Monday, August 17, 2020

Siapakah Yang Terbesar?


by Yunie Sutanto

Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: "Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?"
(Matius 18:1 / TB)

Hasrat untuk menjadi yang paling besar rasanya ada di hati setiap manusia. Ingin jadi yang terpandai, ingin jadi yang tercantik, ingin jadi yang paling hebat! Sangat manusiawi. Bahkan di Markus 9:33-37 pun tercatat jelas bahwa para murid sempat bertengkar saat membicarakan siapa yang terbesar di antara para murid.

Siapakah yang paling besar? Yuk kita main tebak-tebakan sejenak. 

Siapakah pesulap paling besar? Sepintas terlintas di benak beberapa nama: Harry Houdini, David Copperfield dan Shin Lim. Saat mencoba mencari di Google search ternyata nama-nama pesulap ini memang muncul dalam deretan pesulap terbesar sepanjang masa.

Tebakan berikutnya: Siapakah kira-kira yang layak dinobatkan sebagai wanita tercantik di dunia? Bingung deh kalo yang ini, sebab bukankah cantik itu relatif? Wah, ternyata ada juga sebuah situs penyelenggara polling yang meminta responden dari seluruh dunia untuk menobatkan siapa gerangan 100 wanita tercantik di bumi!

Hasrat untuk unggul memang sesuatu yang manusiawi. Keinginan itu disuburkan oleh perasaan ingin diakui, dikagumi, dan dipuja… yang ujung-ujungnya berkembang menjadi ingin dimuliakan.

Kembali ke nats bacaan kita tadi. Terbesar versi Alkitab memang berbeda dari versi dunia. Lantas, apa sih jawaban Yesus saat para murid-Nya – yang ternyata juga punya hasrat untuk jadi yang terbesar, bertanya pada-Nya: “Siapakah yang terbesar di Kerajaan Sorga? Siapakah dari antara para murid yang paling besar?”

Yuk simak baik-baik Matius 18:2-5 (TB):

Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku."

Jawaban Yesus cukup to the point. Ia memanggil seorang anak kecil. Ia tidak memanggil orang bijak, sarjana terpelajar atau orang hebat untuk dipelajari pengalaman hidupnya. Tidak! Yesus malah memanggil seorang bocah ingusan. Jangankan menjadi terbesar di Kerajaan Sorga, masuk Sorga pun tidak bisa kalau kita tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil! Orang yang merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecillah yang terbesar di Kerajaan Sorga. 

Lantas mengapa anak kecil ya? Ada apa gerangan dengan anak kecil? Sikap hati seorang anak kecil rupanya yang menjadikan seseorang "besar" di Kerajaan Sorga.

Seperti apa sih sikap hati seorang anak kecil itu?

RENDAH HATI & TEACHABLE; Seorang anak mudah belajar apapun dari siapapun, kapanpun dan dimanapun. Ia punya sikap hati yang penuh rasa ingin tahu sehingga ia mudah diajari. Ia tidak sok tahu dan merasa sudah mengerti. Anak kecil itu punya kualitas hati yang mudah diajar. Bukankah semangat pembelajar seorang murid Kristus itu seyogyanya demikian? 

MURNI HATI; Anak kecil mempunyai sikap hati yang murni hatinya. Seseorang yang punya sikap hati seperti anak kecil bisa melihat Tuhan dalam segala sesuatu. Senantiasa menyadari bahwa Tuhan hadir dalam segala fase kehidupan, bahkan dalam hal-hal kecil pun Tuhan hadir.

DEPENDANT; Orang yang mempunyai sikap hati seperti anak kecil sadar bahwa ia lemah dan ia membutuhkan otoritasnya. Ia mempunyai sikap hati yang bergantung pada Tuhan. Ia tidak mengandalkan kekuatan dirinya dan bermegah atas kemampuannya.

MUDAH MENGAMPUNI; Orang yang punya sikap hati seperti anak kecil tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia mudah melupakan kesalahan orang dan mudah mengampuni. Lihatlah anak-anak bermain gundu yang berantem, tak lama berselang mereka sudah main bareng lagi. 

Alih-alih berlomba meninggikan diri, mari belajar untuk merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini. Sebab, bagi Allah, justru orang yang demikianlah yang Ia anggap terbesar dalam Kerajaan Sorga.

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^