Monday, June 4, 2018

Gimana Caranya Ngobrol dengan Tuhan?


by Grace Suryani Halim

Punya hubungan yang deket ama Tuhan, bisa ngobrol ama Babe en bisa TAHU apa maunya Babe itu sebenernya sesuatu yang Babe rindukan! En Dia pengen punya hubungan yang begitu dekeeett sama SEMUA anak-Nya, bukan cuman sama segelintir doank.

Nah kalo gitu Babe juga pengen deket sama semua anak-Nya kenapa banyak yang rindu ngobrol dengan Babe tapi kagak ngerasa dijawab? Apakah Babe pilih kasih? Kagak lah yaa.

Temen-temen yang kirim email ke gue biasanya gue kasih 2 pertanyaan.
1) Kalo hari ini loe meninggal, kira-kira loe bakal masuk mana?
2) Kalo loe yakin masuk surga, en tiba-tiba ada suara menggelegar di depan pintu Surga yang bilang, “Kenapa AKU (Allah) harus mengizinkan kamu masuk surga?,” apakah jawab saudara?

(yang pengen bisa ngobrol ama Babe en belon pernah jawab pertanyaan ini silahkan dijawab dulu! Baru lanjut baca sampe habis)

***

(dah dijawab? Kalo belon jawab dulu gih!)

***

(hayoo kalo belon jawab ngga boleh ngintip!!)

***

(dah yakin?!)

***


Oke… Sebelon gue kasih tau jawabannya, gue mo jelasin dulu kenapa gue kasih 2 pertanyaan yang sepintas jaka sembung kagak nyambung dengan topik ngobrol sama Babe? Well, sebenernya justru jawaban dari pertanyaan itu lah yang akan kasih tau kalian sendiri KENAPA kalian belum bisa ngobrol ama Babe en kalo doa kayaknya mentok di atap genteng mulu.

Itu semua bermula dari nenek moyang kita, Adam dan Hawa. Semua pasti taulah ceritanya, itu Adam dan Hawa makan buah yang dilarang Babe en jadilah diusir dari Surga.

Ada 1 ayat yang pengen gue bagikan,

“Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."
(Kejadian 2:16-17)

Singkat cerita Adam dan Hawa ngga nurut, mereka makan buah itu. Nah pertanyaannya, sehabis mereka makan buah itu, apakah Adam dan Hawa mati??

Ternyata NGGA! Kalo Adam dan Hawa langsung mati, kagak ada kite donks! Lah kalo Adam dan Hawa ngga mati berarti… Tuhan BOHONG??

Nope. Babe kagak mungkin bohong. So pada waktu Adam dan Hawa makan buah itu, mereka MATI secara Rohani. Apa maksudnya mati secara rohani? Hubungan mereka dengan Allah hancur, rusak dan sama sepeti orang mati, mereka tidak bisa berkomunikasi dengan Allah seperti sebelumnya. Ada rasa takut, ada rasa malu, ada rasa ngga layak.

En karena kita semua keturunan Adam dan Hawa, Alkitab jelas-jelas bilang bahwa,

“Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,”
(Roma 3:23)

Maksudnya, kita semua BERDOSA, kita semua MATI en kita semua kehilangan kemampuan bersekutu dengan Allah.

Itulah sebabnya kenapa banyak dari antara kita pengeeennn bener ngobrol ama Tuhan tapi kagak bisa. Kenapa? Karena kita manusia berdosa dan kita dalam kondisi MATI. Orang mati mah kagak bisa diajak ngomong!

Trus gmana donks? Berhubung Babe kita itu Allah yang MAHA KASIH, Dia akhirnya membuat rencana untuk mendamaikan kita dengan Dia. Dia buat rencana gimana supaya kita bisa ngobrol lagi dengan-Nya. Yaitu dengan mengirim Yesus Kristus turun ke dunia (yg kelahirannya baru saja kita rayakan pas Natal) en akhirnya mati di kayu salib buat menebus dosa.

“Lah kalo Yesus dah lahir, dah mati buat kita, urusan beres donks! Tapi kenapa gue masih juga kagak bisa ngobrol sama Babe?”

Yup, dengan kematian Yesus di kayu salib, Babe udeh menyediakan jalan keluar supaya kita bisa lagi ngorbol sama Babe. Tapi… Ada 1 hal yang harus kita lakukan, yaitu mengakui bahwa kita manusia berdosa, kagak bisa masuk surga dgn usaha sendiri (berbuat bae kek, ibadah kek, pelayanan kek, persembahan kek, bahkan jadi pdt pun kagak bisa bikin kita masuk surga!), en kita menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi. Itu yang harus kita lakukan.

Ibaratnya nih ya, Babe dah sediain jalan di depan mata, kalo kita mo lewat jalan itu, kita bisa ketemu Babe tapi kalo kita ngotot mo pake jalan kita sendiri, yah bye-bye kamsia! Kagak bakal ketemu Babe.

Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku."
(Yohanes 14:6)


Nah di sini biasanya muncul pemikiran,

“Gue dah Kristen sejak kecil. Bokap nyokap Kristen, gue juga dah pelayanan kok! Aktif malah.”

Alkitab bilang bukan orang Kristen yang masuk surga!! Bukan orang pelayanan yang masuk surga! Tapi orang yang mengaku dengan MULUT bahwa Yesus adalah Tuhan dan percaya dalam hati bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati.

"Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan" (Roma 10:9-10)

Di sini banyak orang Kristen cilaka. Mereka pikir mereka masuk surga karena mereka ke gereja dan pelayanan… Padahal ternyata seumur hidup mereka, mereka belum pernah sekalipun mengaku dengan mulut dan percaya dalam hati bahwa Yesus adalah Tuhan. Ngomong sering, tapi belon pernah bener-bener mengakui bahwa dirinya orang berdosa dan butuh Tuhan Yesus sebagai juruselamat.

*Guys, kalo kalian diingatkan Tuhan bahwa kalian BELUM PERNAH mengundang Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi en Tuhan menggerakan kalian untuk lakukan itu, do it NOW!! Kagak perlu selesain baca tulisan ini. Buat doanya kalo bingung bisa ikuti doa ini:

Tuhan Yesus, aku menyadari bahwa aku seorang berdosa yang tidak bisa menyelamatkan diriku sendiri. Aku membutuhkan Engkau. Aku mengakui bahwa aku telah berdosa terhadap Engkau. Saat ini aku minta agar darah-Mu menghapuskan segala kesalahanku. Hari ini aku mengundang Engkau, Tuhan Yesus, mari masuk ke dalam hatiku. Aku menerima Engkau sebagai Tuhan dan Juru Selamat satu-satunya dalam hidupku. Aku percaya bahwa Engkau Yesus adalah Tuhan yang telah mati dan bangkit untuk menyelamatkan dan memulihkanku. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku berdoa. Amin*! 

Setelah lahir baru, terima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat Pribadi, baru deh kita bisa ngobrol sama Babe karena status kita sudah menjadi anak Allah, anak Babe. :D

Balik ke 2 pertanyaan di awal tadi, kenapa gue tanya 2 pertanyaan itu?

1) Kalo hari ini loe meninggal, kira-kira loe bakal masuk mana?

Cuman orang yang sudah lahir baru yang bisa menjawab dengan penuh keyakinan kalo setelah dia meninggal dia PASTI masuk surga. Coz ada jaminan keselamatan dari Babe. Kalo masih ragu2, or kurang iman, biasanya belon lahir baru. :p Silahkan kembali ke doa di atas.

2) Kalo loe yakin masuk surga, en tiba-tiba ada suara menggelegar di depan pintu Surga yang bilang, “Kenapa AKU (Allah) harus mengizinkan kamu masuk surga?”, apakah jawab saudara?

Nah dari jawabannya bisa keliatan juga, orang ini dah bener-bener lahir baru belon. Kalo jawabannya adalah Tuhan ngizinin gue masuk surga karena gue banyak berbuat baik, rajin ke gereja, pelayanan, sudah dibaptis, ini biasanya tanda2 org belon lahir baru. :p

Kenape? Karena FT jelas2 bilang,

“Karena semua orang telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.”
(Roma 3:23-24)

Kita diselamatkan hanya karena beriman kepada Yesus! Titik.

“Manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.”
(Roma 3:28)

Mungkin ada yang mikir, “Gila gampang bangeettt!!! Enak donks kalo begitu.” Alias “Mana mungkin bisa seperti itu!”

Guys, kalo ada milyuner kuaya rayaaa trus suatu hari sangking kayanya en duit kagak bakal abis buat 10 turunan, dia bilang, “Siapa yang mau uang 100 juta silahkan salamin saya 3 kali.” Trus banyak orang ngga percaya en bilang, “Ah mana mungkinnn… Kalo mo dapet duit 100 juta yah mesti kerja keras lah. Mana bisa cuman pake salaman!”

Numpang tanya, duit 100 juta itu punya kalian atau punya orang kaya itu??

Kalo duit itu punya orang kaya itu, siapa yang BERHAK menetapkan syarat buat dapet duit itu? Kalian?! Yah ngga donk. Yah orang kaya itu yang berhak. Lah wong itu duitnya dia.

Bisa ngga kalian bilang, “Ngga boleh begitu Pak! Harus kerja! Ngga boleh Gratis!”?

Yah bisa aja kalian protes begitu, tapi keputusan tetep di tangan orang kaya itu toh. Duitnya dia kok.

Demikian juga dengan Surga. Surga itu punya Allah Bapa, bukan punya kita. So kalo Allah bilang, syaratnya begini, kalian mo ngga setuju, yah silahkan. Tapi yang bisa masuk yah tentu saja orang yang ikut syarat-Nya. :p

En satu tambahan lagi, alasan kenapa surga itu kasih karunia karena... Harga keselamatan itu mahal sekali.en Babe tau kita ngga akan sanggup bayar harganya. Karena itu dibayarinlah sama Babe. Betapa pemurahnya Babe kita :D 

So singkat kata setelah berpanjang-panjang ria. Kalo kalian pengen ngobrol dengan Babe, silahkan jujur dengan diri kalian sendiri, selama ini sebenernya sudahkah kalian menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat? Sudahkah kalian mengakui dan berdoa bilang kalian orang berdosa en butuh Yesus? : )

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^