Wednesday, June 21, 2017

Book Review: Understanding The Purpose and Power of Prayer, Myles Munroe


by Azaria Amelia Adam

Pernahkah kita berpikir:

Kalau Tuhan sudah punya rencana untuk kita semua.
Kalau rencana Tuhan itu “YA dan AMIN”, maka artinya semuanya pasti akan terjadi.

Lalu, kenapa kita harus berdoa?

Kalau itu memang kehendak Tuhan, untuk apa kita berdoa meminta sesuatu? Tuhan pasti akan memberikannya. Kalau itu memang rencana Tuhan, untuk apa kita berdoa? Tuhan akan melaksanakan rencana-Nya.

Secara logika manusia, pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa masuk akal.

Saat membaca buku ini, saya ingat statement yang dikatakan Dr. Myles Munroe dalam suatu konferensi:

"Prayer is a petition"

Statement yang singkat, padat, sangat jelas, tetapi sangat mengubah pola pikir.

Di dalam buku ini, Dr. Myles Munroe menjelakan bahwa Doa adalah sebuah petisi. Petisi yang kita sampaikan kepada Tuhan. Doa disampaikan kepada Tuhan sebagai petisi atas hukum, firman dan Janji-Nya.

Dari penjelasan ini, saya mengerti jika kita berdoa, kita bukan menyampaikan kehendak kita pada Tuhan, tetapi membiarkan kehendak Tuhan terjadi di dalam hidup kita.

Lalu, kenapa kita harus berdoa?

Karena saat Tuhan menciptakan manusia, Dia menginginkan manusia berkuasa atas dunia. Dunia ini diberikan Tuhan untuk dikuasai manusia, artinya, manusia memiliki otoritas untuk melakukan apa saja atas dunia sesuai kehendak manusia.

Tuhan membiarkan manusia memiliki kehendak bebas dan menjadi raja bagi dunia.

karena itu, kita sering mendengar banyak orang berkata "lakukanlah sesuai kehendakmu" "pilihlah sesuka hatimu" "bermimpilah, buatlah rencana dan laksanakan".

kita punya hak untuk memilih, hak untuk melakukan apa saja sesuai kehendak kita. Dan Tuhan tidak akan mengintervensi apa yang sudah Dia berikan sebagai hak kita.

Tetapi, siapa manusia yang mampu melihat seperti Tuhan melihat? adakah manusia yang pemahamannya melebihi Tuhan? atau yang mengetahui apa yang terjadi sebagai konsekuensi suatu 'kehendak bebas'?

Tidak ada dari kita yang memiliki pemahaman melebihi Tuhan.

Karena itu, kita perlu berdoa. Kita perlu membiarkan Tuhan mengambil kembali otoritas yang diberikan kepada kita. Kita perlu membiarkan Tuhan mengintervensi dunia agar hanya rencana-Nya yang terjadi.

Karena tidak ada rencana yang lebih baik daripada rencana Tuhan untuk kita.

Dr. Myles Munroe menjelaskan dengan sangat detail sehingga kita bisa mendapatkan pengertian yang lebih dalam tentang Kuasa dan Tujuan dari DOA. Saya sangat merekomendasikan buku ini untuk dibaca.

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^