Friday, November 16, 2018

Single and Satisfied



by Stephanie Gunawan

Hey girls! Siapa yang lagi baca blog ini, statusnya lagi jomblo?? Hayoo angkat tangan!! :) Gimana rasanya jomblo, girls? Are you happy? Apakah perasaan kalian kaya di lagunya Oppie Andarista – Single Happy? ‘Aku baik baik saja menikmati hidup yang aku punya, hidupku sangat sempurna, I’m single and very happy… Mengejar mimpi-mimpi indah, bebas lakukan yang aku suka; berteman dengan siapa saja, I’m single and very happy...’ Bener gak kaya gitu? Hehe..

Well, I hope so. Tapi saya harap kalian senangnya bukan karena terpaksa yah. Beberapa orang yang sebenarnya terpanggil untuk punya pasangan, namun sekarang BELUM ada pasangan, bisa aja pura-pura bahagia. Bisa aja dia bilang I’m single and very happy, tapi sebenernya dalam hati, ia merasa sedih. Dia berpikir bahwa ia akan bahagia kalau udah punya pasangan. Sekarang pertanyaannya, apakah kalau kita nanti sudah punya pasangan, kita akan selalu senang, gak pernah sedih lagi? Gak mungkin donk yah … Pasti kita tetep bisa merasa sedih. Mungkin sedihnya karena si dia membuat keputusan-keputusan yang kita gak ngerti, sms-nya udah gak seromantis dulu lagi, lupa tanggal jadian, bilang kita lelet, lama banget dandannya, dan sebagainya. Pasti sedih ato kesel-kesel gitu kan? Nah, dari sini saya mau menggaris bawahi bahwa kesenangan kita tidak mutlak ditentukan dari hal kita punya pasangan atau ngga. Ada hal lain yang menentukan kesenangan abadi kita. Apakah itu? Keep on reading... ;)

Pertama-tama, kita perluas arti kata ‘single’ dulu ya. Single sebenernya bukan berarti jomblo atau gak punya pacar. Single itu adalah suatu keadaan di mana kita merasa utuh. Sekali lagi yah, single adalah SUATU KEADAAN DI MANA KITA MERASA UTUH. Orang seringkali berpikir bahwa ia akan merasa utuh kalo dia dapet cinta dari seorang pacar. It’s a big NO! NO NO NO! Itu bener-bener pemikiran yang salah!! Kita gak akan pernah bisa utuh karena kita punya pacar. Tapiii, kita akan utuh ketika kita punya hubungan yang erat dengan Tuhan Yesus.

Allah menciptakan manusia dengan satu kebutuhan yang sangat spesifik, yaitu kebutuhan akan cinta. Jauh di dalam hati kita, kita amat sangat ingin, pengen banget, rindu berat untuk merasakan yang namanya dicintai. Tul kan? Betuuulll… Sayang sekali, seringkali kita nyari cinta itu dari sumber yang salah, yaitu pacar kita. Padahal, pacar juga manusia berdosa lho… Sama aja ama kita. Pacar kita pasti punya kelemahan. Kita gak bisa selalu ngarepin pacar bakal maniiiisss terus sama kita. Dia pasti juga bisa bikin salah dan bikin kita merasa tidak dicintai. Bisa juga sebaliknya, kita yang bikin salah dan membuat pacar merasa tidak dicintai. Buntut-buntutnya kita ribut. Sekali, dua kali, sepuluh kali, lima puluh kali, gak keitung… Dan akhirnya kita merasa sudah tidak ada cinta di dalam hubungan ini. Cinta kita habis. 

But don’t worry! ^^ Ada satu sumber cinta yang stock cintanya gak bakal habis-habis. Makin kita lengket ma sumber cinta itu, pasti kita bener-bener terbuai dengan cintanya. Makin kita deket-deket, pasti kita makin berasa dicintai. Makin kita berhubungan erat, kita pasti berasa disayang, diinginkan, dihargai, dihormati, didukung, dimanja, dan diterima. So sweet yah?! :) Hehe... Mau mau mau??? Kalo mau, yuks nempel kaya perangko ma sumber cinta itu.

Siapa sih ni yang dari tadi disebut-sebut sebagai sumber cinta? I bet you already know the answer. Bener kan? Pasti kalian udah tau deh... Siapaaa?? Yup! Betoooll!! TUHAN YESUS!!! Dialah sumber cinta itu. GOD is LOVE. Tuhan Yesus, Allah itu sendirilah yang punya stock cinta penuuuhh mulu. Dia mau bagi-bagiin cinta-Nya ke semua manusia. Dia mau membuat kisah fairy tale yang manis dan pernah kita dengar itu menjadi benar-benar nyata dalam hidup kita.

Satu-satunya hal yang akan membuat kita merasa utuh adalah: Tuhan Yesus. Pribadi Yesus mampu mengisi hati kita dengan cinta yang banyaaakk sekali, gak bakal ada habisnya.

Seperti dalam fairy tale, di mana kehidupan sang putri terasa begitu indah, kita pun bisa mempunyai kisah hidup yang sama indahnya seperti itu. Kalo di fairy tale, seringkali putrinya dijahatin oleh tokoh antagonis kan yah. Entah oleh ratu yang iri dengan kecantikan putri, atau penyihir jahat yang menculik putri, atau oleh peri jahat yang mengutuk putri. Pokoknya si putrinya dijahatin mulu dah, dibuat menderita. Gak bisa si putri hidupnya tenang.

Well, it’s the same in our lives. Kita, sebagai putri-putri Allah, mengalami hal serupa. Kita menderita oleh karena dosa. Ada tokoh antagonis-nya: si iblis. Udah dari lahir kita naturnya berdosa, ditambah lagi godaan-godaan iblis yang memanggil-manggil kita terus. Kita ditawarin bohong lah, nyuri lah, judi lah, narkoba lah, bunuh diri lah, ngelawan orang tua lah, maki-maki atasan kita lah, masturbasi lah, free sex lah, dan banyak lagi godaan lainnya yang gak terhitung. Kita tertawan dalam menara dosa yang membuat kita merasa bahwa kita bukan orang benar. Kesalahan kita banyak dan kita gak pantas dicintai. Kita tidak berharga. Kehidupan kita penuh dengan kegelapan, benar-benar berbeda dengan the sweet fairy tale we’ve ever heard. It’s totally dark. Kita menderita.

Uh oh!! Help help!! Kita pengen bisa hidup dengan bebas. Kita pengen punya kisah kehidupan yang manis, gak penuh dengan dosa. Kita pengen merasa bahwa kita adalah orang benar dan pantas dicintai. Kita selalu bermimpi punya kehidupan yang indah kaya di dongeng-dongeng itu! Help!!

Girls, Tuhan tau bahwa kita ingin punya hidup yang indah, as sweet as the fairy tale. Tuhan tau kita tertawan dalam menara dosa dan kita gak bisa melepaskan diri kita sendiri. Kita butuh pertolongan. Ketika Ia menyadari bahwa kita tertawan dan tak berdaya, Ia pun merasa sedih. Ia gak tahan ngeliat manusia ciptaan-Nya yang dikasihi-Nya terus-terusan menangis karena terikat jerat dosa. Hati-Nya pun pedih melihat kita terpenjara dalam kungkungan dosa. Ia rindu menyelamatkan kita.

So, He came!! He came to save us!! He is our Knight in shining armor! Dia mau bebasin kita dari menara dosa. Dia pahlawan kita. Dia tau bahwa HANYA DIALAH SATU-SATUNYA yang bisa memberi kebebasan pada kita. Hanya Dia satu-satunya yang bisa menggantikan semua kegelapan dalam hidup kita dengan terang. Hanya Dia satu-satunya yang sanggup memberikan cinta yang gak akan pernah habis untuk kita. Hanya Dia satu-satunya yang akan membuat kita merasa utuh, lengkap. Hanya Dia satu-satunya yang akan menjawab kebutuhan dasar kita, yaitu untuk dicintai. Dia bener-bener tau semua hal itu. Mengapa? Simply because He is the One who creates us with such longing in our hearts.

Girls, serius deh, cari Tuhan Yesus kalau mau bener-bener utuh dan bahagia. Memang kebahagiaan yang dirasakan tuh gak model hepi euphoria terus-terusan. Tetep ada masa-masa di mana kita merasa hidup ini penuh tantangan, bikin kita jengkel, kesel, sedih, marah, dan sebagainya. Tapi, satu hal yang kalian gak akan pernah sangka. Kalian akan merasakan kedamaian sejati dalam hati kalian. Apa lagi sih yang kita cari kalo bukan perasaan damai? Kita akan puas saat kita bisa tenang karena tau kita dicintai dan dianggap berharga. Kita pun bisa merasa bahwa kita adalah orang benar karena Yesus menjadikan kita benar. Dan gak cuman itu, bahkan Ia juga memberikan bonus! Hidup kekal! Kita gak akan binasa, tapi akan memerintah selama-lamanya bareng Dia. Keren banget kan?! Mantap lah! Gak percaya? Check all of these Bible verses!

1. Kita tenang karena tau kita dicintai, dikasihi.

Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.
(1 Yohanes 4: 10)

2. Yesus juga bilang bahwa kita berharga di mata-Nya.

Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.
(Matius 10: 31)

3. Kita juga bisa lega karena tau kita ini dibenarkan oleh Yesus. Kita tidak lagi dirundung perasaan bersalah seumur hidup, kita telah dibenarkan oleh darah Yesus.

Dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.
(Roma 3: 24)

4. Gak tanggung-tanggung, kita juga dipastikan akan menerima jaminan hidup kekal.

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
(Yohanes 3:16)

5. Plus, kita akan memerintah bersama-sama dengan-Nya nanti. :)

… dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.
(Wahyu 20:6)

Luar biasa kan kalo kita ikut Tuhan Yesus?? Ia memberikan sedemikian banyak sukacita yang pasti dan membawa damai abadi untuk kita. Tunggu apa lagi? Ayo nempel yang erat ma Tuhan Yesus!

Girls, jadilah singles yang utuh di dalam Yesus, yang nyari cinta sejati hanya dari Yesus, bukan dari sumber-sumber lain. Saya percaya kehidupan kalian yang tadinya suram akan pelan-pelan berubah menjadi manis kayak di dongeng-dongeng. Pada akhirnya, kalian akan puas menjalani hidup ini karena kalian tau bahwa kisah fairy tale itu gak cuman khayalan, tapi bener-bener kenyataan. Jesus is the One who brings the sweet fairy tale into our reality. Live with HIM!

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^