beberapa dari antara kalian mungkin mikir, ih aneeehhh... :p Well makanya gue bilang batasan emosi ini tiap couple bisa beda-beda. Kenapa gue bikin batasan ini? Buat gue yang bahasa kasihnya itu words of affirmation, kata "I love you" ITU DALEEEMMMM BGT. En gue ngga mau mengulangi kesalahan gue dengan sembarangan bilang I love you. en gue rasa kalo gue bilang face to face itu gue bisa jadi sangat emosional, en sulit mengontrol diri. Karena itu gue bilang, “I won't say that until we get married.” 

Jadi loe ngga pernah bilang I love you selama pacaraann?!?! 
Pernah ... tapi gue bilangnya pake sms, pake tulisan. :p soalnya Gue tau itu efeknya ngga sedahsyat kalo gue natap Tepen en dengan segala perasaan sayang berkecamuk di hati en gue bilang, "I love you". Errhhh... Don't think I can control myself :p 

2. Menunda segala macam panggilan sayang sampe beberapa bulan setelah pacaran
Tiga bulan pertama pacaran, gue masih ngomong pake gue elu. Sampe diomelin ama nyokap gue. Hahaha. Abis katanya gue pacaran ngga ada romantis-romantisnya :p Gue sengaja sih ... gue ngga mau abis pacaran seminggu langsung ber-hunny bunyy riaaa apalagi panggil "Papi Mami". HIII jijay deeehh,  lalu nemplok sana sini. "No no no..." Gue kudu yakin dulu, ini cowo bener-bener bisadipercaya en kita kayaknya lebih besar kemungkinan untuk jadi daripada ngga, baru gue mau mulai bermanja-manja ria. :p 

3. Menghindari segala macam diskusi tentang 'KITA' di masa depan  
Cewek itu rata-rata lemah di kata-kata dan... IMAJINASI... cowo baru telpon satu kali, dua jam kemudian kita udeh mikir, "Wah jangaann-jangaaann...". Dia ajak kita maen ke rumahnya, kita mulai mikir, "Kira-kira di resto mana nanti kita mo ditembak sama doski?". Ketika dia nembak, kita udeh ngebayangin nanti mo pake warna apa buat theme colour wedding!! Sabar girl... sabarrrr :p 

Karena itu kontrol dan jaga baek-baek hati dan pikiran kita untuk tidak kelewat cepat berimajinasi tentangg nanti mau tinggal di mana? Mau beli sofa warna apa?! etc etc

"Tapi Graceeee ... kalo kagak diskusi tentang masa depan, gimana kita bisa tau kita bisa ngga kira-kira jalanin masa depan kita dengan orang ini!! Penting loh diskusi ttg masa depan!!" 

Oiya jelas itu penting :) Coba deh, perhatikan 2 kalimat di bawah ini: 

"Kalau nanti KITA punya ANAK, kamu pengen aku di rumah jaga si kecil atau aku tetep kerja?" 

dengan 

"Kalo kamu punya anak, kamu lebih pengen ISTRImu tetep kerja atau di rumah?" 

Contoh lain:

"Nanti sehabis married KITA bakal tinggal sendiri atau mau tinggal bareng ortu?" 

dengan 

"Kalo sudah menikah, kamu lebih prefer tinggal berdua dengan istrimu atau tinggal bareng ortu?" 

Another example

"Nanti waktu KITA married, kita bakal bayarin semuanya sendiri atau kamu ngga keberatan dibantu sama ortu?" 

dengan

"Kalo nanti kamu merencanakan menikah, kamu lebih pengen semua bayar sendiri berdua sama pasanganmu atau ngga keberatan dibantu sama ortu?" 

Ngeliat bedanya ngga, guys? :p Kalimat pertama itu selalu pake kata KITA, en biasanya buat wanita “KITA” itu menimbulkan banyak ekspektasi hehehe. Karena KITA itu artinya akan ada “AKU” atau bahkan “PASTI ada aku di masa depanmu”!!  Dan banyak impian. Sedangkan kalimat kedua, sekalipun membicarakan hal yang sama, kalimat itu tidak menekankan pada “KITA”; tapi pada pendapat pribadi pasangan kita. (en yang kita inginkan itu, kan? Pendapatnya dia untuk tau kira-kira kita bisa cocok ngga dengan orang itu. :p) 

So, sangat MUNGKIN berdiskusi tentang masa depan, tanpa menimbulkan terlalu banyak pengharapan di pihak si wanita. 

4. Don't tell him everything in the first few months

Gals, gue tidak mengajarkan kalian untuk BERBOHONG atau menutup-nutupi. Untuk hal-hal tertentu yang kalian rasa mungkin bisa mempengaruhi keputusan untuk jadian sama kalian atau tidak, kalian perlu bilang itu di AWAL hubungan. (You need to pray and ask God's wisdom for this)  Tapi untuk impian-impian, pengharapan, cerita waktu zaman kalian masih kecil, cita-cita, ngga perlu semuanya diceritakan langsungggg di awal pacaran.

Give him byte per byte not the whole plate at once :p So he'll be curious and longs to know you more and moreee :) 

Beberapa hal yang cukup krusial tentang diri gue (kondisi fisik suka sakit-sakitan, mata minus tinggi, ada asma sehingga kalo mau ama gue kemungkinan loe kudu bayarin gue operasi caesar), Tepen dah tau dari awal. Tapi siapa gebetan pertama gue,kenapa gue bisa suka ama dia, en gimana mantan gue putusin gue, apa cita-cita gue, kalo punya anak gue pengen kasih nama siapa, rahasia-rahasia manis waktu gue kecil, itu gue kasih sedikit demi sedikit. :p Kadang kalo gue ngerasa udeh too much,  en Tepen tanya gue biasanya jawab, "Hem, I'll tell you one day. Not now." Hahaha ... 

5. Don't tell him everything that you feel
Well, pas kita pacaran, terutama di awal-awal, namanya cewek kadang ada rasa gue tuhh KUANGEEEENNNN SUPER DUPER TERAMAT SANGAT KANGEN BANGET SEKALIIII... or ketika abis ketemu, rasanya gue pengen banget peluk dia or manja-manja or gabungan dari semua itu. Hahaha. en gue jarang bgt bilang sama Tepen. :p Kalo gue kangen, biasanya gue bilang, “Gue kangen.” Or, “I miss you. Hope you're here.” Tapi yang bagian, "GILAAAA GUE KANGEN BERAAAAATTTT SAMAA DIA AMPUN-AMPUN DEH RASANYA... SUPER DUPER TERAMAT SANGAT LUAR BIASA KANGEEENNN!!"  ngga pernah gue bilang. Weekekek. I wrote that on my diary. As a prayer. And submit all this feelings to God. 

Gals, ini bukannya artinya kalian jadi nutup-nutupin, or ngga natural. Bukan gitu. Gue kalo kangen bilang, tapi gue ngga kasih dia tau embel-embel. "Gile, gue rasanya udeh ngga bisa idup tanpa eluuu!! You're my everythinggg. hugz cupz cupz muacchh".  (Bagian itu kagak perlu dikasih tau. Yang penting dah kasih tau gue kangen. Titik. :p setelah married, baruuu deeehhh semua kata-kata itu keluar hahahaha :p And I know when I said those words, he'll appreciate it more :p  En gue tau bangeett buat cewek sangat tidak mudaaahhh untuk menahan ngga bisa kata-kata manis ke pasangan, tapi gue menyiasati itu dengan nulis diary, jadikan itu doa, en jugaaa menulis berlembar-lembar surat untuk Ksatria yang gue print, masukkan ke dalam box en gue kasih ke Tepen di our wedding night :D 

So, gue tetep mengeluarkan perasaan gue tapi gue menunda Tepen untuk tau sampe gue bener-bener yakin bahwa he's the one that can unlocked the secret garden of my heart. :)) 

Duh ini tulisan dah panjang banget yaakk. Semoga elu orang ngga bosen bacanya Hahaha. :p Ya begitulah, jadi menurut gue batasan emosi itu juga penting dalam berpacaran. Bukan supaya kita jadi terpenjara dengan banyak aturan, tapi justru menjaga bahwa at the end hanya seorang pria yang bener-bener layak untuk mendapatkan tubuh dan hati seutuhnya yang bisa menikmati itu semua. :)

1 comment:

Share Your Thoughts! ^^