Tuesday, April 11, 2017

Extraordinary



"EXTRAORDINARY" written by John Bevere

- Book Review by Leticia Seviraneta -

Sebagai manusia, kita cenderung tertarik pada hal-hal luar biasa, unik, ajaib, dan lain dari pada yang lain. Begitu juga dengan buku yang ditulis oleh John Bevere ini, “Extraordinary”. Saya benar-benar tertarik untuk membaca buku ini, dan saya tidak menyesal memutuskan untuk membacanya. John Bevere menyingkapkan banyak sekali kebenaran tentang bagaimana Tuhan merancang kita untuk sebuah kehidupan yang luar biasa. Tidak hanya sekedar unik di mata dunia, namun sebuah kehidupan menyenangkan Tuhan dan melampaui apa yang dianggap biasa.

Hal paling mendasar untuk memiliki hidup yang luar biasa adalah menyadari betul betapa kita dikasihi oleh Tuhan. Lalu berikutnya, kita diingatkan bahwa dikasihi oleh Bapa berbeda dengan menyenangkan Bapa kita. Sama seperti tidak ada yang dapat mengubah kasih orang tua kepada anaknya, terlepas dari seberapa nakal anak itu. Namun, ada tindakan seorang anak yang dapat menyenangkan dan juga tidak menyenangkan bagi orang tuanya. Mengetahui ini menyadarkan kita bahwa kita tidak boleh menjadi manja dan hidup seenaknya hanya karena kita tahu Tuhan mengasihi kita.

Lalu pertanyaannya sekarang, bagaimana cara untuk menyenangkan Tuhan? Berbeda dengan persepsi orang Kristen kebanyakan, cara menyenangkan Tuhan tidak lah berasal dari kekuatan kita sendiri melainkan dari kekuatan kasih karunia-Nya. Ini sesuatu yang baru bagi saya pribadi, karena kita memang tidak terbiasa memperlakukan kasih karunia sebagai sebuah kekuatan. Kasih karunia seringkali kita pandang sebagai kebaikan Tuhan yang telah kita terima di saat kita tidak layak mendapatkannya. Namun, di dalam buku ini John Bevere mengungkapkan banyak kebenaran Firman yang menunjukkan bahwa kasih karunia juga merupakan sebuah kekuatan aktif untuk memampukan kita menjalani hidup luar biasa yang Tuhan kehendaki.

Bagi yang masih bergumul dengan dosa-dosa lama, dijelaskan juga mengapa kita demikian dan apa yang harus kita lakukan untuk lepas dari dosa lama. Yup! buku ini juga akan memberikan langkah-langkah praktikal bagaimana untuk lepas dari belenggu dosa. Tidak ada yang dapat hidup luar biasa bila ia masih membawa bagasi dosa yang banyak. Oleh karenanya, untuk menjalani hidup yang luar biasa di dalam Tuhan, kita pun harus hidup berkemenangan atas dosa. Dijelaskan bahwa dulu sebelum mengenal Kristus kita tidak memiliki kekuatan atas dosa, namun sekarang dosa sudah tidak lagi memiliki kuasa atas kita dan kita punya pilihan untuk tetap mau tunduk pada dosa atau berjalan bebas dengan kasih karunia.

Di buku ini juga dibahas seperti apakah iman sejati itu dan bagaimana cara untuk menumbuhkan iman kita. Secara keseluruhan, di dalam buku Extraordinary ini, John Bevere banyak menyingkapkan kekuatan tersembunyi dari hal-hal yang kita pikir mungkin sudah kita tahu, namun ternyata kita selama ini hanya tahu di permukaan saja. Seperti berlian memiliki berbagai facet, demikian juga halnya dengan kasih karunia, iman dan kekuatan untuk hidup luar biasa bersama dengan Tuhan. Membaca buku ini seperti menjadi pembuka mata kita akan suatu sudut pandang baru yang fresh, Alkitabiah, dan mengubahkan hidup kita secara pribadi.

Get ready to live an extraordinary life with God!

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^