Saturday, April 14, 2018

Istri Bukan Pembantuuuu...


by Grace Suryani Halim

Kalau kata temen-temennya emak engkong saya, menikah itu buat punya anak. Supaya punya anak yang banyak! Ada lagi yang bilang, menikah biar punya temen. Biar ada yang ngurusin, ada yang ngerawat, ada yang masakkin. Kalau denger ada co ngomong dia pengen kawin biar ada yang ngurusin, ada yg nyiapin baju deelel, pasti saya langsung bilang ama dia, “Cari pembokat selusin aje! Kalau bosen tinggal pecat”

Itu salah satu paragraf yang gue tulis di buku The Puzzle of Jomblo Life. Istri TIDAK SAMA dengan PEMBOKAT!! En gue yakin dengan gue nulis begitu akan ada banyak wanita-wanita laen yang setuju dengan gue! Iya ngga ?!?! :P We’re indeed his helper but we’re not his maid!! Mari semua yang setuju katakan AMEEENN! 

Jadilah selama awal kami menikah, kalimat itu yang ada di dalam hati gue. Istri BUKAN pembantu. En krn di Sg, kami tidak punya pembantu so gue harus lakukan semua kerjaan rumah tangga, tapi di otak gue tetep bilang, “Oke, I’ll do all of this, but I’M NOT A MAID!!” En jadilah sekalipun gue ngerjain kerjaan rumah, gue selalu bilang, “I’m not a maid” en I’m always remind Tepen that I’m not his maid. 

Kadang ngga cuman berhenti di situ, tapi malah gue meminta Tepen untuk membantu gue dalam melakukan pekerjaan rumah tangga dengan alasan, “We don’t have a maid, hunny.” Dan di dalam hati gue bilang gimana, “And remember I’m NOT YOUR maid.” Sebenernya dalam hidup berumah tangga, suami membantu pekerjaan rumah tangga sih oke banget, en Tepen tuh sangat-sangat helpful dalam kerjaan sehari-hari. Tapi karena gue selalu mikir gue bukan pembokat, ngga jarang gue justru jadi lupa posisi gue yang sebenernya, be Tepen’s helper. Alih-alih jadi helper, gue malah sering minta dia bantuin gue en... (ini parahnya) kalo die lupa melakukan, gue marah. Parah deh gue...

Akhirnya Babe tegor gue lewat sebuah buku, Created To Be His Helpmeet. Itu buku jauh-jauh dibeli ama temen gue di USA, trus dikirim dari Thailand!! So yah gue baca en baru baca kira-kira 1/3 buku, gue merasa buku ini keterlaluan. >.< Kenape? Krn dia mengutip sebuah ayat yang sangat jarang dikutip lagi,

“Sebab laki-laki tidak berasal dari perempuan, tetapi perempuan berasal dari laki-laki. Dan laki-laki tidak diciptakan karena perempuan, tetapi perempuan diciptakan karena laki-laki.”
(1 Kor 11: 8-9)

En dia banyak sekali menekan para wanita untuk bener-bener ambil posisi menjadi penolong. Gue pas baca berulang kali bengong trus bilang, “GILA YANG BENER AJEEE!! Masak gue harus begini!!” >.< 

Trus suatu pagi, ketika gue bergumul tentang apa memang bener gue harus lakukan itu semua, Tuhan ingetkan 1 ayat di hati gue.

“...Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan”
(Filipi 2 : 6)

Gue kaget loh. Pas Tuhan ingetin ayat itu. Ayat itu bukan ayat yg asing buat gue. Gue dah pernah dapet ayet itu pas bergumul soal persiapan pernikahan (ada ceritanya di TMCC), but gue tersentak pas sadar, Yesus itu SETARA dengan Allah Bapa!!

Tuhan Yesus itu sejajar, setara, kedudukannya sama dengan Allah Bapa!! Tapi Tuhan Yesus kagak bilang, “Kenapa mesti gue yang turun ke Dunia?!?!”, “Kenapa mesti gue yang mati??!”, “Kenapa kagak Allah Bapa aje?!,” “WHY ME?!?!! Not fairrrrr!”

Justru sebaliknya, Tuhan Yesus malah tidak ‘mempertahankan’ kesetaraan-Nya, justru malah mengosongkan diri-Nya, mengambil rupa seorang pembantu, dan menjadi sama dengan manusia, sebagai manusia, Ia merendahkan diri-Nya, dan TAAT sampai MATI, bahkan sampai mati di kayu salib. 

Tuhan Yesus yang SETARA dengan Allah Bapa, tapi Dia tidak keberatan untuk merendahkan diri-Nya. Dia tidak keberatan mengambil rupa seorang pembantu. Dia tidak keberatan...

Trus kenapa gue yang cuman manusia ciptaan berani-beraninya berulang kali mengingatkan suami gue bahwa gue ‘sejajar’ sama dia?!

Pagi itu gue bener-bener ngerasa malu dengan Babe, dengan Tuhan Yesus. Dia yang Tuhan aja kagak belagu, siapa gue berani belagu??

Gals, kita idup di zaman di mana wanita dibombardir dengan kata ‘emansipasi’ dan ‘kesetaraan gender.’ Sampe kadang kita sendiri tanpa sadar jadi terlalu menekankan pada kesejajaran sampe kita lupa, siapa kita yang sebenernya. Sampe kita lupa, buat apa Tuhan menempatkan Hawa di sisi Adam.

Gue percaya kita diciptakan sejajar. Laki-laki maupun perempuan diciptakan dalam rupa Allah. Tapi, liat Tuhan Yesus!! Dia sejajar ama Bapa, tapi Dia berani untuk menundukkan diri-Nya kepada Bapa, Dia mau menjalankan visi Bapa, Dia taat, bahkan taat sampai mati... Kalo kita bilang kita mau jadi serupa dengan Yesus, yah Yesus seperti inilah yang harus kita teladani!!

Yesus yang rela menjadi hamba. Yesus yang rela menjadi pembantu. Yesus yang rela taat.

Coba renungkan sebentar gals. Selama ini kita lebih mau jadi kayak Yesus, atau jadi kayak Iblis yang selalu pengen setara dengan Allah (padahal dia ngga setara loh!!)?? 

Buat gue pribadi, gue menulis ulang Filipi 2: 6 itu. Grace yang sekalipun setara dengan Tepen, tidak menganggap kesetarannya dengan Tepen sebagai milik yang harus dipertahankan ataupun dikatakan terus menerus. Melainkan mengosongkan dirinya, dan mengambil rupa seorang pembantu. Dan sebagai pembantu, ia taat seumur hidupnya.

Sebagai istri, tugas kita memang ngga hanya beres-beres rumah. But jangan lupa beres-beres termasuk di dalam tugas istri. :p


Sg, 22 oktober 2010

Dear Babe,
Glek... You know what I’m thinking... ini mah GILA. Ini zamannya emansisapi nek, loe kok malah jadi balik ke zaman ibu Kartini?!?!! Gila ajee.

Tapi Tuhan, ikut Kau itu memang gila menurut dunia. :p Mengampuni musuh, itu ngga masuk akal. Percaya kepada manusia yang mati disalib, itu gendeng. Tunduk pada suami?!!? Sami mawon, liat sikonnya donks. Kalo suami bae okelah, kalo suami jahat, ngapain!?!? Hormatin suami, yah liat-liat dulu donk, suaminya pantas dihormatin ngga?! Suaminya bisa kerja ngga? Suaminya mau bantu buang sampah ngga? Kalo ngga... yah ngapainn!! Tapi itu kata dunia, Be. Bukan kata-Mu. En kalo suruh pilih, sekalipun gila mending ikut Babe lah.

20 thn lebih ikut Kau, sekalipun sering kali kagak masuk akal en bercucuran air mata, akhirnya hanya ikut Babe yang bikin bahagiaaa. Ceilaaa. Hehehe.

Btw Be as usual, You know that I'm weak. Nulis begini sih gampang, Be. Melakukannya yg susah. Hehehe. So yah, need Ur help. *wink wink* really really reaaaallyy need Ur help untuk jadi apa yang Tuhan udeh tetapkan buatku. :D

1 comment:

  1. Besok akan jd ulang thn aku yg ke 26, dan tulisan ini aku anggp sbg salah satu kado trbaik dr Tuhan untuk mengajarkan aku jd wanita yg rendah hati. Mksh cie Grace :)

    ReplyDelete

Share Your Thoughts! ^^