Friday, June 29, 2018

Doa Seorang Ibu


by Sarah Eliana

Seperti kebanyakan ibu, aku bermimpi dan berdoa agar anakku menjadi orang yang sukses. Wajar sekali kan? Ibu mana yang today ngga berdoa seperti itu? Ya ngga? Anyway, doa tentang anakku ini bikin aku ingat dulu ketika aku berdoa tentang pasangan hidup. Salah satu nasihat yang masih kuingat adalah nasihat Oma. Oma bilang, sebagai seorang lajang, aku tidak seharusnya fokus pada daftar kriteria "nanti suamiku harus begini, begitu, begonoy, and begetong," tapi sebaliknya, aku harus fokus pada membentuk diriku menjadi wanita yang berkenan di hadapan Allah. Nah, sama prinsipnya dengan berdoa untuk anak. Daripada fokus pada doa tentang anakku harus begini dan begitu, aku belajar berdoa tentang pembentukan diriku menjadi ibu yang Tuhan inginkan. 

Inilah doaku...
Saat panggilan sebagai seorang ibu aku terima, tolong aku menjadi Ibu yang Engkau kehendaki untuk jiwa- jiwa berharga yang Kau anugerahkan kepadaku. 
Tolong aku menjadi seperti Sarah yang taat pada suaminya, tanpa keluhan dan sungut-sungut, kemanapun Engkau memerintahkan Abraham, suaminya, pergi. Biarlah ketaatanku menadi teladan bagi anak-anakku, Tuhan, agar mereka belajar until taat kepada-Mu. Inilah mimpiku yang terbesar: mereka mengenal, menghormati, takut dan mencintai-Mu, Bapa. 
Tolong aku menjadi seperti Hana yang mau mempersembahkan anaknya, Samuel, untuk melayani-Mu. Kemanapun Tuhan suruh mereka pergi, ke pelosok hutan di Afrika atau jajaran pelaku korporasi, tolong aku until mendukung dan menyemangati mereka. Ajar aku mengerti bahwa kemana mereka Kau panggil untuk pergi, itu Karena Engkau tahu disanalah tempat mereka bisa lebih dekat kepada-Mu. Ajar aku tidak fokus kepada menjadi APA anak-anakku, tetapi menjadi SIAPA mereka di dalam Tuhan. Jangan biarkan aku menjadi Ibu yang yang mendorong mereka menjadi pemimpin, disaat Tuhan ingin mereka menjadi pengikut. Yusuf bukanlah pemimpin yang hebat, tapi dia diberi anugerahkan terbesar sebagai pria yang membesarkan Pangeran Surgawi. Yusuf adalah tukang kayu sederhana yang hidupnya hanya ingin memuliakan-Mu, dan Engkau menghargainya karena itu. Tolong aku, Tuhan, agar tidak mendorong anak-anakku menjadi CEO, pengacara, dokter, ilmuwan, jika yang Engkau kehendaki dari mereka adalah hidup sederhana yang memuliakan nama-Mu. Bukan namaku Tuhan yang utama, melainkan nama-Mu saja. Tolong aku, tolong aku menyerahkan mimpi-mimpiku dan memberi ruang bagi mimpi-mimpi-Mu untuk mereka... APAPUN itu. 
Tolong aku menjadi seperti ibu Raja Lemuel yang mengimpartasikan hikmat Surgawi bagi anaknya. Ajar aku hanya membuka mulutku untuk mengucapkan berkat Dan semangat, khususnya bagi keluargaku. Bungkam aku, Tuhan, jika perkataanku terus menjatuhkan suami dan anak-anakku. Biarlah bibirku menjadi sumber perkataanku kasih, semangat, dukungan dan doa bagi keluargaku, Bapa. 
Tolong aku menjadi seperti Debora, yang berperang penuh keberanian bagi Israel. Akan selalu ada peperangan yang harus diperjuangkan saat membesarkan anak-anak. Mungkin peperangan itu adalah memenangkan anak-anak yang ingin menjauh dari Engkau atau melepaskan mereka dari ikatan dosa tertentu. Ingatkan aku terus, Tuhan, bahwa tidak seorangpun sempurna, termasuk anak-anakku. Jangan biarkan aku menuntut mereka menjadi sempurna, tapi ajar aku untuk berperang bagi mereka dalam doaku. Biarlah gambaran ibu yang berlutut dan berdoa adalah gambaran yang mereka ingat tentang aku. 
Tolong aku menjadi seperti Maria yang duduk dengan setia di kaki-Mu untuk mendengarkan Firman-Mu. Biarlah aku menjadi teladan bagi anak-anakku tentang apa artinya tertanam dalam perkataan-Mu. Biarlah aku menaruh Firman-Mu dalam hati dan pikiranku, mengikatkannya sebagai tanda pada tangan dan dahiku. Biarlah aku mengajarkannya pada anak-anakku, membicarakannya saat mereka duduk dan berdiri, saat mereka tidur dan bangun. 
Ajar aku, Tuhan, bahwa anak-anakku bukanlah semestaku. Ingatkan aku bahwa Engkaulah yang terutama. 
Tolong aku agar tidak mngedampingkan suamiku, tapi Makin mencintainya setiap Hari, sehingga anak-anakku melihat dan mengalami seperti apa pernikahan di dalam-Mu.
Biarkan aku belajar bahwa aku tak punya kekuatan tanpa-Mu, Tuhan. Biarlah aku memuliakan-Mu untuk setiap hal baik yang terjadi dalam hidup anak-anakku. Biarlah aku tidak menyombongkan diri tentang kesuksesan mereka. Biarlah aku bermegah hanya di dalam-Mu. 
Tolong aku, Tuhan, menjadi Ibu yang berkenan di mata-Mu, bukan agar anak-anakku menjadi orang sukses, tapi supaya mereka tumbuh menjadi anak-anakku laki-laki dan perempuan yang menyenangkan Engkau karena itulah kesuksesan sejati. Biarlah nama-Mu dimuliakan di dalam dan melalui hidup mereka karena itulah tujuan mereka diciptakan.

"Anak-anaknya bangun dan menyebutnya berbahagia”
(Amsal 31:28)


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dear Abba Father, 
When the calling of motherhood is bestowed upon me... help me to be the kind of mother You want me to be for those precious gifts you are giving us.  
Help me to be like Sarah the submissive wife who without complaints and grudge went wherever You called her husband Abraham to go. May my submission be an example to my sons and daughters, Lord, that they too learn to be submissive to You. This is my highest dream for them that they come to know, respect, fear, and love You, Father.  
Help me to be like Hannah who so willingly gave up her son Samuel to Your service. Whether You want to put them in the deep jungle of Africa or the crazy jungle of corporate ladders, Lord, help me to support and encourage them. Teach me to understand that wherever they are called to go, it is because You know that's exactly where they can bring others closer to you.Teach me NOT to focus on WHAT my children can be, Lord, but WHO they can be in Christ. Don't let me push them to be leaders if what You want for them is to be followers. Joseph was no great leader, and yet he was given the highest honor to be the man who brought up the Prince of Heaven. Joseph was a humble carpenter whose life simply was to honor You, and because of that You honor him. Oh teach me, Lord, not to push my children to be CEOs, lawyers, doctors or rocket scientists if what You want from them is a humble life that glorify YOUR name. Not mine, Lord, not my name, but YOURS ALONE! Help me... help me give up my dreams for them to make room for YOUR dreams for my children, Lord... WHATEVER Your dreams for them are.  
Help me to be like the mother of King Lemuel who imparted godly wisdom to her child. Lord, please teach me to ONLY open my lips when what I want to say will bless and encourage others, especially my family. Strike me mute, Lord, if I constantly bring my husband and children down with my words. May You use my lips as the source of words of love, encouragement, support, and prayers for my family, Father.  
Help me be like Deborah, Father, who so courageously fought Israel's battles There will be battles to be fought, I know, when raising children. Some of them might want to stray away from Your Word, Father. Some might struggle with certain sins, and yet some others might struggle with insecurity or a certain obsession. Constantly remind me, Father that nobody is perfect, including my children! Don't let me expect them to be perfect, Lord, but teach me to fight those battles for them in my prayers.May the image of a mother who kneels and prays for my husband and children be what they remember me for, Father. 
Help me to be like Mary who sat down ever so faithfully at Your feet to listen to Your Word, Lord. May I be an example to my children of what it means to be planted in Your word, Father. May I fix Your words in my heart and mind; tie them as symbols on my hands and bind them on my forehead. May I teach them to my children, talking about them when we sit at home and when we walk along the road, when we lie down and when we get up.  
Teach me, Father, that my children are NOT my universe. Constantly remind me that YOU are my number 1. 
Help me NOT to kick my husband to the sideline, but to love him more and more each and every single day that my children will experience and know what a godly marriage is all about.  
May I learn that I am powerless without You, Abba Father. May I give glory for every good things that come into the lives of my future sons and daughters. May I not boast about their successes. May I boast in YOU only, Lord =)  
Help me, Father, to be a godly mother NOT so that my children be successful but so that they grow up to be men and women after Your own heart because that is the true success. May YOUR name be glorified in and through their lives because that is the purpose of their creation.

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^