Friday, January 13, 2017

Book Review: The Dangers of A Shallow Faith oleh A. W. Tozer

Review by Glory Ekasari


A. W. Tozer adalah salah satu penulis favorit saya untuk satu alasan: dia menganggap serius ketidakseriusan orang Kristen dalam mengikut Kristus. Tozer, yang disebut 20th century prophet oleh rekan-rekan sezamannya, meninggalkan kesan yang dalam bagi orang-orang yang mengenal dia, sedemikian dalam sehingga di batu nisan kuburnya tertulis kalimat singkat: “A. W. Tozer ― A Man of God.”

The Danger of A Shallow Faith adalah tulisan Tozer yang dikumpulkan oleh James L. Snyder, dan tema yang diangkatnya merupakan kerinduan Tozer bagi semua umat Allah: “Awakening from spiritual lethargy.” Buku ini terbagi menjadi tiga bagian, masing-masing membicarakan tentang bahaya yang mengancam jemaat Tuhan, tantangan yang dihadapi jemaat Tuhan, dan cara menang dari krisis tersebut. Pembaca tidak akan menemukan apapun tentang hidup yang sukses secara materi, atau kesehatan fisik, atau penambahan jumlah jemaat gereja. Sebaliknya, Tozer mengekspos kehidupan pribadi pembacanya, hal-hal yang seringkali kita anggap remeh namun sebenarnya sangat menghambat pertumbuhan rohani kita.

Saya membaca buku ini ketika saya berada dalam krisis kerohanian. Saya mengalami apa yang disebut Tozer sebagai spiritual lethargy. Yang saya dapatkan dari tulisan Tozer bukan hiburan atau kata-kata motivasi, melainkan teguran, bahkan hardikan―dan itulah yang paling saya butuhkan. Menyelesaikan bab demi bab dari buku ini memberi saya semangat yang menyala untuk hidup sesuai dengan gelar yang saya sandang: pengikut Kristus, dan membuat saya malu dengan cara hidup saya yang santai selama ini.

Gaya bahasa Tozer sederhana dan to the point, dan pembaca akan sangat jarang menemukan kata-kata yang sulit dalam buku ini. Setiap bab ditutup dengan puisi atau himne yang relevan dengan isi bab yang bersangkutan, seolah mengajak pembaca ikut merenungkan apa yang baru saja dibaca. James L. Snyder menyesuaikan beberapa bagian agar relevan dengan keadaan abad ke-21, tetapi secara garis besar tidak ada yang diubah dari tulisan Tozer.

Judul Buku: The Danger of Shallow Faith: Awaking From Spiritual Lethargy 
Penulis: Aidan Wilson (A. W.) Tozer
Tahun Terbit: 2012
Penerbit: Bethany House Publishers
Jumlah Halaman: 219

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^