Wednesday, March 25, 2015

When We Have Jesus, We Have it All ..

By Henny Rompas-Köykkä

Sewaktu belum menikah, sama halnya dengan sebagian besar orang, impian saya setelah kuliah adalah bekerja, menikah dan punya anak. Hubby and I were planning to have a baby two years after we got married. Setelah dua tahun menikah, kami mulai berusaha untuk punya anak.

Saat kami mulai berusaha untuk punya anak, tantangan itu datang. Mulai dari keadaan fisik dan psikis yang kurang mendukung karena saya mulai mengalami depresi berat sejak tinggal di sini. Waktu ngalami masa-masa down begini, pikiran negatif dan kesedihan itu terasa begitu kuat. Apalagi jika saya mendengar atau mengetahui bahwa teman saya sedang hamil atau baru melahirkan. Hati ini serasa tercabik-cabik! (Gak lebay, euy! :p) My first reaction after hearing the news was always: ”Good for her! But why not me?” or “When is it going to happen to me?”

Gak cukup sampai di situ, orang-orang yang seharusnya ngasih support justru malah menambah beban pikiranku dengan pertanyaan-pertanyaan seperti: “Loe sih Hen, gak punya anak. Makanya gak ngerti”, “Kapan donk mama dikasih cucu?”, “Lho, koq belom hamil juga?” Rasanya gak ada yang lebih menyakitkan dari perkataan-perkataan yang dilontarkan oleh orang-orang terdekat. I wish they could understand my pain, too. Meskipun demikian, setidaknya saya juga dikelilingi oleh teman-teman, adik dan tentu saja hubby yang sangat pengertian dengan keadaan ini dan gak pernah reseh.

Selama ini, saya tidak hanya bergumul dengan infertility issue, tetapi juga dengan berbagai persoalan hidup lainnya, seperti karir, dll. Tapi justru dengan persoalan-persoalan itu, saya justru lebih merasakan penyertaan Tuhan yang kuat atas hidup ini dan bahwa Allah itu hanya sejauh doa. Saya menemukan kekuatan dan penghiburan sejati lewat Firman Allah dan waktu luang yang dipakai untuk berada di dalam hadirat Tuhan lewat doa dan penyembahan. Di saat itulah, beban berat itu terangkat. Allah mengganti segala kuatir dan kesedihanku dengan harapan dan damai sejahtera akan masa depan. There’s nothing better than knowing that God holds our future and we have hope in Him.

Saat saya menghabiskan waktu luang dengan membaca Firman Allah dan menyembah Tuhan, gak cuma hati dan pikiran ini jadi tenang, tetapi juga ada sukacita. Lho, koq bisa? Ya bisa donk! Gimana gak jadi sukacita, kalau tiap kali baca Alkitab, yang nongol malah janji-janji Allah yang luar biasa kayak begini nih:

Don’t worry about anything; instead, pray about everything. Tell God what you need and thank Him for all He has done. Then you will experience God’s peace, which exceeds anything we can understand. His peace will guard your hearts and minds as you live in Christ Jesus.” –Philippians 4:6-7, NLT.

For the word of the LORD holds true, and we can trust everything He does.” –Psalms 33:4, NLT

Wueh! Ruaarr biasa!!! Itu hanya sebagian kecil dari Firman Allah that have inspired me and have given me strength in the tough times. Siapa coba yang bisa jamin that we can trust everything one does kalau bukan Tuhan Yesus sendiri??
Jujur, meskipun kami sering overwhelmed dengan persoalan hidup, kami sangat bersyukur lewat proses kehidupan yang Tuhan izinkan untuk terjadi dalam kehidupan kami. Kami berdua jadi lebih mendekat kepada-Nya. Buat saya dan hubby, hidup ini gak akan bisa dan gak akan pernah lengkap tanpa Yesus Kristus dan terutama bila Tuhan Yesus bukanlah segala-galanya di dalam hidup kami. Anak, karir yang bagus, harta/uang, status sosial/jabatan, dll. gak akan pernah bisa melengkapi hidup ini tanpa Yesus Kristus. Lho koq bisa begitu? Bisa donk, secara it is human nature kalo manusia itu gak pernah puas. Cuma Tuhan Yesus yang bisa bikin orang yang gak pernah puas jadi puas dan hanya Dia yang bisa mengisi kekosongan di dalam hati/hidup kita.

Kami percaya bahwa jika Allah mengizinkan semua ini terjadi dalam kehidupan kami, Dia tidak melakukannya tanpa ada rencana yang indah. Waktu Tuhan itu gak sama dengan waktu kita. Kita maunya apa yang kita inginkan terjadi/terkabul seketika, tetapi tidak demikian dengan Tuhan. Sebelum kita menerima berkat Allah, Dia akan memastikan kalau kita sudah memiliki sikap hati yang benar saat kita menerimanya. Contohnya nih: bayangkan saja jika kita kepengen jadi direktur, tapi kita masih bergumul dengan kesombongan, kemalasan, tidak jujur, etc. Saya rasa Tuhan gak akan mengabulkan doa kita itu seketika. Dia justru akan memproses hidup kita sedemikan rupa hingga kita memiliki sikap hati yang layak untuk menjadi seorang direktur. Seorang direktur perusahan yang takut akan Tuhan pastinya memiliki hati hamba (yaitu hati yang melayani bukan dilayani, kerendahan hati), rajin bekerja, pantang mengeluh, jujur dan penuh integritas.

So, buat teman-teman pembaca yang sedang bergumul dengan persoalan hidup, apapun itu (entah soal anak, karir, pasangan hidup, dll.), jangan putus asa. Tuhan Yesus pastinya tahu apa yang kita butuhkan dan Dia juga yang akan menyediakan tepat pada waktunya. Bagi kami, soal anak, kami berkeyakinan kalau Tuhan akan menyediakan tepat pada waktunya. Kalaupun tidak demikian, kami tetap percaya bahwa rencana Allah itu sempurna bagi kami dan Dia yang lebih tahu yang terbaik bagi kami. In the end, we both know that when we have Jesus and abide in Him, we have all and we shall lack nothing.

God is not a man, that He should lie; neither the son of man, that He should repent: hath He said, and shall He not do it? Or hath He spoken, and shall He not make it good?” –Numbers 23:19, KJV.

And we know that all things work together for good to them that love God, to them who are called according to His purpose.” –Romans 8:28, KJV.

My thoughts are nothing like your thoughts,” says the LORD. “And my ways are far beyond anything you could imagine. For just as the heavens are higher than the earth, so my ways are higher than your ways and my thoughts higher than your thoughts. –Isaiah 55: 8-9, NLT.

For I know the plans I have for you,” says the LORD. “They are plans for good and not for disaster, to give you a future and a hope.” –Jeremiah 29:11, NLT


No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^