Wednesday, September 17, 2014

How Do We Know He Loves God?

by Felisia Devi

Pemikiran gue dulu untuk cari pasangan syarat utama adalah seagama, disarankan seperti itu kan, karena agama gw kristen jadi harus cari orang penganut agama kristen juga. Tapi itu saran cuma garis besar, bukan detail.  semakin besar, semakin melihat dan mendengar cerita dari orang lain, pendapat2 orang2, kalau orang agama Kristen atau bukan sama aja deh, ga beda, malah katanya lebih baik bukan orang beragama kristen, dibanding orang agama kristen sendiri. *loh gimana, galau deh*

Ya intinya, gue mengalami kebingungan , ga punya arahan tepat cari pasangan itu harusnya yang bagaimana sih. Seiring berjalan nya waktu yg gw lakukan atau pikirkan :
Asal suka sama suka, baik , ada chemistry, ya udah jalanin aja dulu.
Apalagi klo sama2 agama kristen, udah berpikir "mungkin dia nih yang Tuhan kasih buat gw" (cepet banget kan penilaiannya, tanpa mengenali dulu)
Tapi kadang tetep berasa ada yang kurang, ga sreg, klo liat sifat, kelakuan bisa illfeel.

Semakin jadi kristen yang gw bener2 ngalamin Tuhan, udah gak gitu mikirin kebingungan gw, cuma fokus sama Tuhan aja, lagi gak mau mikirin PH dulu, bener2 mengejar Tuhan dan kebenarannya.



Untuk PH semakin mengerti kebenaran ttg bahwa kita utuh butuh pasangan sesama orang percaya, bergama Kristen itu gak cukup, tetapi harus yang takut akan Tuhan, sama2 lahir baru.
Secara teori udah tau, but dulu gw bingung, gimana gw tau tuh orang bener2 takut akan Tuhan apa ga.

semakin gw ngerti isi hati Tuhan, semakin diubahkan hidup gw sama Tuhan, baru semakin mulai ngerti kehendak Tuhan, mana yang baik, berkenan dan sempurna.
Termasuk mengenali orang2, apakah dia ini bener2 punya hub sama Tuhan pa ga, apalagi soal bangun hub pria dan wanita, untuk PH (pasangan hidup). *ini bukan untuk menghakimi ya, tapi jadi bs mendeteksi *

Karena lewat proses gw smakin kenal Tuhan, semakin mengerti bahwa PH yang Tuhan mau, yang kelak gw butuhkan itu bukan sekedar berlabel agama Kristen, bukan sekedar ke gereja tiap minggu, pelayanan, bukan sekedar suka ngomongin Tuhan, yang intinya cuma Kristen KTP (Kristen tanpa pertobatan)
Tapi Tuhan mau gw berpasangan dengan yang takut akan Dia, punya hubungan yang intim degan Tuhan juga, yang terlihat lewat hidup keseharian dia, keputusan2 dia, fokus hidup dia, cara berbicara, perubahan2 hidup dia. Ya pokoknya dari kehidupan sehari-hari seseorang, bisa terlihat apakah Tuhan hidup dalam dia ,punya hub sama Tuhan pa ga.

Bagaimana mengenali orang yg kita tahu tuh orang juga benar2 mengenali Tuhan ? Misalnya soal PH, kita kan punya tuh list PH kelak kaya apa, cinta Tuhan, punya hub samaa Tuhan,dan list baik2 yg berhub sama rohani ?
Sebelum kita bisa menilai dan pengen dapatin PH yang sesuai list,
Kita juga harus mengalami Tuhan terlebih dahulu sesuai dengan list kita.
Gw bisa mendeteksi seseorang punya hub ma Tuhan pa ga, karena gw pribadi sudah mengalami dan diubahkan Tuhan terlebih dahulu.

Gw kasih umpama, gw itu baru mulai belajar english, level nya bener2 baru beginner.
Ada orang yang ngaku sama gw, klo dia itu bisa english.
Trus gw liat dia ngomong sama orang bule, pake bahasa english, bla bla bla..ngomong cepet, Lancar..
Sebagai orang yang pengetahuan ttg english nya cetek , gw punya penilaian " bener2 jago nih orang, hebat, td ngmgnya lancar, pd sama tuh bule",
and gw bilang sama temen gw si B, "si A jago loh englishnya kerena tadi gw liat dia ngomong english sama bule lancar bla bla bla"
si B ini punya pengetahuan english jauh diatas gw, , tau tenses, dll.
Setelah si B liat si A, denger ngomog , diajak dialog english , si B bilang ke gw, "apanya yg jago, dia salah tenses, verb,kalimat, dll". Dia cuma PD, tp sesungguhnya dia ga bisa english.
That's why, klo jatuh cinta butuh penilaian orang2 sekitar, terutama pemimpin rohani yang cover kita (karena kita mau PH yang takut akan Tuhan kan, jadi butuh orang yang dewasa rohani untuk melihat pria ini dewasa rohani pa ga)
Kita butuh orang2 yang bisa nolong kita, melihat dari padangan yang benar

Klo kalian pengen punya PH yang takut akan Tuhan, beserta list2nya, selain di doakan, jangan lupa minta Tuhan tuntun untuk kita juga berubah dulu untuk jadi pribadi yang takut akan Tuhan.
Ibaratnya klo mau menikah dengan "pangeran", harus jadi putri dulu.
Atau mau dapetin puteri kerajaan Allah, harus jadi pangeran dulu.

Klo lagi deket sama sesoorang, minta Tuhan tuntun untuk mengenali apakah dia itu yang Tuhan mau, yang Tuhan kehendaki untuk hidup bersama2.
Dan untuk jangan cepet percaya sama orang yang berkata "Tuhan Tuhan...", tapi sesungguhnya dihatinya belum tentu ada Tuhan, jangan2 jauh malah iya.
Uji dulu apakah dia bener2 cinta Tuhan , sebelum menyerah hati dan emosi kita untuk komitmen bangun hubungan. Banyak tanya Tuhan dan orang2 yang bisa dipercaya, apakah Tuhan berkendak kita sama dia.

supaya kita bener2 bisa mengenali seseorang punya kualitas hub sama Tuhan apa ga, kita sendiri harus punya kualitas hub sama Tuhan, harus mengalami Tuhan terlebih dahulu.

Jadi, usahakanlah dahulu supaya Allah memerintah atas hidupmu dan lakukanlah kehendak-Nya. Maka semua yang lain akan diberikan Allah juga kepadamu.(Mat 6:33)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tentang penulis









Felisia Devi 

A woman who lives in His grace. Likes simple things, travel, adventure, and nature. Loves reading and writing.  




8 comments:

  1. keren tulisannya..ijin share yaa :)
    GBu

    ReplyDelete
  2. Memberkati sekali. Seiman, sevisi, sepadan! Terima kasih kembali mengingatkan ketiga hal tersebut. Jesus bless you.

    ReplyDelete
  3. Nice article. Very blessed
    Oia kak boleh sharing2 gak
    GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan, Grace. email kami majalahpear(at)gmail(dot)com

      Delete
  4. sangat memberkati sekali :)
    izin share juga di blog aku ya kak . gbu :)

    ReplyDelete
  5. ka.. kalau agamnya kristen dan katholik gimana? kan ajarannya sama sama percaya sama Tuhan Yesus.. apakah di perbolehkan? atau tetap dianggap sebagai kaum yang tidak percaya?

    ReplyDelete

Share Your Thoughts! ^^