Saturday, February 17, 2018

Pokoknya, Gue Benci Cowok!


by Grace Suryani Halim

Guys, sebenernye udah beberapa hari ini saya itu lagi pahit en sebel banget ama makhluk yang namanya ‘cowok’! Huss... huss... Sono gih jauh-jauh... Bikin gue bete! Hampir aje menyanyikan ‘lagu lama’, kenapa ya Tuhan mesti ciptain cowok, kenapa kok ngga manusia itu hermaprodit aje, ngga ada jenis kelamin cewek ataupun cowok, kan gampang!

Kenapa gue sebel? Abisss... cowok-cowok itu ngga jelas, ngga bisa dibaca, pokoknya menyebalkan! Bayangin aje, kita cewek mikir kalo dianya ada hati eh ternyata kagak! Padahal ya, kalau menurut ‘kamus’ kita, cowok yang melakukan hal-hal yang sweeeettt banget itu artinya suka, tapi ternyata dia ngga cuman lakukan itu buat kita, tapi juga buat si A, B, C, D dan lain-lain. Trus belon lagi model-model cowok yang tidak bertanggung jawab lainnya!!

Beberapa temen saya yang baru-baru ini putus, alasannya lebih tragis lagi: ada yang ditinggal kawin, ada yang cowoknya ngga mau ngajak kawin, ada yang... pokoknya banyak deh. Intinya hampir semua masalahnya karena si cowok. Nah, karena berbagai pengalaman ngga enak itu, akhirnya gue jadi mengambil satu kesimpulan: jangan mudah percaya ama yang namanya cowok. Di otak saya, biar kata baiknya kayak apa, cowok itu tetep brengsek.

Khayalan gue malah lebih ‘hebat’ lagi. Pokoknya, kalau habis ini ada cowok yang PDKT ke gue, biar kate dia telponin gue tiap hari, sms-in tiap hari, ngga bakal mempan! Mau kirim bunga juga bakal gue buang! Ge-er banget ya gue.. Emang sapa yang mau kirimin gue bunga ya? Hahaha... yah, namanya juga berkhayal.

Dan jadilaaahh... pagi itu gue bangun dengan hati sangat dongkol gara-gara cowok-cowok ngeselin itu. Pas saat teduh, gue masih rada dongkol, tambah dongkol malah. Dalam hati tiba-tiba gue mikir, duh kasian yah jodoh gue ntar, dia bakal susah banget deh meyakinkan gue, habis gue udah gondok setengah mati sama yang namanya cowok. Tapi salah dia juga sih, siapa suruh datangnya telat-telat, sapa suruh datang setelah ada sekian banyak cowok yang nyakitin gue! Bukan salah gue! Gue korban!

Eh, ayat hari itu... Markus 11:23-24, tapi mata gue justru nangkep ayat 25.

“Dan jika kamu berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu”
(Markus 11:25)

JEDEERRRR...

*bunyi kilat menyambar*

Yah gimana itu ayat kagak nancep, gue ngga cuman ada ‘barang sesuatu terhadap seseorang’, tapi gue gondok ama semua makhluk yang namanya cowok (of course, kecuali bokap, dede, dan bokap-bokapnya sahabat-sahabat gue).

Sehabis kilat menyambar, mulailah Tuhan bicara dalam hati gue... Sorry, pembicaraan rinci disensor, soalnya gue banyak menyebutkan nama-nama orang hehehe*, tapi intinya Tuhan negur gue akan beberapa hal.

Gue ngerasa sangat ditegur ketika Tuhan ingetin satu hal: semua cowok itu anak-anak Adam, yang jatuh ke dalam dosa, tapi cewek-cewek itu juga anak-anak Hawa, yang jatuh lebih dulu dalam dosa. Uupsss... So, sebenernya ngga ada tuh yang namanya prince perfectly charming yang ngga akan pernah nyakitin hati saya. Semua cowok berdosa dan karena dosa itu, mereka punya kecenderungan untuk menyakiti orang lain. Tapi, semua cewek juga berdosa. Karena itu, sebenernya kita semua itu sama, sama-sama berdosa, akibatnya kita seringkali sama-sama saling menyakiti. Yah, harus gue akui sih, banyak cewek ngga kalah brengseknya sama cowok.

Trus gue juga diingetin, jangan pernah berpikir bahwa ketika gue udah ketemu the right one (yang berdosa juga sama kayak gue), maka gue akan live happily ever after dan tidak akan pernah sakit lagi. Justru yang terjadi itu sebaliknya, the right one bakal punya potensi yang sangat besar untuk menyakiti dan mengecewakan gue, karena dia manusia! Kalau kita hidup dekeeettt banget ama seseorang, kita bakal ngalamin banyak masalah dan gesekan sama dia seperti “besi menajamkan besi.” Justru, gue tetep harus punya hati yang lebih lapang untuk mengampuni, punya stok kasih karunia dan belas kasihan untuk setiap kesalahan yang dia perbuat. Gue juga mesti belajar dari Babe, gimana caranya untuk mengampuni seseorang dengan benar-benar total dan tetap mengasihi sekalipun sudah disakiti. Oh noooo... hikss...

Tapi yang paling nancep itu ketika Babe tanya ke gue, “Kamu tau ngga kenapa Aku izinkan banyak cowok datang dan sepertinya menyakiti kamu, bikin kamu sakit hati dan kecewa?” Dari pertanyaan itu, tiba-tiba gue ‘lihat’ karakter yang sebenernya Tuhan mau bentuk dalam diri gue. Tuhan mau gue punya karakter seorang wanita yang hatinya lembut, mudah mengampuni, tidak mendendam, punya belas kasihan. Gue yang sudah menerima begitu banyak kasih karunia dari Tuhan, seharusnya bisa memberikan banyak kasih karunia dan belas kasihan untuk orang lain.

Tuhan ngga pernah berencana untuk menjadikan gue seorang yang pahit hati, yang punya dendam, sinis, penuh dengan kedongkolan dan caci maki. Tuhan justru mau membentuk gue jadi seseorang yang betul-betul indah di mata Dia. Untuk punya karakter seperti itu, gue ditempa habis-habisan. Karakter model begitu ngga akan didapat hanya dengan ongkang ongkang kaki, guys! Dasar guenya bego, kagak ngerti-ngerti, makanya kerjaannya ngomel mulu.

“Kamu mau ngga jadi seperti itu? Kamu mau ngga kerja sama dengan Aku?,” tanya Tuhan.

Ya, Tuhan, aku mau.

Gals, kita ngga akan pernah bisa jadi cewek dengan karakter yang bener-bener Godly, kalau hidup kita selalu aman damai tenteram dan mulusss... Darimana kita bisa belajar mengampuni kalau ngga ada orang yang pernah nyakitin kita? Gimana kita belajar untuk menerima kalau semua yang ada di idup kita sama persis dengan apa yang kita mau? Gimana kita bisa punya hati dan roh yang lemah lembut kalau kita menolak dilembutkan lewat masalah-masalah yang ada?? Gimana kita bisa mengerti tentang belas kasihan, kalau tidak ada orang yang butuh kita berikan belas kasihan? Gimana kita bisa tau kita ngga punya hati yang penuh dendam kalau ngga pernah ada orang yang bikin kita kecewa dan sakit hati? Gimana kita bisa belajar tunduk, kalau kita menuntut segala sesuatu berjalan sesuai dengan kemauan kita?

Cowok itu brengsek, tapi gue tahu gue ngga lebih baik dari mereka. Sikap gue sama Tuhan sama brengseknya, lebih brengsek malah. So, kalau Tuhan tidak pernah mendendam, ngga pernah cape sama gue, gue punya alasan apa untuk dendam sama cowok? Yang gue hadapi itu adalah anak-anak Adam yang berdosa, dan gue berdiri juga sebagai anak Hawa yang sama berdosanya.

Gue bener-bener terpana ketika ngeliat rencana Tuhan di balik kejadian-kejadian yang gue alami. Maksud yang mau Tuhan kerjakan di dalam diri gue, itu jauh lebih indah daripada apa yang pernah gue bayangkan. Tuhan lakukan itu bukan untuk gue aja, tapi juga untuk kalian semua. 

Dear God,
Kau bener-bener Tuhan. Ngga ada Tuhan yang seperti Engkau. Ya Tuhan, aku mau kerja sama dengan Engkau, karena aku tahu Aku ‘dibangun’ tidak hanya untuk jadi a man’s bride, but to be Your Holy Bride as well. Menjadi ‘Your Holy Bride’ itu tujuan utamaku, Tuhan.

Untuk Ksatria-ku,
Kau salah besar kalau kau berpikir kau akan menemukan sebuah hati yang mulus tanpa pernah tergores, sebaliknya kau akan menemukan sebuah hati yang sudah berulang kali diremukkan, dihancurkan... Tapi justru lewat semua goresan dan luka, hati itu menemukan nilainya yang sebenarnya.

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^