Friday, December 25, 2020

Hadiah untuk Tuhan



by Benita Vida

Waktu kecil kita merindukan natal,
Hadiah yang indah dan menawan.
Namun, tak kusadari seorang bayi t’lah lahir,
Bawa keselamatan ‘tuk manusia…”
- Karena Kita -

Pasti tahu atau minimal pernah dengar lagu ini dong? Lagu wajib yang dinyanyikan waktu perayaan Natal. Sejujurnya saya sangat menyukai lagu ini, karena selain nadanya yang enak, kata-kata dalam lagu ini sangat bagus, mengingatkan saya bahwa ternyata saya sudah menerima hadiah terindah di waktu Natal. 

Natal dirayakan untuk mengingat kelahiran Yesus Kristus dalam dunia, kejadian yang sangat fenomenal yang tidak akan ada dan terulang di dunia ini. Bagaimana tidak? Bayangkan Sang Pemilik Sorga rela turun ke bumi untuk menjalankan misi menyelamatkan manusia, bukan karena sebuah keharusan untuk menyelamatkan kita tetapi karena kasih-Nya yang begitu besar. 

Kelahiran-Nya sudah dinubuatkan jauh sebelum itu terjadi, bahkan dinanti-nantikan oleh bangsa pilihan-Nya. Hal ini menunjukkan bahwa kelahiran-Nya sudah dirancang sejak lama, misi penyelamatan ini sudah direncanakan begitu sempurna, bahkan silsilah dan nenek moyang dari Yesus sudah ditentukan sampai ratusan tahun lamanya. Keren ya? Mana ada yang bisa merancang sedetail dan sesempurna itu? Itulah kehebatan Tuhan kita, jika untuk menyelamatkan kita saja rencana-Nya sesempurna itu, apalagi rencana-Nya bagi hidupmu dan hidupku, pasti sempurna dan akan terjadi di hidup kita. Kelahiran-Nya adalah sebuah hadiah yang paling indah dan tidak bisa digantikan oleh apapun di dunia ini. Tuhan telah memberikan hadiah terindah untuk kita, seorang Raja segala raja namun rela lahir dalam kandang domba dengan segala kerendahan hati-Nya. 

Setiap tahun kita merayakan kelahiran-Nya, namun pernahkah kita memberikan hadiah di hari “Ulang Tahun-Nya”? Kita sering menerima hadiah natal dari teman atau keluarga, bahkan kita buat acara yang heboh untuk merayakan Natal. Tapi, apakah kita sudah memberikan hadiah kepada-Nya yang berulang tahun? Kira-kira apa ya yang Tuhan inginkan sebagai hadiah? Tuhan sudah memiliki segala sesuatu, apa mungkin masih ada yang Tuhan inginkan? Eiitzzz, ternyata ada loh yang Tuhan inginkan. Apa tuh?? Hati kita. 

Tuhan tidak perlu yang lain, Tuhan cuma mau hati kita. Tapi kan hati kita kotor, kita sering berbuat dosa, kita kadang melakukan hal yang Ia tidak senangi, bahkan hati kita sering mendua dari Tuhan, kok Tuhan masih mau? Yes, Tuhan masih menginginkan hati kita, Tuhan mau dekat sama kita, dan Tuhan mau berjalan bersama kita dalam suka dan dukanya kita. Simple kan maunya Tuhan? Tapi kenyataannya tidak sesederhana itu, susah banget loooh mau kasih hati dan hidup kita sama Tuhan, daging kita kadang terlalu egois dan akhirnya kita mengecewakan Tuhan. Terus gimana dong? Tuhan kita itu bukan Tuhan yang jahat loh, Tuhan kita penuh dengan kasih dan pengertian, Dia sangat tahu kalau ciptaan-Nya ini sangat jauh dari kata sempurna. 

Tuhan tidak butuh kita yang sempurna, karena kita tidak akan pernah menjadi sempurna tanpa-Nya. Apalagi jika kita berusaha menggunakan kekuatan kita sendiri, ujung-ujungnya kita hanya akan gagal. Dalam kasih-Nya kita disempurnakan, kita sempurna karena kita punya Dia yang sangat sempurna tinggal di dalam kita. Yang Tuhan inginkan adalah hati yang rindu, hati yang lembut, dan hati yang mau dibentuk, itu sudah cukup buat Tuhan. 

Sekalipun hadiah yang kita terima tidak mahal dan keren, tapi jika diberikan oleh orang yang sangat berarti buat kita, pasti kita akan sangat bahagia kan? Begitu juga Tuhan akan sangat bahagia ketika kita MAU memberikan hati kita untuk-Nya, karena kita sangat berharga dan berarti bagi-Nya. 

Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.
(Yesaya 43:4)

Tanpa sadar kita selalu menerima kebaikan dan kemurahan-Nya, tanpa sadar kita selalu menerima hadiah dari Tuhan. Jarang sekali kita memberikan hadiah untuk Tuhan, kita hanya bisa meminta seolah-olah Tuhan bank hadiah kita. Kita minta perlindungan, minta berkat, dan banyak lagi sesuai dengan list keinginan kita.

Tahun ini penuh dengan duka dan masalah, tapi lihatlah perlindungan-Nya sempurna tanpa cela. Kalau sampai kita bisa merayakan Natal tahun ini, semua tak lepas dari kasih dan kemurahan-Nya. 

Yuk kita renungkan semua kebaikan-Nya bagi kita dan mari kita siapkan hadiah untuk Tuhan sebagai ucapan syukur kita. 

MERRY CHRISTMAS!

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^