Monday, April 18, 2016

Humble of Christ

by Felisia Devi

Nah setelah kemarin mengulas tentang kesombongan, sekarang kita akan membicarakan lawan dari kesombongan, yaitu kerendahan hati. Dan pribadi yang layak kita pelajari tentang kerendahan hati adalah Tuhan Yesus Kristus sendiri,
Yesus memang segalanya ya buat kita, Dia diutus bukan hanya menyelamatkan kita tapi juga memberikan teladan bagi kita semua.

Bayangkan Ia adalah Tuhan yang menguasai seluruh jagad raya ini, tapi bersedia menjadi manusia seperti ciptaanNya mengikut proses kelahiran dikandang domba dan dibesarkan dikeluarga Yusuf Maria yang sederhana, bukan keluarga golongan imam-imam, atau ahli taurat, bukan juga dari keluarga konglomerat.

Saat melakukan pelayananNya, Yesus pun tidak berpakaian 'bagus' dan harus difasilitasi. Dalam injil diceritakan Ia pernah kelelahan, lapar, haus dalam mengerjakan pelayananNya.
Ia juga bukan melakukan pelayananNya untuk menyenangkan banyak orang, tetapi untuk menyatakan kebenaran.

Ia juga mengajarkan para muridNya, yang terbesar hendaklah menjadi yang muda dan pemimpin sebagai pelayan (Lukas 22:26). Dan juga memberi teladan dengan Ia sendiri sebagai Tuhan membasuh kaki para muridNya (Yoh 13: 1-20).

Bukti kerendahan diriNya yang paling 'wah', Ia rela disamakan dengan ciptaanNya yang penuh dengan hal yang Ia benci yaitu dosa dan Dia harus mati karena menanggung dosa itu.
Kerendahan Kristus bukti bahwa Ia sangat mengasihi manusia.

Sempet timbul pertanyaan tentang beda dengan figur yang biasa kita lihat, orang yang lahir ditengah keluarga 'berada', biasanya diikuti dengan fasilitas yang memadai. Tapi ini, Tuhan yang memiliki segala sesuatu, kenapa harus lahir dengan segala keterbatasan, kesannya Allah yang mengutus tidak memfasilitasi. Itu karena Allah mau menyatakan bahwa segala fasilitas itu bukan segala-galanya, bukan standard yang harus dikejar. Tapi kebenaran dan kehendakNya lah yang perlu menjadi tujuan utama diatas segala-galanya.


sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Ku-perbuat kepadamu.
Yoh 13:15

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^