Thursday, January 18, 2018

Peran Suami dan Calon Ayah


by Marcella Flaorenzia

Post kali ini aku tulis buat para suami, khususnya para suami yang istrinya lagi hamil or berencana untuk hamil, hehe.. Peran kalian itu sangat penting, bukan cuma nanti pas bayinya udah lahir, tapi juga di masa-masa kehamilan :)

Selama 4 bulan terakhir ini, aku ngerasain banget pentingnya peranan DM sebagai suami dan juga calon ayah. Terutama buat aku yang jauh dari keluarga and orang tua, plus tinggal di negara yang gak ada pembantu juga, hehe.. DM harus bener-bener jalanin peranan ganda :p Gak kebayang deh kalo gak ada DM and aku harus bener-bener jalanin semua ini sendirian.. (But buat para single moms, pasti ada kekuatan and anugerah khusus dari Tuhan yang akan memampukan kalian :))

Pas masuk kehamilan minggu ke-7, aku udah mulai suka mabok and gak bisa masak (sampe sekarang). Alhasil, tiap pulang kerja, DM harus mulai masuk dapur or harus beli makanan di luar. Itupun kadang-kadang belom tentu bisa aku makan, jadi dia harus pergi lagi cari makanan yang laen.

Masuk minggu ke-9, aku bukan cuma gak bisa masak, tapi aku harus bed-rest karena lemes. Kerjaan rumah, piring kotor, laundry, semua jadi terbengkalai, haha.. Mau ga mau, DM yang turun tangan juga :p Untungnya kita belom punya anak, itu beda cerita lagi nanti, mungkin pas hamil yang berikutnya, wkwkwk.. Ya berdoa aja supaya hamil berikutnya gak separah ini sicknessnya.. (Amin!)

Aku juga dulu biasanya selalu pijet (massage) si DM hampir setiap hari, dia paling seneng dipijet soalnya. But sejak hamil, udah gak bisa lagi, tenaganya juga gak ada, haha.. Malah sebaliknya, sekarang jadi dia yang sering mijetin aku :p
Trus ada juga acara-acara or kegiatan-kegiatan yang kadang DM harus cancel, karena dia harus stay di rumah. Or harus ambil off kerja kalo kondisi aku lagi parah banget. Kayak misalnya kemaren ini waktu aku sempet di-infus di hospital (nanti ya kapan-kapan aku post cerita lengkapnya, hehe..) He is not only my husband, but he is my best friend :)

Selain itu, suami juga harus hadepin mood istri yang suka gak jelas pada saat hamil, terutama di trimester pertama. Kalo tidur juga mungkin gak mau deket-deket, karena gak tahan sama bau suami, haha.. Tengah malem kadang istri gak bisa tidur, cari posisi yang enak, bolak-balik ke toilet, atau tiba-tiba laper jam 2 pagi.. Aku inget banget si DM pernah kanget kebangun gara-gara denger aku berisik makan biskuit jam 3 pagi, maklum dia tipe orang yang kalo tidur harus tenang soalnya, gak boleh ada suara apa-apa, haha.. And sometimes dalam kondisi kayak gini, suami juga harus "berkorban" and menahan diri untuk tidak berhubungan sex, karena mungkin si istri lagi bergumul berat sama morning sicknessnya and suami harus menunggu sampe si istri bener-bener oke kondisinya. Luar biasa deh pengorbanan and peranan kalian as a husband :)

But coba liat masa-masa ini sebagai kesempatan untuk kalian show your action of love to your wife, because she really needs you and your support. Jangan biarin istri kalian berjuang sendirian. Kalo kata DM, "Berani berbuat, harus berani bertanggung-jawab.." Haha.. And selama masa kehamilan ini, aku juga bisa ngerasain hubungan suami-istri yang semakin kuat, karena kita harus lewatin semua proses ini sama-sama.. Aku juga bisa liat lebih banyak lagi sisi-sisi positif dari DM, sebagai pria yang bisa diandalkan and dipercaya untuk kelak jadi seorang ayah :)

So, I just wanna say a big THANK YOU to my wonderful husband.. You are awesome, and I love you so much!! xoxo

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^