Friday, December 11, 2015

Kecuali Kita Peduli: RSU Bethesda Serukam



Majalah Pearl kali ini akan mengajak teman-teman untuk melihat pelayanan medis yang ada di pedalaman Indonesia, yaitu Rumah Sakit Bethesda Serukam. Dalam majalah Pearl edisi #31, kami berkesempatan mewawancarai dr. Paul dan istri'nya, Ibu Becky yang melayani di sana. Beliau berdua berasal dari Amerika, dan mereka terpanggil untuk melayani di desa Serukam, di pedalaman Kalimantan Barat. 

Saat ini, RSU Bethesda Serukam sedang menyelesaikan pembangunan pusat bedah mereka. Bangunan pusat bedah yang baru nanti akan menggantikan bangunan lama yang sudah berusia 40 tahun.



History
Rumah Sakit Misi Bethesda didirikan lebih dari empat puluh tahun yang lalu untuk melayani suku Dayak di hutan hujan Kalimantan. Seperti yang kita tahu, suku Dayak adalah suku animistic, dengan sistem kepercayaan dan pandangan yang melibatkan dan menghasilkan penderitaan. Mereka tinggal di tempat terpencil dan kesulitan secara ekonomi. Mereka juga kurang diperhatikan oleh pemerintah.

Penginjil penuh waktu kemudian direkrut melalui gereja lokal, dan sekarang mereka setiap hari mengunjungi pasien atau mengadakan ibadah umum. Pasien terus membuat keputusan untuk percaya Kristus, dan banyak orang percaya dari gereja-gereja lokal di sekitar RS yang dikuatkan imannya setelah menerima pelayanan medis yang dipenuhi belas kasihan dan terjangkau dalam segi biaya. 

Sejumlah dokter Kristen dari Indonesia juga mulai melayani di tahun 1982. Ini juga menimbulkan situasi yang membingungkan, bagaimana dokter Kristen lokal ini dikategorikan dan dibayar. Namun, karena staf medis dari Amerika semakin berkurang, bersamaan dengan semakin berkurangnya sumber dukungan dari mitra, juga bertambahnya dokter lokal, RS tidak mampu lagi membayar semua pegawai RS. Semakin jelas bahwa harus ada perubahan di segi operasional, atau RS ini terpaksa harus ditutup. Berdasarkan kenyataan ini, pengurus RS memutuskan untuk menambahkan divisi baru di tahun 2005 yaitu: the MedGo mission agency.

Bersama dengan Gereja dan Organisasi lain yang dengan sukarela berpartisipasi – gereja-gereja di Indonesia maupun negara lain – Yayasan Bethesda Serukam bertujuan untuk menyebarkan Injil Keselamatan dalam Yesus Kristus kepada sebanyak mungkin orang yang bisa dijangkau melalui pelayanan kesehatan yang kompeten dan dengan belas kasihan disediakan untuk siapapun yang datang, terutama untuk menjangkau mereka yang terisolasi dan terlupakan, miskin, tidak memiliki pendidikan formal dan jauh dari sumber-sumber pelayanan kesehatan.


Proyek Pembangunan
RSU Bethesda sedang membangun pusat bedah untuk menggantikan bangunan lama yang telah berusia 40 tahun. Bangunan baru perlu didirikan sesuai dengan peraturan baru pemerintah. Ini akan menjadi bagian penting untuk melanjutkan pelayanan medis yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarat desa di Kalimantan Barat, dalam nama Yesus, dan mendukung pelatihan dan pengiriman pekerja medis Kristen yang diperlengkapi dan dikirim ke berbagai tempat terpencil di Indonesia. 



Hingga kini, RSU Bethesda telah menggalang dana sebesar 300,000 USD raised, dan masih membutuhkan 500,000 USD lagi. Bila teman-teman ingin melihat progress pembangunannya, silahkan lihat di Bethesda Hospital Surgery Center.

What We can Do?
Kita bisa mendukung mereka dalam doa, dan teman-teman dapat menghubungi mereka untuk memperoleh newsletter secara regular. Selain itu, ada pula kesempatan untuk menjadi relawan termasuk di bidang IT, akunting, konsultasi medis dan mengajar di sekolah perawat RSU Bethesda. Teman-teman juga bisa membantu secara finansial termasuk memberi donasi untuk penyelesaian pembangunan pusat bedah.  Selain itu teman-teman juga bisa memberikan donasi bulanan untuk mendukung misionari-misionari Indonesia MedGo.

Yuk teman-teman, kita perlebar kerajaan surga ke seluruh pelosok Indonesia! Sebarkan juga informasi ini ke teman-teman yang lain ya.. Kalau teman-teman ada pertanyaan atau ingin memberikan donasi untuk pembangunan surgery center, silahkan kirimkan donasimu ke:

Bank Mandiri
A/N:  RSU Bethesda Serukam
Norek: 1460001013270


atau

BCA
A/N: Paul Douglas Geary
Number: 8170414099


(Untuk keterangan saat melakukan transfer tolong tulis: "Untuk pembangunan Bethesda Surgery Center". Setelah mentransfer donasi, mohon kirimkan email ke donda_mp@yahoo.com bahwa ada donasi untuk surgery center supaya mereka dapat mengirimi tanda terima kepadamu). 


 Bagi teman-teman yang tergerak untuk melayani di RS Bethesda, silahkan menghubungi:

Direktur MedGo: 
Donda Panggabean
Email: donda_mp (at) yahoo.com

We share because we care! :)



No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^