Monday, February 9, 2015

Masturbasi Dosa gak sih?

by Grace Suryani 

Dari luar, pembaca, temen-temen yang kenal gue secara pribadi, maupun sodara-sodara gue mungkin berpikir gue orang yang sangat rohaniii. Kristen banget. Penulis buku rohani leeh. But dulu gue ngga seperti itu Guys. Sekalipun dari luar gue keliatan seperti anak baik-baik, yang aktif pelayanan, berprestasi di sekolah, tapi gue tau... Di dalamnya gue ngga sebaik apa yang kelihatan. 

Gue terikat masturbasi sejak gue TK. Waktu itu, gue bahkan ngga tau apa namanya. Tapi yang gue inget, abis gue melakukannya, gue merasa SANGAAAATTT BERDOSA. Gue gak berani tanya ortu jadinya gue berusaha cari tau sendiri dan akhirnya gue tau kalo itu tuh namanya MASTURBASI. Dan dari yang gue baca, katanya beberapa ahli bilang kalo masturbasi itu gak dosa. Itu normal. Itu wajar kalo anak-anak kecil menyentuh dan memainkan alat kelaminnya. Nothing wrong with that... But I knew that it’s wrong. Coz kalo itu bener-bener ngga dosa, KENAPA gue DIKEJAR rasa BERSALAH bertahun-tahun?!!?!? En gue selalu ketawa kalau ada yang bilang, remaja sadar masturbasi itu dosa karena di gereja dibilang bahwa itu dosa. C’mon ... ketika gue melakukan masturbasi pertama kali, itu gue TK, en we don’t talk about sex at the Sunday school rite? Mana ada Guru Sekolah Minggu ngajarin ke murid-muridnya bahwa masturbasi itu dosa! But sekalipun ngga ada yang bilang, gue inget gue dikejar rasa bersalah yang luar biasa. 



Setelah gue tau ini namanya masturbasi, gue berusaha untuk lepas. Tapi tips-tips yang gue baca selalu bikin gue ketawa sinis. Kenape? Tips-tips yang ada tuh macam kayak kudu olah raga, aktif dalam kegiatan sosial, mendekatkan diri pada Tuhan, fokus ke hal-hal positif. Gue pikir, “Gilaa... semua udeh gue lakukan kenapa gue masih begini?!?!” Gue dulu waktu kecil les renang seminggu sekali, sekolah di sekolah Kristen, hari sabtu-minggu di gereja, kalo menjelang natal bisa tiap hari gue ke gereja buat latihan ini itu, gue ada les piano, les ballet, les kumon, dan les-les lainnya. Kurang apa lagi? Kegiatan gue penuh. Tapi tetep aja, gue jatuh lagi dan lagi. 

Ketika SMP, malah lebih parah lagi. Gue mulai terlibat yang namanya cyber sex en phone sex. En sehabis gue jatuh, Minggunya gue jadi liturgos (Worship Leader) di kebaktian Remaja. Gila kan!?!? : ( Gue bener-bener merasa gue itu munafik paling wahid sedunia.
Dulu setan sukaaa bgt menggoda gue dengan pikiran seperti ini, “Ah, kamu kan ngga sering-sering melakukan itu. Ngga papa donks. Tuh liat orang laen bisa begitu 2-3 kali sehari, kalo ngga tiap minggu. Kamu kan ngga kayak gitu. Kamu kan CUMAN sekali-kali. Ngga papa donks.” 

En ketika gue percaya lalu gue melakukan itu, setan kembali muncul dengan kalimat yang totally different, “HUH! ORANG KAYAK LOE NGAKU KRISTEN!! Jatuh lagi kan loe?! DOSA tau ngga! Kagak bakal diampunin loe. Loe inget ngga tuh ayatnya, “Tuhan tidak bisa dipermainkan!”, nah elu kerjanya jatuh bangun. Kristen apaan tuh!! Trus loe pelayanan lagi. Aduh munafiikkkkkkk!! Tuhan MALU punya anak kayak loe.” 

En begitu berkali-kali. Tuhan akhirnya membuka mata gue untuk ngerti bahwa gue BENER-BENER butuh bantuan, ketika sebuah pikiran muncul dalam hati gue,
“Nik, kalo loe bener-bener ngga terikat... kenapa ketika godaan itu datang kamu ngga bisa bilang TIDAK??” 

Gue diem trus mikir. “Iya ya ... kalo gue ngga terikat, kenapa ketika gue mo say NO gue ngga bisa? Kalo ngga terikat mestinya bisa donks.”
En dari situlah gue sadar selama ini gue percaya pada banyak kebohongan setan. Akhirnya gue mulai berusaha cari bantuan. Gue mulai berani share ke beberapa kakak rohani gue yang perempuan. En kalian tau ngga guys, I’M NOT THE ONLY GIRL WITH THAT STRUGGLE!! :O 

Selama ini karena biasanya yang dibahas bermasalah dengan masturbasi itu para pria, gue percaya dengan kebohongan setan yang bilang, “Kalo loe cerita ... LOE BAKAL MALU. Kagak ada CE laen yang begitu!! Begituan mah cuman urusan co. Ntar mereka bakal bilang loe maniak seks, ce kagak bener, dll. So lebih bae loe DIEM AJA.” Karena itu gue diem en ngga berani ngomong. 

Begitu gue mulai share en Tuhan pertemukan dengan temen-temen ce laen yang ternyata punya pergumulan yang sama, gue baru ngeh! Selama ini ... gue DIKIBULIN!! : (( Ada banyak juga anak-anak Tuhan wanita yang bergumul dengan dosa ini!!! En ngga sedikit yang juga yang udeh pelayanan!! 

Lalu mulailah proses panjaaannggg untuk bebas dari masturbasi. Ini bukan proses 1-2 hari, Guys. Bukan proses 1-2 thn. Proses gue 20 tahun lebih. Ada temen gue yang cuman sekali didoakan trus langsung lepas. Gue kagak. Gue udeh didoain ama entah berapa Pdt, tapi gue masih struggle. Perjuangan gue itu hampir tiap hari. Gue belajar untuk bikin batasan apa yang gue baca atau yang gue lihat. 

Makanya gue stop baca novel ketika gue SMA, karena gue menyadari novel-novel itu bikin gue mudah sekali untuk jatuh. En gue ambil komitmen untuk ngga nonton teenage movie model American Pie dkk. Sampe-sampe kalo nonton film en ada adegan kissingnya, gue milih untuk tutup mata. Beberapa orang pikir gue sok suci, padahal bukan gue sok suci guys, tapi gue tau gue bakal sangaaatt sulit untuk say NO setelah gue nonton film-film begitu. En gue bener-bener belajar untuk idup dekeett sama Tuhan. Coz gue tau, gue ngga bakal kuat jalanin semuanya sendirian. En gue cape harus jatuh mulu. Gue benci gue jatuh lagi en bikin Babe sedih.

Ketika kuliah, akhirnya gue punya keberanian untuk cerita soal pergumulan ini dengan ortu gue. En gue bikin komitmen ama ortu. Kalo gue jatuh, gue bakal ngaku sama mereka ...
Guys, itu sangaaaattt berat dan sangaaaattt memalukan. Tapi gue tau, itu menyembuhkan gue. Gue belajar idup di bawah otoritas ortu gue. So setiap gue jatuh, gue ngaku sama mereka en mereka mendoakan gue. Gue jatuh lagi, gue ngaku lagi. 

En akhirnya ... gue bener-bener bebas. Kira-kira beberapa bulan sebelon gue married. That’s a very very very long journey. But God is always there. : ) *Guys, gue nangis ketika ngetik bagian ini. Betapa setia dan luar biasa-Nya Tuhan itu.* 

Lalu sebelon married, jujur, gue sangat takut soal ini. Gue kuatir gue akan menanggung konsekuensi dari dosa-dosa seksual gue di masa lalu. So sebelon married, gue bener-bener berdoa minta Tuhan menyucikan hati gue en ubah semua konsep yang salah tentang seks. Gue berdoa buat kehidupan seks gue dan Tepen. Gue minta Tuhan kuduskan, sucikan dan berkati. En He did. : ) He really did a marvelous job!! As a couple, we really have a great and wonderful marriage life, including sex. :p 

Guys, kenapa gue cerita ini semua? Karena menurut gue, menjadi permisif dan mengatakan masturbasi itu ngga dosa dan gak papa itu ngga menyelesaikan permasalahan. Justru dengan mengakuinya, datang kepada Tuhan, kita bener-bener bisa dibawa kepada kemenangan yang sejati. 

Selama gue bergumul dgn masturbasi, gue tau Tuhan ngga suka gue melakukan itu, tapi Tuhan juga berkali-kali menyatakan Tuhan TETAP MENGASIHI gue. en itu yang akhirnya membawa gue bener-bener mau idup deket dgn Tuhan. He know everything about me!! and He still loves me! Gila itu touched my heart banget. di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah (Roma 5 : 20) 

Setiap kali kita berbuat pelanggaran atau dosa, kita harus berani bilang itu dosa en itu melanggar Firman Tuhan, supaya dengan begitu kita sadar dan benar-benar sadar bahwa we’re a sinner and we needs God's grace badly. 

Guys, kalo kalian punya masalah dengan masturbasi, itu benernya kesempatan yang sangat bagus utk membawa kalian masuk lebih dalam en lebih dalam lagi di dalam Tuhan! Itu kesempatan emas buat kalian itu bisa makin bergantung sama Babe. Itu bisa jadi titik balik yang luar biasa buat kalian!! Salah satu yang sangat memotivasi gue utk bener-bener lepas waktu itu adalah janji gue ama Babe. Kalo gue lepas, gue bakal kesaksian, so ngga perlu ada lagi ce-ce yang menderita karena dosa ini. En kebohongan setan itu bisa dipatahkan dengan Darah Anak Domba dan kesaksian orang percaya (Wahyu 12 :11) 

So, Guys, kalo kalian bergumul dengan masalah ini, DON’T GIVE UP! Never give up until you’re really really FREE. Tiap kali jatuh, bangun lagi di dalam Tuhan. Jangan bosan-bosan mengaku di hadapan-Nya. Gue sangat tersentuh ama kasih-Nya, selama 27 thn, Tuhan selalu mengasihi gue bahkan disaat gue merasa gue ngga layak dikasihi lagi. En Tuhan ngga pilih kasih. Tuhan juga mengasihimu dengan kasih yang sama. 

Bisa dibilang guys, salah satu alasan akhirnya gue jadi penulis, en gue cerita tentang kehidupan gue adalah karena gue ngerasa kalo Tuhan bisa pake seorang yang bobroknya kayak
gue, Tuhan bisa pake siapa aja. Kalo Tuhan bisa pake orang yang idupnya kacau, Tuhan bisa pake siapa aja.
Tuhan tuh munggut gue dari tempat sampah ... My life is a mess. My heart is corrupt, but He still want to love me ... and He loves you too.

3 comments:

Share Your Thoughts! ^^