Monday, April 6, 2015

Dealing with Guilty Feeling

by: Lia SOC


I just failed my husband :(

Dia tegur saya dan saya langsung minta maaf, cuma tetep ada 'guilty feeling’ yang menyerang. Puji Tuhannya ngga pake lama, Roh Kudus ingetin saya beberapa hal yang "membebaskan" saya.

Btw, ceritanya gini...

Sejak kami pindah, banyak banget visitors yang datang, dari yang cuma dateng dua hari sampe tiga minggu. Kadang mereka nginap di rumah kami tapi kadang juga di hotel. Rumah kami sekarang ngga available buat hosting tamu lagi karena kami sudah tidak punya kamar tamu.


Yang namanya kedatengan tamu emang bakalan put more works, contoh kecilnya aja buat yang namanya masak-masak. Nah, kemarin-kemarin itu saya mesti masak buat 10 adults dan 2 anak buat makan siang. Saya tuh kudu benar-benar ngatur keuangan supaya dengan budget yang ada kami tetap bisa menjamu orang. Teman-teman kami dari berbagai kalangan, termasuk juga yang beda agama, jadi kami sepakat untuk hanya makan dan masak makanan yang HALAL saja sejak kami pindah ke kota ini untuk menghormati teman-teman kami yang hanya makan makanan halal.

Di tempat kami tinggal sekarang, Tuhan berkati kami dengan ketersediaan bahan makanan yang cukup banyak, tidak seperti waktu tinggal di Chiangmai dimana kami susah sekali dapat daging sapi. Di sini kami tinggal dekat laut, fresh seafood dan halal meat seperti daging sapi dan kambing, banyak dijual. So, karena kami punya banyak options dan juga kami mau teman-teman kami yang tidak makan makanan non-halal cukup merasa nyaman makan di rumah kami, kami memutuskan agar dapur kami free dari 'daging tak halal'.

Nah, kemarin itu... saya tergoda! Pas ke pasar, beli ini itu, saya tanya penjual daging B-2 (pork) cincang harganya sekilo berapa. Saya kaget pas tahu harganya 140 bath doang (sekitar 60ribu) karena daging sapi sekilo di sini 270 bath dan ayam 198 bath. Selama kurang lebih 6 bulanan ini, saya selalu belinya udang, ikan, cumi, ayam dan sapi. Cuma daging itu aja muter-muter. Bikin siomay juga udah ngga pernah pake B-2 lagi, yah klo ngga pake ikan tenggiri yah pake ayam dan udang. Saya mikir... lumayan juga irit 58 bath yah... Ya udah sekali ini aja beli, pas lagi banyak visitors gini, lagian kan mereka ngga anti makan B-2 kok.

Akhirnya saya bikin siomay deh, siomay campuran 3 daging: B-2, ayam dan udang. Suami saya ngga tau klo saya bikinnya campur sama daging B-2 karena kalo saya biasa bikin cuma pake daging ayam plus udang/ikan. Nah pas makan, orang-orang pada komentar enak, trus ada satu orang bule tanya saya ini apa namanya dan terbuat dari apa. Di situ ada suami saya juga lagi makan. DEG! Saya tahu dia pasti ngga suka deh kalo saya kasih tahu itu mengandung pork tapi tentu aja saya ngga mau bohong. Saya bilang ke bule itu kalo ini campuran dari 3 macam: pork, shrimp and chicken. Dia sih diam aja, tenang, ngga kliatan 'marah' dan ngga langsung punya respon kaget or 'rebuke' saya di depan orang lain.

Lunch time selesai, saya beberes dan tidur siang sama anak-anak. Tapi jujur, saya berasa ngga enak banget. Feeling guilty! Kenapa? Karena saya tahu saya melanggar kesepakatan sama suami. Saya ngga sehati sama suami. Ini bukan masalah 'kecil' tapi ini DOSA. Dosa itu merusak 'oneness'. Ini juga berarti saya ngga menghargai 'keputusan' dia as a leader at home. Saya berniat ngomong dan minta maaf pas malem sebelum tidur. Memang this is his idea buat jadiin dapur kami free from pork tapi suami selalu tanya pendapat saya sebelum mutusin sesuatu dan saya juga sepakat, memang kami mau temen-temen kami yang ngga makan pork bisa merasa nyaman makan di rumah kami.

Suami saya pernah tinggal di Aceh dan dengan pengalaman yang ada, beberapa teman yang hanya makan makanan HALAL bukan hanya bakalan lihat jenis hidangan makananannya tapi mereka juga ngga mau alat-alat dapur terkontaminasi dengan pengolahan daging babi. Simple-nya gini: "Emang elu ngga nyuguhin gue makanan ngga halal, tapi dapur elu, pisau, talenan, dll kan pernah dipake buat masak makanan ngga halal." Meski udah dicuci, tetep aja mereka susah untuk merasa nyaman.

Sebenernya dulu sebelum menikah, saya sempet berhenti makan pork loh selama 4 tahun, gara-gara dulu baca bukunya Dr. Elisabeth tentang "rahasia umur panjang". Dia menjelaskan bahwa jenis-jenis binatang yang 'dilarang' sama Alkitab itu ternyata setelah diteliti secara medis memang tidak baik untuk kesehatan termasuk di dalamnya daging babi. Saya bahkan bilang sama (dulu masih calon) suami untuk jangan harapin saya bakalan masak daging babi karena saya udah ngga makan lagi. Tapi setelah menikah pindah ke Chiangmai, sengsaralah saya... daerah gunung, susah dapet seafood, daging sapi juga super jarang, kalo ada juga mahal dan alot. Setahun pertama kami makannya ikan tawar, udang dan daging ayam terus buat lauk setelah beberapa kali coba beli daging sapi tapi hasilnya ngga puas. Akhirnya saya kompromi juga beli dan masak daging babi. Cuma setelah pindahan, ada lebih banyak options dan juga demi relationship dan alasan kesehatan, kami memutuskan buat dapur yang bebas dr makanan non halal.

Pas sore jalan-jalan abis anak-anak take a nap, kami dorong double T liat sapi en kambing, suami langsung bahas pelan-pelan,

M : "Hun, tadi siomaynya kamu bikin pake pork yah?" (Padahal dia udah tau, kan dia denger juga jawaban saya pas temen bule kami tanya, tapi itulah suami saya, dia itu ngga 'sradak-sruduk', ngga marah-marah ala dominan or tegur dengan sadis. I always love the way he corrects me.)

L  : "Iya, sorry, aku salah "

M : "Jangan lagi yah... Kan kamu tahu kesepakatan kita."

L  : Iya, aku memang bodoh, cuma demi mikir ngirit, padahal juga ngga seberapa, malah jadi tergoda buat pake pork. Sorry yah, hun. "

M : "Iya, diampuni :) "

Cuma gitu doang, short conversation soal siomay campuran babi itu. Tapi entah kenapa perasaan saya masih ngga enak banget. Perasaan gagal dan bersalah itu kuat banget. Padahal udah diampuni loh. Untung Tuhan ingetin, penuduhan itu bukan berasal dari Dia tapi dari si iblis!
Pernah ngga temen-temen ngrasa gitu? Berbuat salah entah lewat perkataan/sikap/respon trus berasa guiltyyyyyyyyyy banget...

Perasaan bersalah itu sebenarnya wajar, itu seperti "alarm" di hati kita yang ingetin ada something yang ngga benar atau ngga beres, yang artinya kita udah berdosa karena lakuin yang ngga bener or nyakitin orang lain.

Nah kalo ada 'guilty feeling' biasanya respon orang bisa dibagi jadi dua ekstrem :

1. Pura-pura cuek.

Ada yang malahan berusaha 'madamin' alarm kepekaannya dengan ngerasin hati, ngga mau 'beresin', ngga mau bahas konflik or datengin orang yang disakiti dan minta maaf. Yang ada malah jadi jatuh dalam dosa kesombongan dan kemunafikan, pura-pura ngga ada apa-apa padahal hati ngga bisa dibohongin, cuma pake topeng tebel-tebel. Ruginya adalah, pasti hubungan kita jadi ngga bagus deh sama orang itu karena hati jadi ngga murni. Ada orang-orang yang pilih respon kaya gini, ketika buat salah, dia berasa guilty tapi ngga mau bersikap gentle en honest, bukannya ngaku salah dan membereskannya, malah berusaha 'bayar' dengan perbuatan-perbuatan baik/sweet.

Contohnya, suami yang abis ngomong kasar sama istri dan bikin istri terluka cuma terlalu gengsi buat ngaku salah dan minta maaf, malah pulang kerja berusaha 'nyogok' si istri dengan bawain martabak kesukaan istri tanpa membahas soal konflik dan kata-kata kasarnya. Kira-kira si istri bakalan lupa ngga? Yah ngga lah... Hubungan itu bakal tetep membentuk luka yang masih 'menganga', yang kudu dipoles sama 'balsem' kerendah-hatian dan pengampunan.

2. Over-guilty or terintimidasi.

Iblis selalu mau 'nyolong' kesempatan bikin kita down-sedown-down-nya *halah bahasa apakah ini? :p* Dia pake jurus yang namanya "intimidasi ".

"Tuh kan elu... Gagal lagi gagal lagi... Katanya anak Tuhan, tapi omongannya kayak gitu, sikapnya jelek."

"Iiih, mana buah roh pengendalian diri lu? Jatuh lagi dalam masturbasi kan? Orang kayak elu tuh ngga layak jadi pemimpin komsel!"

"Lah tuh kan, suami uda baek-baek, eh elu malah nyakitin dia... Gimana kalo dapet yang jahat lu?"

"Halaaaah... orang kayak elu tuh emang bukan emak yang baik! "

Tuhan ngga mau kita punya dua respon ekstrim kayak gini, Dia mau kita punya respon yang benar. Ketika Roh Kudus tegur kita, 'nyalain alarm' di hati kita, kasih kita kesadaran klo kita udah buat salah, kita mesti respon dengan 'brokeness' :

1. Akui di hadapan Tuhan. "Iya Tuhan, aku salah. I failed You again and again, please forgive me..."

2. Lakuin pemberesan/restitusi (kalo menyangkut orang lain) dengan kerendahan hati. Tentunya dengan mengakui dosa apa yang Tuhan tegur, kesalahan yang kita buat yang merugikan/menyakiti oranglain, ask for forgiveness.

3. FORGIVE yourself! Ini bagian yang penting. Jangan mau diintimidasi iblis lagi. Tuhan udah ampuni, orang yang kita sakiti juga udah ngampunin, jangan sampe kita ngga ngampunin diri sendiri.

Saya itu dulu susaaaaaaaaaaaaah banget buat 'terima' kesalahan orang lain, tapi saya tau akarnya karena saya juga susaaaaaaaaaaaaaaah banget buat 'terima' diri saya ketika saya buat kesalahan/kegagalan, sampe akhirnya pelan-pelan Tuhan ajarin soal His unconditional Love, bahwa Dia mengasihi saya sekalipun saya 'failed' and 'mess up'. Pas saya belajar mengasihi diri saya dengan mengampuni diri saya, saya juga lebih bisa "terima" kelemahan/kegagalan/kesalahan orang lain.

Remember friends, God ( still ) loves YOU, even when you mess up!  
I need to keep remembering that too, because I 'mess up' plenty!

Jangan berjalan dengan 'kuk palsu' (rasa bersalah berkepanjangan) yang iblis terus berusaha taruh di pundakmu. Letakkan di bawah kayu salib itu. Yesus mengampuni dosa-dosamu, kegagalan-kegagalanmu, bahkan dosa masa lalu yang ngga bisa kamu lupakan. Dia menanggung semua itu, rasa malu, rasa bersalah, rasa 'rendah diri', rasa 'sakit' dan penolakan yang kamu alami di kayu salib-Nya. Hidupmu sudah merdeka, sudah dibebaskan, terima pengampunan-Nya, ampuni dirimu sendiri dan melangkahlah dalam jalan pertobatan yang sejati, tanda kamu menghargai 'kasih karunia-Nya'.

Biarkan 'rasa bersalah' itu menjadi 'alat' Tuhan untuk membawamu ke dalam pertobatan di hadapan takhta kasih karunia-Nya tapi janganlah 'bersahabat' dengan dia. Peganglah anugerah dan kasih karunia Tuhan. Kamu dikasihi, kamu diterima, kamu diampuni, sekalipun kamu gagal menjadi anak yang taat, istri yang lemah lembut, mama yang sabar atau teman yang dapat dipercaya. Bangkit lagi, berjalan maju dalam kasih karunia, hidupmu ditentukan untuk menjadi pemenang, karaktermu akan terus menerus diubahkan asal hatimu rindu.

Ya, ngga ada yang mustahil buat Tuhan dan buat mereka yang percaya! Dont give up, Tuhan aja ngga pernah give up sama dirimu!

"Sebab dukacita menurut kehendak Allah menghasilkan pertobatan yang membawa keselamatan dan yang tidak akan disesalkan, tetapi dukacita yang dari dunia ini menghasilkan kematian."  (2 Korintus 7:10)

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^