Wednesday, January 28, 2015

Let Your Curse be on Me

by Grace Suryani


Kemarin pas F2 (Family Fellowship), en bahas Kejadian 27, ada satu ayat yang nancep cep cep di hati gue. Ayatnya bunyinya begini: 
 
Tetapi ibunya berkata kepadanya: “Akulah yang menanggung kutuk itu, anakku; dengarkan saja perkataanku, pergilah ambil kambing-kambing itu.” Kejadian 27:13

So, ayat ini diambil ketika Ishak mau memberkati Esau trus suruh Esau bikin masakan daging kesukaannya. Trus terdengarlah oleh Ribka en Ribka buru-buru bilang sama Yakub supaya Yakub ‘pura-pura’ jadi Esau. Nah, selama ini gue pikir Yakub sama dengan orang yang gak sabar yang berusaha mengambil hak kesulungan dengan caranya sendiri. Yakub berusaha menggenapi janji Tuhan pakai cara dan kekuatannya sendiri. Tapi tuh yee kalo dibaca dengan teliti, ternyata kejadiannya tuh kayak begini. 
 
Berkatalah Ribka kepada Yakub, anaknya: “Telah kudengar ayahmu berkata kepada Esau, kakakmu: Kej 27:7 Bawalah bagiku seekor binatang buruan dan olahlah bagiku makanan yang enak supaya kumakan, dan supaya aku memberkati engkau di hadapan TUHAN, sebelum aku mati. 27:8 Maka sekarang, anakku, dengarkanlah perkataanku seperti yang kuperintahkan kepadamu. 27:9 Pergilah ke tempat kambing domba kita, ambillah dari sana dua anak kambing yang baik, maka aku mengolahnya menjadi makanan yang enak bagi ayahmu, seperti yang digemarnya. 27:10 Bawalah itu kepada ayahmu, supaya dimakannya, agar dia memberkati engkau sebelum ia mati.” 27:11 Lalu kata Yakub kepada Ribka, ibunya: “Tetapi Esau, kakakku, adalah seorang yang berbulu badannya, sedang aku ini kulitku licin. 27:12 Mungkin ayahku akan meraba aku; maka nanti ia akan menyangka bahwa aku mau memperolok-olokkan dia; dengan demikian aku akan mendatangkan kutuk atas diriku dan bukan berkat.”

So ternyata oh ternyata siapa yang bikin rencana untuk menipu Ishak?? Yakub?? BUKAAAN!! Tapi RIBKA, nyokabnya! Yang pertama kali punya ide menipu itu bukan Yakub! ALAMAKKK … salah donk gue selama ini. Yang pertama kali punya ide noh si Ribka.

Ketika Yakub mencoba untuk ‘mengelak’, “Maknyak, engko gue tuh bulunya banyak. Kagak kayak gue licin tak berbuluuu. Klo ntar ketauan Babe, trus gue malah dikutuk gmane donk nyak?! Bahaya atuhhh.”

Nah pas itulah Ribka buru-buru nyamber, “Udeh kutukannya ntar maknyak yang tanggung. Loe kagak usah banyak cingcong nak. Cepetan tuh ambil itu kambing.” :O

Eh sebagai young mother, ayat itu nuancep banget ke gue, karena sekarang tuh gue ngerti sedikit dari maksudnya si Ribka. Kalo gue dapet nubuatan tentang anak gue, gue rasa gue juga bakal mati-matian berusaha untuk genapin tuh nubuatan. En sebagai nyokab mungkin banget gue mikir kayak Ribka, “Udeh ntar biar gue yang tanggung harganya. Dikutuk dikutuk dah, yang penting tuh anak gue dapet noh berkatnye.”

But, kita semua taulah ya, sekalipun akhirnya Ishak berkatin Yakub tapi itu ga berarti ga ada konsekwensinya. En kata siapa cuman Ribka yang ‘menanggung’ kutukan? Yakub juga lagiii … Kagak bisa ketemu maknyak tercintrong sampe akhir hayatnya, trus di rumah pamannya si Laban dipaksa kerja rodi 7 taon, dikibulin pula. Trus pas udeh tua gantian dikibulin sama anak-anaknya. :O
Kata siapa cuman maknyak yang tanggung?

Hati gue jadi gentar tuh. En gue doa, “Tuhan pleaseee tolonggg jangan sampe gue bersikap seperti Ribka. Tolong jaga gue biar gue kagak berusaha untuk ‘membuat kutukan’ en sok jadi pahlawan menanggung kutukan tersebut. Kagak sanggup aye. Aduh Tuhan, tolooonggg … ga sanggup jadi nyokab kalo kagak Tuhan tolong. Coz gue ngerti banget kenapa Ribka bersikap begitu en bukan kagak mungkin suatu hari nanti gue begitu. Karena ituuu tolonggg kalo mo kejadian tolong ingetin!”
Gue jadi diingetin sebagai nyokab, gue kudu ati-atiii banget. Jangan sampe gue berusaha buat jadi ‘Tuhan’ buat anak gue. Jangan sampe gue berusaha untuk menggenapi rencana Tuhan buat anak-anak gue pake cara gue sendiri.

Hal kedua yang gue pelajari dari ayat itu adalah soal ketaatan. Sebagai nyokab baru, yah jujur aje guys, salah satu cita-cita gue adalah punya anak yang nurut. Siapa coba nyokab yang kagak pengen punya anak yang nurut? Semua pengen lagiii … en gue sadar bahwa Tuhan tuh kasih otoritas kepada ortu atas diri anak-anaknya, so gue tau gue berkewajiban untuk mendidik anak-anak gue jadi anak yang nurut kepada Tuhan en kepada ortu.

TAPIII … abis baca itu ayat, gue jadi sadar ga cukup didik anak supaya nurut sama gue. Nih yah, itu ayat bahasa inggrisnya bunyinya kayak begini:
But his mother said to him, “Let your curse be on me, my son; only obey my voice, and go, get them for me.”

En Yakub anak yang taat kagak? Taat bow, soalnya ayat berikutnya berbunyi demikian,
So he went and got them and took them to his mother.”

Jadi sehabis Ribka bilang, “Taati aku nak!,” Yakub taat. Dia turutin tuh semua perintah maknyaknya. Dia ambil tuh kambing en bawa ke Ribka.

Di sini gue baru ngeh. Gak cukup gue didik anak gue taat sama gue. Di atas itu gue kudu didik anak gue untuk TAAT sama Babe, biar ketika mungkin suatu hari nanti gue meminta dia melakukan sesuatu yang bertentangan dengan FT, anak gue cukup punya nyali untuk bilang, “Sorry mom, but I can’t obey you on this. Ini melanggar FT, mom.”

Coz gue sadar gue tuh manusia biasa. En berlumuran dosa (ceila hehehe), en sekalipun gue berusaha untuk hidup dekat Tuhan en tahu bahwa gue dibenarkan oleh Kristus tetep aje sangat mungkin ada kalanya gue jatuh. Sangat mungkin gue sesekali berdosa dan mungkin tanpa gue sadari mo nyeret anak-anak gue ikut berdosa juga (amit-amit … sekiranya mungkin jauhkanlah itu daripadaku), en ketika itu terjadi gue berharap anak-anak gue ga blindly obey me, tapi berani untuk berdiri di atas FT dan meninggalkan their old mom :p (en Be, tolong kalo sekiranya itu terjadi toloonggg supaya gue sadar en ngeh bahwa Tuhan itu sedang berbicara lewat anak-anak gue, en bukannya jadi bete).

Btw, kayaknya di posting ini gue nulis banyak banget kata tolong ye? Hehehe… why? Yah karena jujur sejujur-jujurnya setelah 8 bulan jadi nyokab, rasanya banyak teori tentang parenting yang tadinya gue pegang erat-erat ilang ditelan asap hahaha. Banyak cita-cita gue tadinya mo begini mo begono jadi raib :p Realitas ternyata kagak segampang itu bow. Well, itu ga berarti trus I give up, but yah gue jadi sadar, gue bener-bener teramat sangat banget-banget butuh yang namanya God’s grace. Yah begitu deh, so bener-bener GOD HELP MEE! Hehehe.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tentang penulis




Grace Suryani Halim

A happy wife. Mother of two. Beloved daughter of Almighty God. Loves to read, write, learn, cook, bake, and talk. 

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^