Monday, December 22, 2014

A Gift to Jesus


by Febe Amelia Haryanto

Bentar lagi kita mau ngerayain Natal ya.. Gimana nih persiapan menjelang Natal tahun ini? Mungkin ada yang lagi sibuk latihan buat drama kebaktian malam Natal, choir, sibuk nyari pohon Natal atau hiasan-hiasan pohon Natal yang lucu2, atau bahkan beli baju baru (hehehe…) buat ngerayain Natal ^_^ Tapi, mungkin juga ada yang belum sempet ngapa-ngapain saking sibuknya dgn jadwal yang ada? (*wink wink >.<) 

Anyway, Natal selalu menjadi salah satu momen penting buat umat Kristen pada umumnya. Tapi, semakin ke sini, momen ini ga cuma penting buat umat Kristen, tapi juga buat pengelola mall dan para pengusaha or produsen. Hahaha… Kalau ke mall menjelang Natal, kita bisa liat hebohnya dekorasi mall dengan berbagai macam aksesoris Natal yang unik en lucu. Lagu2 bertema Natal juga mulai sering diputer. Dengan adanya diskon natal en taon baru, kita jadi gampang kalap. Mumpung diskon, ayo serbu!! Beli ini beli itu buat kasi kado ke si anu, si ani, si ane, hahaha… Ya, kalo saya pikir2, semakin lama, Natal mulai berubah... Berubahnya gimana nih? 

Gereja-gereja sih tetep aja ngadain perayaan Natal. Tapi, dengan pola hidup masyarakat yang makin lama makin konsumtif, tanpa kita sadari kita juga mungkin ikut melakukannya (mungkin loh), hehe.. Kita jadi terjebak dengan perayaan Natal yang dikonsepkan oleh mereka, harus punya baju baru, beli ini beli itu, tanpa sadar orang tua juga mungkin jadi ‘dipaksa’ membelikan mainan untuk anak-anak mereka sebagai hadiah Natal karena strategi jitu para pengusaha, hahaha…Ya, bisa dibilang banyak orang jadi terjebak dalam lingkaran konsumerisme dan kehilangan makna natal yang sebenarnya 
Saya pernah ngalamin kayak gitu juga. Waktu itu saya sibuk banget dengan kegiatan kampus, kuliah makin padet karena dosen-dosen pada ngejer setoran abisin materi perkuliahan, belum lagi ada ujian akhir semester, latihan ini itu buat kebaktian, dan seabrek kegiatan lainnya… Dan, tiba-tiba aja si Natal uda nongol, ngetuk pintu kamar saya, dan saya bingung mau ngapain karena kamar saya masih berantakan… Saya belum beres-beres kamar saya tuh… -.- Dan akhirnya, ya saya ngelewatin Natal gitu aja tanpa makna yang gimana-gimana, karena saya terlalu sibuk dan saya terlalu mikirin diri saya sendiri. Dan bener, itu rasanya hambar, ga ada sukacita, walau saya ke gereja, dengerin kotbah, tapi entah kenapa rasa bersalah saya itu tetep ada…

Dan, akhirnya saya tau jawabannya kenapa…
Apa sih sebenarnya makna Natal?
Natal itu pada dasarnya adalah kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Iya, uda tau, terus apa dong???
Nah, klo kita ngerayain kelahiran Tuhan Yesus (ribuan tahun lalu), sama saja kita ngerayain ‘ULANG TAHUN’ Yesus.
Biasanya, klo ulang tahun, siapa yang dikasi hadiah? Yang ulang tahun atau yang ngerayain ulang tahun? Hehe.. Yang ulang tahun kan ya…. Tapi, dalam konteks ini, siapa yang dikasi hadiah??? Kita loh temen2!!!
Dengan kelahiran Tuhan Yesus, itu sudah jadi salah satu bentuk anugerah terindah dalam hidup kita!!!
Yohanes 3:16 
“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

Kita dapet hadiah temen-temen!!! Yesus yang lahir, Yesus yang ulang tahun, kita yang dapet hadiah!
Apa ga kebalik tuh? enak banget!!! Di dunia nyata, mana ada yang ulang tahun ngasi hadiah sama yang ngerayain (paling banter juga ngetraktir) Tapi, ini jauh jauh jauh LEBIH BESAR dari traktiran! Ya iyalah, hehe… Yesus itu adalah Tuhan yang juga jadi Juru Selamat kita. Dengan Dia lahir, Dia sudah menggenapi salah satu bagian (step) dari rencana Allah untuk menyelamatkan manusia berdosa, ya kita-kita ini manusia berdosanya. Di Yesaya 7:14, ada nubuatannya:

“Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.”

Teman-teman, kita ga akan sanggup bayar harga untuk tebus dosa kita dan ga akan pernah sanggup… Allah itu begituuuu mengasihi kita, jadi Dia sangat rela ngorbanin anakNya… Udah gitu, bisa dibilang Yesus lahir dalam keadaan sangat sangat tidak layak, sangat sangat sederhana… (Ini dia yang sering jadi perdebatan di kalangan umat Kristen, ngerayain Natal boleh gede-gedean atau nggak, atau harus sesederhana mungkin karena Yesus lahir sangat sederhana, ini juga bisa jadi refleksi sendiri buat kita)

Oke, kita tadi udah ngebahas soal makna Natal, dan saya percaya temen-temen juga daritadi manggut-manggut sambil bilang ‘iya bener kok, terus apa selanjutnya?’ hehe.

Gini temen-temen, inget ga, waktu Yesus lahir, di kisah kelahiran Tuhan Yesus di Injil Matius, orang Majus dateng bawa persembahan mereka, apa aja tuh? EMAS, KEMENYAN, DAN MUR! Kisah ini mungkin uda sering didengar ato bahkan ampe hafal di luar kepala… Terlepas dari apa arti dari tiap-tiap persembahan yang dibawa tiga orang ini, saya cuma mau tekenin, mereka kasi persembahan yang terbaik! Harganya juga klo pake nominal sekarang ga seratus dua ratus ribu rupiah, pokoknya mahal!

Ini yang jadi perenungan saya. Ini nih, yang bikin saya sedih kemaren waktu saya ‘kehilangan’ arti Natal saya.. Perayaan Natalnya mungkin rame, belum lagi ditambah sama hiruk pikuk suasana Natal di luar gereja (di mal atau pusat perbelanjaan lainnya) tapi saya ngerasa kosong. Sepi.
Saya tau Yesus mati buat saya, saya terharu ada yang mau mati buat saya, padahal saya yang salah… Tapi, saya ngelewatin Natal gitu aja, tanpa ada persiapan hati! Tanpa hadiah!!! Saya ga pernah bener-bener kasi hadiah saya buat Dia! 

Temen-temen, Tuhan Yesus ga minta kita kasi hadiah emas, kemenyan, atau mur buat Dia… Simpel aja, Tuhan minta kita persembahin HIDUP kita sebagai persembahan kita yang terbaik!
Roma 12:1 

“Karena itu demi kemuliaan Allah aku menasehatkan kamu supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus, dan yang berkenan kepada Allah. Itu adalah ibadahmu yang sejati.”

Kalau Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari nyatain ayat yang sama demikian:

Saudara-saudara! Allah sangat baik kepada kita. Itu sebabnya saya minta dengan sangat supaya kalian mempersembahkan dirimu sebagai suatu kurban hidup yang khusus untuk Allah dan yang menyenangkan hati-Nya. Ibadatmu kepada Allah seharusnya demikian.”

“Eit, eit, itu dibilang simpel??? Itu ga simpe tau!!”
Mungkin ada yang ngejerit kaya gitu, tapi temen-temen, ketika temen-temen percaya temen-temen udah ditebus, hidup kalian itu bukan milik kalian lagi, tapi Yesus. Inget lagu:
 “Hidupku bukannya aku lagi, tapi Yesus dalamku.
Hidupku bukannya aku lagi, tapi Yesus dalamku.
Yesus hidup, Yesus hidup dalamku.
Hidupku bukannya aku lagi, tapi Yesus dalamku.”
Lagu yang simpel, tapi maknanya dalam.
Gimana caranya??
Caranya, ada dalam ayat selanjutnya, Roma 12:2, bunyinya:

“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”

Perubahan. Bahasa kerennya, transformasi. Hehe…
Perubahan kaya gimana? Berubah jadi lebih baik tentunya. Berubah dari dosa dan kebiasaan buruk yang melukai hati Tuhan. Itu kado yang sangat indah tentunya  Saya mau kayak gitu. Dan saya sekarang lagi persiapin kado pribadi saya buat Tuhan. Buat saya pribadi, itu emang ga gampang teman-teman. Tapi, saya tau saya bisa di dalam Tuhan!
Filipi 4:13 menyatakan demikian:

“Segala sesuatu dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku!”

Saya percaya dan saya imani itu.

Jadi, mulai dari sekarang, persiapkan hati teman-teman, kira-kira apa ya bentuk kado teman-teman buat Yesus? Kado dari hidup teman-teman yang bisa membuatNya tersenyum lebar  Yang jelas, kado dari orang yang satu tentu berbeda dengan kado dari orang yang lain. Sediakan waktu juga untuk itu, buat komitmen di hadapan Tuhan, dan minta Tuhan Yesus bantu temen-temen wujudkan pemberian kado itu buat Tuhan. Tuhan ga akan pernah biarin kita jatuh dalam proses itu. Tuhan ga akan pernah ninggalin kita.

Dan lagi, ga usah ikutan pusing dengan hiruk pikuk Natal yang mungkin mengusik dan menyebabkan Natal kehilangan makna sebenarnya. Ga perlu ikut-ikutan sibuk heboh yang ga perlu. Sekali lagi, Tuhan Yesus cuma ingin satu hal, hidup kita. Tuhan ngeliat hati kok (lih. 1 Samuel 16:7c).
Yuk, mulai persiapin KADO TERBAIK kita buat Dia, karena Dia juga udah kasi KADO yang TERBAIK buat kita juga :D
Tuhan memberkati ^____^

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^