Thursday, August 20, 2015

K.E.R.A.J.I.N.A.N.

by Stephanie Gunawan

Belakangan, saya lagi belajar yang namanya k.e.r.a.j.i.n.a.n.

Kemaren kan saya post ini, di situ ci Lia tulis komen. Salah satunya begini: dont take his love for granted.. Nah, aye jadi bingung donk. Sebenernya apa sih makna 'take something for granted'? Jadi, saya buka kamus di inet. Bunyinya gini..

take someone or something for granted:

to expect someone or something to be always available to serve in some way without thanks or recognition; to value someone or something too lightly. (I wish you didn't take me for granted. I guess that I take a lot of things for granted.)
McGraw-Hill Dictionary of American Idioms and Phrasal Verbs. © 2002 by The McGraw-Hill Companies, Inc.
Hm.. saya jadi berpikir.. apakah saya berharap suami saya bs serve saya selamanya? Apakah saya gak berterima kasih pada suami saya? Apakah saya gak menghargai dia? Apakah saya memanfaatkan cinta suami saya demi kepentingan saya pribadi? Demi ego saya yang ingin merasa dikasihi dan dilayani terus-menerus? Apakah saya juga menunjukkan cinta saya pada dia? Apakah saya juga mau melayani dia dalam segala hal? Do I love him as he loves me? Do I serve him as he serves me?
Honestly, saya merasa kurang dalam melayani suami saya. Saya tetep sih bersih2, masak. Tapi saya gak punya schedule yang sama. Saya gak rutin tuh tiap hari mesti bangun, sate, mandi, masak, beresin kamar, sapu pel, cuci piring. Kalau bangun kesiangan, saya bisa aja gak masak, beli di bawah. Atau kadang uda mesti berangkat, saya gak beresin kamar. Tar pulang malem2, baru F yang sapu pel. Aih... feel bad. Alasannya sih jelas... saya males... Urusan bersih2 memang gak pernah menyenangkan buat saya. Tapi I do it to make my husband happy. Dia gak betah kalo love nest berantakan, so I do it for him. Besides, I do it to honor my Lord too. Jadi, kerjain deh. Gak pernah sih bersih2 to fulfill my own desire. Hahaha I realize, saya tu males..
Selama ini ketolong karena ada komunitas blogger seperti ci Lia, ci Grace dan ci Shinta yang kasi teladan oke banget gimana pentingnya jadi IRT. Melayani suami dan anak2 mereka dengan sepenuh hati dan penuh sukacita. Mereka yang udah punya anak aja masih rajin bersih2, siapin makanan (which I realize now, it takes a lot of efforts), ngajar tot school juga ke anaknya, dan masih nge-blog, sharing kehidupan mereka buat jadi inspirasi untuk wanita2 lain.
To ci Lia, ci Grace, ci Shinta: Ladies, beneran deh, kisah kehidupan kalian tu menginspirasi aku banget. Kalian jadi teladan untuk aku. Aku diproses untuk semakin serupa Kristus lewat kalian. Aku pengen bisa testify God's goodness in my life seperti kalian. Walaupun kita terbentang jarak, tapi aku bersyukur banget sekarang udah ada internet, jadi tetep bisa lihat kesaksian hidup kalian. However, I know it's better punya mentor yang bener2 kita bs temui orangnya. Tapi, ketemu mentor yang bener2 satu kota, ngobrol face to face, sebenernya gak gampang juga lho. Kayanya waktu kami nabrak aja. Dan kita ditarik sana sini untuk kerjain tugas masing2. Jadi, saatnya aku senggang, orang lain sibuk. Dan sebaliknya. Kalau lewat FB, walopun kalian postnya pagi2 dan aku baru bisa online malem2, aku tetep bisa baca kesaksian kalian. Jadi, yah it's good to know all of you. Praise the Lord.
Berikutnya, tentang lesson k.e.r.a.j.i.n.a.n. ini. Kemaren saya juga baru baca Christian Pundit. Artikel Guys, It Matters Whom You Marry, Too. Intinya tentang hal2 yang harus dipertimbangkan seorang pria sebelum membina hubungan dengan seorang wanita. Di paragraph awal ditulis: One pregnancy can alter a figure, responsibilities at home can reveal laziness, and a disagreement about money can turn her against you.
Jeng jeng jeng.... Iyah saya lom siap terektekdung, tapi sadar itu bisa alter my personalities and moods.. Ada yg lagi hamil n cerita bawaannya kesel mulu. Dia sendiri sadar mestinya gak boleh gitu. Gak boleh mentang2 hamil, jadi sah2 aja untuk marah2. Jadi sekarang belajar dulu dari kesaksian orang2, supaya tar pada waktunya, saya tetap bersukacita.

Yang kedua. Bener banget! Responsibilities at home can reveal laziness! Saya tau semua kerjaan mbak saya, harus saya ambil alih. Awalnya terasa challenging. Lama2, baru mikirin aja rasanya badan udah pegel. *ketauan kan malesnya* Lebih lama lagi, ketika udah ngeliat itu sebagai my responsibility, my calling to serve my husband with a clean love nest and healthy meals, uda lebih mendingan. Saya uda lebih kepengen ngurusin hal2 itu. Gapapa gak online sesering dulu. Gapapa gak nulis sebanyak dulu. Gapapa gak latian piano sebanyak dulu. Yang penting rumah tangga beres, bersih.

Saya selalu teringat ayat ini. Titus 2:4-5
dan dengan demikian mendidik perempuan-perempuan muda  mengasihi suami dan anak-anaknya, hidup bijaksana dan suci, rajin mengatur rumah tangganya, baik hati dan taat kepada suaminya, agar Firman Allah jangan dihujat orang.

Frase 'rajin mengatur rumah tangganya' terngiang2 terus belakangan ini. Ayo saya harus rajin ngurus rumah tangga seperti yang dipesankan oleh Titus, diteladankan oleh ketiga cici yang tadi saya sebut di atas, dan difirmankan Allah. Tujuan saya memang itu: agar Firman Allah jangan dihujat orang. Kalau saya males, cewe laen bisa bilang... "tuu dia aja yang nulis banyak2 di blog tentang firman, males2an di rumah. Gw juga bisa donk kaya dia.." Waaaaaahhh saya bakal jadi batu sandungan banget. Firman Allah bisa dihujat gara2 kelakuan males saya. Jadi, jangan sampe deh kaya gitu.

Ternyata mengurus love nest banyak tanggung jawabnya. Hmph! Singsingkan lengan baju! Buang napas! Kuncir rambut ke atas! Yak ayo mulai bersih2! Buku2 harus pada tempatnya, piring2 dan panci harus dimandiin, baju2 kotor taro di ember, selimut dilipet, lantai kamar mandi digosok, jangan lupa beli beras. Beras udah mo abis. v^^v

Yang ketiga, a disagreement about money can turn her against you. Hmm selama ini sih kita gak pernah masalah tentang ini sih. Jangan ampe deh. Amit2, amit2. *ketok2 meja* Selama ini kita coba praktekkin untuk terus komunikasi masalah uang. Saya juga coba tanya dia kalo saya mau beli ini itu. Semoga kami tetep bisa berkomunikasi dengan baik tentang uang.

So, do I take my husband's love for granted? Mungkin kalau saya nerusin kemalesan saya, I will take his love for granted. Tapi berhubung sekarang udah kekemplang dari berbagai sisi (firman, artikel, teladan2 saya), gak berani deh males2an lagi. Sekarang belajar rajin ngurus rumah tangga.

Tiba2 inget Amsal 31: 27
Ia mengawasi segala perbuatan rumah tangganya, makanan kemalasan tidak dimakannya.  ---> baru hari ini berasa kalau ayat ini berbicara banget buat saya. Baru paham apa artinya. ^^ (Emang firman tu gak ada abisnya ya.. Setiap fase kehidupan saya berubah, saya jadi memahami makna ayat2 yang dulu saya belum pahami. Selalu ada new treasure waiting to be found.)

Dan yah, kemaren saya udah ngobrol ma F. Dia bilang dia gak berasa I take his love for granted dan dia nyemangatin saya. Dia bilang, "Tenang aja, kamu akan tau bagaimana harus bersikap yg bener." Abis itu emo kiss. Hehehe Syukurlah. ^^

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^