Monday, October 20, 2014

Mati dan Berbuah

by Mekar A. Pradipta

"Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah." (Yohanes 12:24)

Tuhan Yesus, aku tahu kalau benih yang tidak jatuh ke tanah dan mati tidak akan menghasilkan apa-apa. Hanya benih yang jatuh ke tanah dan mati yang akan menghasilkan buah. Aku mau, Tuhan, agar banyak hal mati dalam hidupku dan oleh karenanya hidupku berbuah.

Mampukan aku meneladani Abraham yang mematikan kepemilikannya atas Ishak, yang oleh karenanya ia menghasilkan iman. Iman yang membuatnya menjadi berkat bagi bangsa-bangsa.

Mampukan aku meneladani Yusuf yang mematikan respon kedagingannya atas dosa, yang oleh karenanya ia menghasilkan ketaatan. Ketaatan yang membuatNya dipromosikan untuk menjaga hidup suatu bangsa.

Mampukan aku meneladani Daud yang mematikan rencananya sendiri atas kehidupan yang oleh karenanya ia menghasilkan kesabaran. Kesabaran yang membuatnya menggenapi panggilan Allah bagi generasiNya.

Mampukan aku meneladani Ester yang mematikan kenyamanannya akan stabilitas, yang oleh karenanya ia menghasilkan keberanian. Keberanian yang membuatnya memperoleh kemurahan dan bangsanya diselamatkan.

Mampukan aku meneladani Rut yang mematikan kecintaannya akan masa lalu, yang oleh karenanya ia menghasilkan kesetiaan. Kesetiaan yang membuatnya dipercaya menjadi penolong bagi pria yang menurunkan sang Mesias.

Mampukan aku meneladani Maria yang mematikan kekuatirannya akan rasa aman, yang oleh karenanya ia menghasilkan penyerahan diri. Penyerahan diri yang membuatnya ambil bagian dalam skenario penyelamatan Allah.

Mampukan aku meneladani Kristus yang mematikan keinginannya untuk hidup, yang oleh karenanya ia menghasilkan kebangkitan. Kebangkitan yang membuatNya mengalahkan maut dan menggenapi karya penebusan Allah.

Mampukan aku mati untuk diri sendiri, supaya aku bisa hidup bagiMu.


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Tentang penulis 



Mekar A. Pradipta


• Old fashioned • Books and literature • Countryside adventurer • Walking under the drizzle • Talking to dogs • Blowing out dandelions • Speculaas and camomile tea • All kinds of berries • Anything vintage and romantic •




No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^