Friday, April 8, 2016

Hal yang Tuhan benci : kesombongan

by Felisia Devi

Apa itu kesombongan?

Saya coba mencopy pendapat dari Wikipedia

Arti kesombongan

Santo Thomas Aquinas berpendapat bahwa kesombongan adalah suatu perasaan dimana manusia menilai dirinya lebih dari kenyataannya; kehendaknya sudah berlawanan dengan nalar dengan mengharapkan sesuatu yang tidak wajar, sehingga kesombongan merupakan dosa.[6] Dengan bahasa yang lugas dan berbeda, Santo Yohanes Maria Vianney menggambarkan orang yang sombong sebagai orang yang haus pujian, orang yang menunjukkan kerendahan hati palsu. Menurutnya, seseorang yang sombong selalu memperolok dirinya sendiri dengan tujuan agar orang lain semakin memujinya. Semakin seseorang yang sombong merendahkan dirinya, semakin banyak ia mengharapkan puji-pujian atas kesia-siaannya yang menyedihkan itu. Orang yang sombong memenuhikhayalannya dengan segala yang telah dikatakan orang untuk memuji dirinya sendiri, dan dengan segala daya upaya berusaha untuk memperoleh lebih banyak pujian lagi karena ia tidak pernah puas dengan pujian.[7]

Saya sendiri sebagai orang yang pernah atau seringkali 'sombong' menyimpulkan sombong berarti... fokusnya diri sendiri (pujian /bangga pada dirinya), punya pandangan /standard sendiri, punya keinginan sendiri dan selalu mempertahankannya.
Bisa sampai merasa lebih tau, lebih ngerti, lebih hebat, lebih pinter, pokoknya lebih dari Tuhan dan mungkin ini ujungnya bisa sampai merasa gak butuh Tuhan atau melawan kehendak Allah

Dari dulu hal yang Tuhan paling sebelin itu kesombongan.
Lucifer dibuang ke bumi karena kesombongannya. (Yes 14:12-14) No wonder bawaan dosa kita udah pasti ada urusan sama kesombongan, cuma mungkin kadar dan bentuknya aja beda2. ;D
Bangsa Israel Tuhan puter-puterin dipadang gurun 40tahun untuk merendahkan hati mereka (Ul 8:2-3)
Yakub diproses bertahun-tahun oleh Tuhan sampai akhirnya ia kalah saat 'bergulat', supaya Yakub menyadari kedaulatan dan kuasa Tuhan, sebagai persiapan bangsa perjanjian Israel. (Kej 32:25)
Orang farisi dan ahli taurat Tuhan kecam karena kesombongan hati mereka yang banyak tau, sampai tidak menyadari bahwa Yesus sendiri sebenarnya dari penggenapan yang mereka tau.
Dan masih banyak lagi hal-hal yang berhubungan sama hati yang sombong.


Yesaya 2:11
Manusia yang sombong akan direndahkan, dan orang yang angkuh akan ditundukkan, dan hanya Tuhan sajalah yang maha tinggi pada hari itu.

Yakobus 4:6b
Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.

Amsal 16:18
Kecongkakkan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kehancuran


Ngeri yaa akibat dari kesombongan dan Tuhan benar-benar serius untuk mengikis kesombongan kita semua. Mari kita terus biarkan Tuhan bekerja mengubah hati kita dari kesombongan yang bisa menghancurkan hidup kita.


No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^