Wednesday, March 5, 2014

Tanda Jodoh (Part 2)

by Grace Suryani

Guys, jujur … gue bener-bener ngga nyangka kalo notes yang Tanda Jodoh (click HERE to read)banyak memberkati temen-temen. Kaget bgt ngeliat banyak sekali yang like. :p Padahal tadinya kepikir buat bikin itu spontan aja. Dari beberapa email yg masuk, ada beberapa yang cerita soal ‘tanda-tanda’, en itu bikin mereka bingung. Setelah gue baca, amati en dari pengalaman gue sendiri dulu, gue ngerasa ada sesuatu yang ngga bener. Tanda-tanda begitu lebih banyak bikin orang bingung en malah jadi bisa menyebabkan orang kehilangan tuntunan Tuhan yang sebenernya!! En karena itu gue kepikir utk nulis notes yang “Tanda Jodoh”. 

Kali ini gue pengen share dgn sedikit lebih dalem kenapa sebaiknya kita menghindari minta tanda-tanda semacem itu (“Kalo dia beneran jodoh gue, tolong supaya dia telpon gue/ dia ke rumah gue/ dia ngajar gue ke gereja/ dia muncul di gereja pake kemeja pink etc”). 


1. Tanda2 itu tidak valid.
Kenapa gue bilang sering kali tanda-tanda begitu ngga valid? Gini guys, kalo misalnya ada obat baru yang mau diujikan ke manusia. Obat itu pasti di test berulang kali kan di laboratorium. Nah menurut loe org kira-kira test2 yang obat di jalani yang kayak apa? Tentunya test-test yang pada akhirnya bisa membuktikan obat ini efektif ngga, ada efek sampingnya ngga, kira2 mesti dikasih takaran berapa, etc. 

Nah, seringkali kalo org minta tanda-tanda, itu tanda yang diminta BUKAN tanda utk Mengukur karakter seseorang. Tapi lebih ke arah utk memenuhi keinginan kita sendiri. Contohnya, kenapa tanda yang paling sering diminta itu, “Tuhan, kalo dia emank jodoh gue, tolong supaya dia telpon/sms gue hari ini?”, kenapa? Kalo mo jujur guys, itu karena sebenernya kita sendiri PENGEN ngobrol ama co/ce itu, tapi kita malu/gengsi/jaim. So jadilah Tuhan yang kita ‘suruh’ memenuhi keinginan hawa nafsu kita. >.< Jujur deh gals, sekalipun kita belon naksir ama co itu, tapi kalo di telpon tiap hari kita seneng juga kan? Gue rasa krn itu tanda yang paling sering diminta adalah itu. “Tapi, abis itu di telpon dia ngajakkin gue ke gereja/PD/pelayanan/PA/ Doa malam/ mezbah doa/dkk kok …” Guys … tingkat kematangan rohani seseorang ngga cukup dengan hanya diliat dari dia ngajakkin kita ke gereja/PD/Pelayanan/Choir/Pelawatan/ etc. Kita bakal bahas ini bentar lagi. :P 

Seringkali tokoh Alkitab yang sering diidentikkan en dijadikan panutan untuk minta tanda adalah Gideon dgn bulu dombanya. But perlu diinget Guys, Gideon minta tanda bukan utk urusan jodoh! Tapi utk pergi berperang!!! :p Sebenernya ada 1 org yg ketika pernah minta ‘tanda’ soal urusan perjodohan. Orang itu adalah Eliezer. Pelayan Abraham. “Nah, grace, BOLEH DONKSSS minta tanda juga?!?!!”, Well, mari kita liat guys. Sebenernya seperti apa ceritanya. 

“Lalu berkatalah ia: "TUHAN, Allah tuanku Abraham, buatlah kiranya tercapai tujuanku pada hari ini, tunjukkanlah kasih setia-Mu kepada tuanku Abraham. Di sini aku berdiri di dekat mata air, dan anak-anak perempuan penduduk kota ini datang keluar untuk menimba air. Kiranya terjadilah begini: anak gadis, kepada siapa aku berkata: Tolong miringkan buyungmu itu, supaya aku minum, dan yang menjawab: Minumlah, dan unta-untamu juga akan kuberi minum--dialah kiranya yang Kautentukan bagi hamba-Mu, Ishak; maka dengan begitu akan kuketahui, bahwa Engkau telah menunjukkan kasih setia-Mu kepada tuanku itu. Sebelum ia selesai berkata, maka datanglah Ribka, yang lahir bagi Betuel, anak laki-laki Milka, isteri Nahor, saudara Abraham; buyungnya dibawanya di atas bahunya.”
 Kej 24 : 12-15. 

Guys, tanda yang diminta itu bukan sembarangan tanda. Tapi itu sebenernya meminta Tuhan untuk menunjukkan karakter dari wanita tersebut, yaitu mau melayani en bersedia melakukan LEBIH dari yang diminta. Eliezer cuman mau minta minum, tapi gadis itu diharapkan mau melakukan lebih, memberi minum semua unta Eliezer. Btw guys, unta tuh ye kalo minum bukan 1-2 cangkir kali … tapi beberapa ember!! So itu pasti butuh kerja keras. 
Nah, coba kita check sendiri, selama ini tanda-tanda macam apa yang kita minta? Tanda yang membuat kita lebih bisa mengenal karakternya kah? Atau tanda-tanda yang cuman untuk memuaskan keinginan kita ngobrol dgn dia, ketemu dgn dia, jalan brg dgn dia (Sekalipun dibalut dgn aneka kedok rohani model pelayanan etc)? 

2. Tanda2 itu NGGA Membuat kita makin dekat dgn Tuhan 
Seringkali, tanda2, bahkan yang seolah-olah dijawab, bukannya membuat kita tambah deket sama Tuhan tapi justru membuat kita lebih banyak bertanya-tanya dalam hati, “Ih iya kah? Benar kah? Wah ternyataa …”.

Guys, kalo Tuhan memimpin kita lewat pertanda-pertanda, Dia ngga akan kasih Alkitab. Dia kasih DADU buat kita. Kalo Jumlahnya genap iya, kalo jumlahnya ganjil, tidak. Kalo angkanya lebih besar dari 3 berarti boleh, kalo lebih kecil dari 3 berarti ngga boleh. Tuhan ngga kasih kita dadu, Tuhan kasih kita Alkitab! Kenapaa? Karena kekristenan itu sebenernya bukan bicara “Boleh tidak boleh”, “Iya atau tidak”. Kekristenan itu bicara soal hubungan … Tuhan ngga menginginkan hubungan sedangkal “Boleh tidak boleh”. Tuhan ingin ada dialog dgn kita. Tuhan ingin kita mengerti hati-Nya. Hubungan model "Boleh- tidak boleh" itu model hubungan Bos-Kuli. Sedangkan hubungan yang Tuhan mau itu hubungan yang dekat, hubungan antara Bapa dengan Anak, Suami dgn Istri, yang tentu saja lebih dalam dari sekedar "Boleh-tidak boleh" Karena itu Tuhan kaish surat cinta buat kita setebal 2000an halaman. Bukan buku manual yang isinya cuman point2, atau sehelai kertas berisi cara mengetahui kehendak Tuhan. Kehendak Tuhan hanya bisa diketahui lewat hubungan yang akrab. Hubungan yang dekat. So kalo kita cuman mau deket ama Tuhan hanya sebatas biar dapet jodoh, en cuman berdoa untuk minta tanda-tanda, bertobatlah …. :p Duh guys, semua yang Tepen bisa kasih ke gue itu ngga ada seujung kukunya dibanding dgn semua yang TUHAN dah kasih buat gue. Bukan krn Tepen ngga kasih apa2 buat gue, dia kasih banyak hal tapi kalo itu dibandingin ama Babe … jauhhhhhh. :p 

So kalo kalian cuman mau deket ama Babe hanya demi jodoh guys, kalian yang rugi!! Serius. Itu kayak lebih milih makan gorengan di pinggir jalan padahal benernya loe bisa makan all you can eat di Shangrilla gratis!!

*** 
Kalo kayak gitu, mesti gimana donks? Misal ada cowok yang potential banget neh … Trus kalo jangan minta tanda gue mesti gimana donks? 

1. Jalin hubungan yang intim dgn Babe 
Tanpa hubungan yang deket ama Babe guys, bakal susah buat jalin hubungan yang sehat.

2. Selidiki
So drpd minta tanda-tanda lucu bin aneh, mending kita minta Tuhan bukakan mata kita supaya kita bisa ngeliat kekurangannya, cara dia memperlakukan keluarganya, siapa teman-teman dekatnya, bagaimana hubungannya dgn Tuhan, apa pandangannya soal tujuan idup (kalo dia ngga punya tujuan idup, LUPAKAN SAJA!!), cara dia bekerja, prioritas hidupnya (dia lebih mengutamakan Tuhan atau games online?), cara dia mengatur waktu,etc. Singkatnya hal-hal yang bisa membuat kita tau karakternya en bisa membuat kita berpikir, “Apa org kayak gini yang gue pengen buat jadi ayah/ibu anak-anak gue??” 

3. Tanya pendapat ortu 
Tanya pendapat mereka bahkan SEBELON loe menembak/ menerima. Kenapa? Bukannya ortu mah entar aja kalo kita dah mantep? Guys … loe bisa tau dari mana sih kalo loe dah mantep? Ukurannya apa? Ortu kita itu org2 yang sangat pengen yg terbaik buat kita. So mereka org2 yg ada di pihak kita! Sekalipun mereka belon percaya. Lagian guys, kalo loe org udeh jalan dulu trus baru tanya ortu en ortu ngga setuju, itu bakal lebih berat dan menyakitkan. So if you really love him/her, ask ur parents first!! So guys, banyak hal berguna yang lebih valid untuk dijadikan dasar pertimbangan kita! Jadi daripada minta tanda-tanda ngga jelas, mending habiskan waktu baca Alkitab, denger khotbah maupun menyembah Tuhan! Gbu guys! :D 


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tentang penulis




Grace Suryani Halim

A happy wife. Mother of two. Beloved daughter of Almighty God. Loves to read, write, learn, cook, bake, and talk. 

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^