Friday, June 22, 2018

Spiritual Refreshment


by Lia Stoltzfus

Much prayer, much power.
Little prayer, little power.
No prayer, no power.

Itu yang saya rasain, babak belur jatuh bangun kalo saya gak mulai hari saya sama Tuhan. 

Saya bisa gampang ‘irritated’ dan juga emosional banget, gak sabaran khususnya kalo kudu deal sama ketidaktaatan anak-anak dan kalo udah gak sabaran, emosi, marah, fyiiiuh... biasanya end up dengan perasaan guilty yang melekat erat di hati kayak ditempel lem aica aibon. Ngerasa jadi emak yang gagal dan bukan mama yang baik.

Orang pikir saya punya disiplin rohani yang baik tapi mereka gak tau betapa saya juga bergumul untuk punya kehidupan doa dan juga lively personal devotions. Saya gak bergumul soal bangun pagi, I am a morning person and early riser. Bangun di antara jam 4-5 pagi itu sudah jadi kebiasaan buat saya sejak saya masih single. Tapi saya bergumul untuk: gak buka facebook or blog or email sebelum saya buka Firman Tuhan, bergumul untuk ‘kendaliin’ pikiran saya (baca: FOKUS) selama saya baca Firman, bergumul buat gak ‘nyasar’ kemana-mana kalo lagi ambil waktu buat ngerenungin Firman dan pikir gimana caranya saya bisa apply Firman dalam hidup saya sehari-hari. Bergumul... bergumul... bergumul, kadang menang, kadang juga gagal, tapi saya gak mau nyerah. Yah, saya juga ngalamin waktu-waktu dimana saya gak merasa haus dan lapar akan Tuhan. I don’t desire God anymore dan saya tau kalo saya kaya gitu, artinya ‘alarm’ uda kelap-kelip, spirit saya tentu saja super duper weak dan saya kudu buru-buru BERTOBAT! 

Tahun 2013 saya banyak pengalaman pribadi yang indah sama Tuhan tapi ada juga hal-hal yang saya GAK PUAS dalam hubungan saya sama Dia. Saya tau banget hubungan saya sama Tuhan itu SANGAT MEMPENGARUHI hubungan-hubungan lainnya, kalo saya gak deket sama Tuhan yang paling bisa rasain efek negatifnya tuh suami dan anak-anak saya. Begitu sebaliknya, kalo saya INTIM sama Tuhan, mereka juga yang paling rasain ‘manis’-nya mama mereka *hahaha, madu kaleee* 

Semakin lama jadi mama, semakin saya sadar kalo saya bener-bener butuh kekuatan dan hikmat dari Tuhan buat jalanin fungsi saya. KEKUATAN dan HIKMAT Tuhan itu kita dapatkan lewat Firman Tuhan. Baca Alkitab doang gak cukup, kudu ngerenungin, bahkan juga kalo bisa hafalin, perkatakan dan juga tentunya praktekkan Firman Tuhan tersebut. Bagian kita adalah baca... baca... baca..., renungin dan praktekkin. YES, sebisa mungkin kita kudu ‘store’ Firman Tuhan di dalam hati kita, nanti Roh Kudus yang memberikan rhema. Rhema adalah FIRMAN yang ‘dihidupkan’ Roh Kudus sesuai dengan SITUASI yang kita hadapi untuk menjawab ‘KEBUTUHAN’ kita. 

So inilah yang saya lagi berusaha untuk terus bangun secara konsisten: 
  • Saat teduh pagi secara pribadi (doa dan baca Firman) jadi hal yang diprioritaskan sebelom lakuin yang laen. 
  • Hafal minimal 1 ayat selama seminggu dan coba renungin secara khusus ayat tersebut sepanjang minggu. 
Here are some practical tips or ideas to establish consistent devotions and prayer life and develop your relationship with God: 
1. Wake up earlier before the kids wake up
Pagi hari adalah waktu yang paling baik buat saya sebelum pikiran saya penuh dengan banyak hal dan terlalu lelah untuk ‘berpikir’. When I start my day with God, it makes me more ready to face the day! Saya itu cukup ‘kejar-kejaran’ sama anak-anak karena anak-anak saya early risers juga, mereka bangun di antara jam 5.15 - 5.45 pagi! Sebelum mereka bangun saya berusaha udah selesai saat teduh, tapi yah gak selalu kayak gitu juga, kadang saya capeeek sekali, rough nights karena baby ngalamin growth spurts dan more frequent night feeding bikin saya bangun telat. Makanya kalau ada anak yang udah bangun, saya ajar mereka untuk main sendiri (quiet time). Yang pasti, don’t be too hard on yourself if you feel like you aren’t spending a lot of time in personal devotions. Fasenya emang udah beda, gak bisa kayak single dulu yang bebas tengkurepan baca Firman dan ngejurnal saat teduh sampe lama. Just make sure, start your day with GOD lewat doa ucapan syukur dan baca Firman-Nya. However, ada orang-orang yang lebih alert di waktu malam, artinya lebih demen ambil waktu saat teduh pas malem habis anak-anak tidur, silahkan saja tapi tetep start your day with God lewat doa, menyadari keterbatasan dan kebergantungan kita akan Tuhan. 

2. Singing throughout the day
Usahain kerjaan rumah kayak nyuci piring, masak, ngepel or even waktu nursing the baby dikerjain sambil nyanyi nyembah Tuhan. Singing is a form of worship. Orang yang nyanyi memuji Tuhan gak bakalan jadi org yang ‘grumpy’. Coba deh, setiap rasanya pengen marah-marah, ada hal yang bikin jengkel or ngerasain burden yang begitu kuat, start to sing out loud! It is hard to sing and continue to be grumpy.

3. Put a Bible in the bathroom
Manfaatin waktu terutama pas lagi ‘nongkrong’ di WC, hehe, buat feeding your spirit. Steal time to catch up your bible reading. Saya juga taruh selembar kertas setiap minggu yang saya tulis ayat hafalan untuk saya baca dan renungkan mendalam pas saya di kamar mandi. 

4. Taruh buku rohani deket ranjang, jadi pas ‘ngelonin’ anak bobo bisa sambilan baca buku
Baca buku rohani berguna banget buat nambahin pemahaman kita sama Firman Tuhan. Banyak orang ngga suka baca dengan alasan mereka ngga punya waktu. Nah, daripada bengong waktu ngelonin anak, mending curi-curi waktu yang ada buat baca. 

5. Download mp3 kotbah dan dengerin pas lagi nyetrika baju
Seri khotbah favorit yang saya dengerin berulang2 tiap taon adalah the Godly Home Series by Denny Kenaston. Khotbahnya bisa di-download di sini

6. Pray anytime. 
Anytime means anytime. When folding the laundry or washing the dishes, we can pray for people who come into our mind or kadang bisa juga pelan-pelan berbahasa roh membangun iman kita. Kita juga bias berdoa pas malem-malem susah tidur, kebangun tanpa alasan ato juga waktu menyusui anak. Selain itu, ambil waktu buat mendoakan orang lain waktu doa ngucap syukur buat makanan. Babe mertua saya kalo mimpin doa buat ngucap syukur pas meal time selalu ambil waktu buat doain orang lain juga (buat mereka yang sakit/ngalamin kesusahan/ada pergumulan khusus) gak heran anaknya (baca: suami saya) juga kayak gitu ;p Yah, hal ini jadi momen yang bagus buat bikin sekeluarga juga jadi doain orang lain.

7. Tulis ayat Firman Tuhan pake dry erase marker di pojok kaca
Intinya sih, tulis Firman Tuhan di tempat-tempat yang sering kita lihat. Biarkan otak kita di-expose dengan Firman. Kalau di kaca kan tiap kali ngaca (hehe...) bisa sambil baca tuh Firman. Gak hanya Firman Tuhan aja sih, bisa aja tulis: "I need You everyday, Lord." Asiknya, tulisannya bisa diganti-ganti, kan tinggal diapus doang. 

8. Subscribe email buat langganan ‘makanan rohani’
Contohnya ini: httapi://www.cfcindia.com/web/mainpages/word_for_the_week.php. Kalo subscribe, stiap minggu bakalan dikirimin ‘word of the week’. Selama 3 tahunan ini saya dibangun lewat baca ginian tiap minggu. 

9. Gunakan alarm HP untuk pengingat buat berdoa
Dulu pas masih single saya suka set alarm di HP setiap jam 12 dan jam 3 sore buat pengingat doain anak-anak komsel, anak binaan dan juga keluarga yang belum kenal Tuhan. Sekarang udah jadi mama tentunya saya kudu sering nabur doa buat anak-anak saya dong ya... Tiga unyil yang Tuhan udah percayain kepada kami. Pagi pas family devotions sih selalu doain anak-anak tapi abis itu udah enggak lagi, hehehe... Cuma sekarang saya pake ‘azan’ (panggilan sholat buat orang muslim) sebagai pengingat buat saya doain anak-anak saya, hehe... Jadi tiap kali denger azan, I whisper a prayer to heaven for my kids salvation.

Menjaga hubungan pribadi dengan Tuhan bukan hal yang susah kalo kita punya hati yang mau. Be creative aja cari cara-cara yang bikin kita enjoy tiap hari jalan sama Tuhan. Yuks, kita bertumbuh bareng-bareng tahun ini, saling mengingatkan dan mendukung untuk makin deket sama Tuhan. Amin! 

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^