Friday, February 27, 2015

Mendoakan Indonesia

by Mega Rambang

Yeremia 29:7
Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu. (TB)
Bekerjalah untuk kesejahteraan kota-kota tempat kamu Kubuang. Berdoalah kepada-Ku untuk kepentingan kota-kota itu, sebab kalau kota-kota itu makmur, kamu pun akan makmur.(BI)
 
SUDAH SEJAHTERAKAH INDONESIA?
Well, masing-masing kita tahu jawabannya T_T 

Kesejahteraan Indonesia sebenarnya adalah tanggung jawab setiap kita yang mengaku umat Allah, dimana pun kita berada. Tidak kebetulan Tuhan tempatkan dimana kita berada sekarang, Dia punya rencana. Dimanapun Allah tempatkan kita, atauu ’membuang’ kita. Dia mau umatnya jadi berkat. Bagaimanapun keadaan dimana kita tempatkan, percayalah Allah menyertai kita. Dan Dia mau kita melakukan sesuatu, BERUSAHA dan BEKERJA bagi kesejahteraan tempat kita sekarang. 

Gak ada gunanya cuma ngomel dan memaki-maki, mengeluhkan keadaan bangsa ini gak akan membawa kita kemana-mana. Gak akan mengubah apapun, believe me, aku pernah melakukannya, dan keadaan gak berubah. Bagaimana mungkin kita mengharapkan Indonesia yang berbeda, jika kita gak melakukan sesuatu yang berbeda, jika kita hanya memaki-maki dan mengeluhkan keadaan bangsa ini.

Aku gak cuma pernah dalam keadaan memaki-maki, aku juga sekian lama apatis, dan cuek dengan keadaan di Indonesia, mau jungkir balik ato apa juga, aku cuek aja! Aku berhenti berdoa bagi bangsa ini, dan aku jadi makin gak peduli.

Kenapa aku berhenti berdoa?
Karena aku merasa hopeless, Indonesia dah separah ini, kayaknya gak mungkin berubah deh, gak ada yang bisa dilakukan lagi. MAU APA LAGI?

Kalo ada pemimpin di Indonesia sekarang yang menyatakan program dan visinya untuk Indonesia, mendengar pidato-pidato pemimpin di Indonesia, dalam hati aku berteriak,”NONSENE”. I can’t believe them! Palsu! I can’t trust pemimpin yang ada di negeri ini.

Dan malam tadi, aku mulai menangis buat Indonesia, keadaan masih sama parahnya, tapi waktu aku berdoa aku merasakan hati Allah yang penuh dengan belas kasihan terhadap bangsa ini. GOD loves Indonesia so much. Dia mau melakukan sesuatu yang besar buat negeri ini. Dia sedang bekerja di balik layar. Dia sedang melakukan sesuatu. Dia gak tinggal diam dan menyerah dengan bangsa kita. Dia gak pernah menyerah! KemuliaanNya akan dinyatakan atas negeri kita.

Dan, salah satu hal terpenting yang harus kita lakukan untuk negeri ini adalah BERDOA! Kalo kita cuma berusaha tanpa berdoa, maka saat keadaan gak berubah, saat semua usaha maksimal kita gak berhasil, kita akan merasa lelah dan berhenti dalam sekejap. BUAT APA berusaha, toh gak ada hasilnya, ya kan? Tanpa doa, kita akan mudah menyerah dalam usaha kita.

Jujur, saat aku berdoa, aku sedang dalam kondisi GAK mengasihi bangsa ini. Mati rasa kayaknya. Tapi seketika, waktu aku mulai berdoa, sesuatu terjadi .... Bukan Indonesia langsung berubah, bukaaaaan! Indonesia masih seperti ini aja. Tapi aku berubah. Allah ubahkan hatiku, tiba-tiba aja aku merasakan hatiNya Tuhan dan aku dimampukan menangisi bangsa ini. Aku mulai melihat apa yang Allah lihat, aku merasakan hatiNya.

Inilah alasan PERTAMA mengapa Allah mau kita berdoa, doa membuat hati kita selaras dengan hatiNya. Saat kita berdoa, Dia mencurahkan isi hatiNya pada kita. Doa membawa kita mendekat dengan hatiNya. Mengetahui apa yang diinginkanNya, merindukan apa yang dirindukanNya. Aku yang udah cuek bebek, jadi rindu pemulihan terjadi di negeri ini, melihat kemuliaan ALLAH dinyatakan. Indonesia bagi kemuliaanMu Tuhan ... 
 
Alasan KEDUA kenapa kita perlu selalu berdoa bagi bangsa ini adalah DOA membuat hati kita dalam kondisi berharap. Serius. Pernah gak sih, kamu jatuh cinta pada seseorang dan kamu mulai mendoakan dia, dan kamu mendoakan dia karena kamu mengharapkannya. Dan bayangkan, saat kamu tahu dia memiliki orang lain, kamu mulai berhenti mendoakannya, karena kamu gak berharap lagi. Seperti itulah jika kita berdoa bagi Indonesia. Mungkin seperti yang aku alami, aku berhenti berdoa bagi Indonesia karena aku dah hopeless, gak ada lagi yang bisa dilakukan, Indonesia gak tertolong lagi, udah gak bisa diperbaiki lagi. Tapi 1 hal lagi aku diingatin, DOA bener-bner menjaga hati kita dalam kondisi berharap. Bahkan saat kita merasa gak ada harapan, merasakan hati Allah akan bangsa ini, pengharapan kita yang hendak padam, dipelihara nyalanya oleh Allah. Why? Karena Dia mengajak kita gak melihat keadaan sekarang, Dia membawa kita jauh ke depan. Melampaui masa sekarang, Dia membuat kita menyaksikan apa yang sanngup dikerjakanNya bagi bangsa ini. Karena emang betul, manusia gak bisa berbuat apa-apa, yang bisa mengubahkan bangsa ini hanya Allah. Dan Allah mau melakukan sesuatu di Indonesia. 
 
Alasan KETIGA mengapa kita perlu berdoa bagi bangsa ini adalah, berdoa membawa kita pada TINDAKAN. Saat kita berdoa dan mengetahui kerinduan Allah akan pemulihan negeri ini, kita yang mengasihi Allah tentu ingin melakukan sesuatu. SEKECIL APAPUN. Demi kesejahteraan negeri ini. Karena kita punya hati yang selaras dengan hatiNya, apa yang kita lakukan kemudian adalah untuk menyenangkanNya. Kita gak berhenti sampai berdoa dan berdoa saja. Doa yang benar membawa kita pada tindakan. Karena seringkali Allah memakai orang-orang yang berdoa melakukan sesuatu. Berbuat sesuatu. Doa mengubah kita, kita yang awalnya cuek dan gak berbuat apa-apa, lambat laun mulai melakukan sesuatu, doa membawa kita pada tindakan. Usaha tanpa doa, sia-sia karena tanpa penyertaan Tuhan sedangkan doa tanpa usaha itu bohong, karena apa yang kita doakan akan menjadi apa yang kita inginkan, tentunya kita akan mengusahakannya bukan? Kalo kita berdoa buat pemulihan negeri ini, tapi kita gak melakukan sesuatu, well...jangan-jangan itu karena kita gak menginginkannya.

****
Kita harus menyadari bahwa jawaban doa kita seringkali ada di depan mata, well ... lebih tepatnya pada diri kita. Jangan punya mental suka berdoa dan berkata, “Ini aku, utuslah dia.”. Tapi kita harus mulai berdoa,”Ini aku Tuhan, ini bangsaku, ini negeriku, apa yang harus kulakukan bagi negeriku Indonesia?”. Percayalah, doa ini pasti akan dijawab. Ada sesuatu yang mulai kita lakukan bagi negeri ini. 
 
Akhir kata, ayo kita berdoa bagi Indonesia. Ayo kita melakukan sesuatu bagi negeri ini.

dan umatKu, yang atasnya namaKu disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajahKu, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka. ( 2 Taw 7 : 14)

Indonesia bagi kemuliaanNya... Amin

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^