Monday, March 10, 2014

Letter to New Wives #3: Seeking Godly friends and mentor.

by Lia SoC



Setiap kita butuh dukungan untuk bertumbuh.
Setiap kita butuh 'model' untuk diteladani
Setiap kita butuh 'inspirasi' dan juga 'impartasi'
Setiap kita butuh komunitas.



Sebelum saya menikah, saya gak dapat banyak 'model' or figur yang dapat saya teladani untuk menjadi seorang istri yang baik. Saya belajar banyak hal dari mama saya ( pengorbanan, kerja keras, kesetiaan, etc ) tapi itu tidak cukup untuk menjadi bekal saya. 



Saya BUTUH MELIHAT pasangan suami istri yang bahagia dengan pernikahan mereka.
Saya pengen melihat 'indahnya' hubungan2 dalam keluarga { hubungan suami dengan istri dan hubungan orangtua dengan anak }.
Saya butuh diajar dan belajar hal2 yang kecil yang tampaknya sederhana karena beneran saya banyak gak taunya urusan rumah tangga khususnya. 
Saya butuh teman. 
Saya butuh Mentor.
Orang2 yang dapat saya percaya dan juga dapat menantang saya bertumbuh secara maksimal.
Kebutuhan ini bukan hanya saya yang rasakan tapi saya tau ini juga salah satu 'jeritan' hati kalian, wanita2 muda yang seperti saya, khususnya yang lahir dalam keluarga nonkristen yang gak pernah diajar prinsip kebenaran FT dengan keteladanan orangtua tapi punya kerinduan untuk punya a Godly Home.







" katakan siapa kawanmu, maka saya bisa mengatakan siapa engkau "


Kita bisa kenal dengan banyak orang tapi kita harus menyeleksi siapa saja yang bisa kita bawa masuk ke deeper circle. Kawan/teman dekat atau sahabat atau hopeng atau apalah namanya, akan banyak mempengaruhi hidup kita.
Bukan hanya mempengaruhi pola pikir tapi juga kebiasaan hidup kita.
" Janganlah kamu sesat! Pergaulan yang buruk dapat merusak kebiasaan yang baik "
( 1 kor 15: 33 ) karena itu kita harus berhati-hati memilih teman, kepada siapa kita sharing our thoughts, struggles and weaknesses, etc.

Setelah menikah, khususnya setelah punya anak, waktu akan menjadi sangat2 terbatas. Kita tidak punya 'energi' untuk maintain hubungan dengan banyak orang karena skala prioritas yang ada. Karena itu investasikan hidupmu ( baca : waktumu ) dengan orang2 terdekat yang kamu peduli dan juga yang kamu tau mereka bisa membangun hidupmu. 


Jangan habiskan waktumu hanya sekedar buat ber-haha-hihi bbm ria dengan teman2mu membahas hal yang sia-sia! 


Ada banyak hal yang harus kamu pelajari dan jangan sampe kamu 'missed' sama apa yang Tuhan mau kamu lakukan di masa2 seperti ini. 

Masa2 masih 'berdua' or baru menikah adalah masa2 paling enak krn punya lebih banyak waktu buat belajar ini-itu. Kamu bisa belajar masak makanan2 baru, baca2 tentang kehamilan, merencanakan family tradition, bangun hubungan dengan keluarga pasangan ( mertua dan kakak/adik2 ipar), belajar disiplin hidup berdua, mengatur keuangan/cash flow rumah tangga. 

Pokoknya belajar..belajar dan belajar. 
Jadi manusia pembelajar, 
jadi istri yang haus mau belajar dan punya kerinduan untuk diajar.

Berikut ada beberapa Tips buat seeking Godly friends and mentor :


1. Carilah teman2 wanita yang punya PRIORITAS yang benar dan sama.
Prioritas hidup seseorang berubah seiring dengan berjalannya waktu dan tanggungjawab. Dulu waktu kita masih ABG, mindset kita adalah " my friends is everything, mesti selalu ada lo buat temen kalo temen butuh " trus pas kita mulai gedean kita juga terus berusaha maintain hub sama temen2 kita lewat hanging out barengan, nge-mall, nonton, makan bareng etc. TAPI pas kita uda menikah, kita kudu sadar... BEDA euy, waktu kita gak sefleksible zaman single lagi. Kita kudu masak, urus rumah, apalagi kalo uda ada anak.. Keluarga itu jadi PRIORITAS. Selama ini saya gak pernah pake jasa pembantu, apa2 urus sendiri ( kecuali 10 hari setelah operasi kaki dan 6 minggu selama saya baru pindahan ke kota ini ) kebayang dong betapa banyak hal yg mesti diurus apalagi waktu itu ada 2 children under 2 years old yg butuh byk diperhatikan. Tapi saya juga butuh temen ngobrol! kalo ada waktu meskipun singkat, saya panggil temen saya di YM, klo dia gak jawab saya gak sakit hati, klo lg asik2 chatting or seru2nya dia curhat, tiba2 saya bilang OFF dulu ya, dia juga gak sakit ati. Yang kayak gini nih enak! pengertian. ngerti klo saya punya PRIORITAS. ngerti klo saya OFF dadakan, bukan berarti curhatan dia gak penting. ngerti klo saya belom balas messagenya bukan brarti sy gak care/peduli, hanya blm ketemu waktu aja bt nongkrong lamaan depan kompie.

2. Carilah teman2 yang punya hasrat untuk bertumbuh, yang sama-sama punya hati buat belajar.
Yang ini pasti gampang buat dikenalin. Orang yang punya hasrat buat bertumbuh bakalan memicu/mencambuk/memotivasi kalian juga buat semakin bertumbuh. Orang yang semangat belajar hal2 baru bakalan memotivasi kalian juga untuk belajar. Saya kalo ketemu org yang kayak gini, pasti deh saya tempelin, hehe..Ada 1 temen yang saya kenal lewat group HHBF, duh klo liat foto2 postingan masakannya saya bisa ngiler kuadrat! Mulai deh saya sapa2 sksd ( hihihi ) , kenalan, komen2 tanya ini ono, akhirnya sy tau klo anaknya ada masalah alergi yg cukup parah jd sejak itu dia mulai berhomemade ria. Dari yg gak bisa masak jadi jago bikin roti, bukan sembarang roti tp roti dengan ragi alami. Sy suka spiritnya, mo beri yg tbaik bt kluarga skalipun dia capek loh, she is a working mom, punya toko yg kudu dijaga dari pagi sampe sore. Tp malem2 dia ngulenin roti, bikin snack, bikin makanan. Wah mantep deh, menginspirasi saya! Saya kan IRT/SAHM so waktunya drumah doang kbanyakan, sharusnya saya lebih bisa dong nyolong2 waktu bt berhomemade ria bikin cemilan buat anak saya? Yang kayak gini jadi cambukan dan challenge buat saya. Oh i love tantangan!! *maklum mantan preman* So jangan terintimidasi klo liat ada IRT2 lain bisa ini, bisa itu.. cukup punyai hati buat belajar dan jangan pesimis, semuanya bisa dipelajari kok. mo dari masak, baking, homemaking, ngurus anak, time management, keuangan, etc asal kitanya aja menolak untuk jadi 'pasif' dan segitu2 aja.

3. Carilah teman yang terbuka untuk friendship
Jangan nunggu dengan pasif tapi berinisiatiflah untuk menjadi teman untuk oranglain. 

Ada 1 orang blog reader saya yang sangat saya percayai, sementara banyak orang hubungin/message saya buat tanya ini tanya itu, minta konseling or didoain, pokoknya something yg cuma dapetin buat dirinya sendiri, this friend of mine bener2 beda. Dia tanya ada gak yang bisa aku doain? aku mau doain cici. pas dulu saya nunggu tiara gak lahir2, dia message-in saya terus, kuatin saya, bilang dia doain saya. Duh mentalnya bener2 bukan 'take it for granted' tp pengen 'memberi' juga. Saya terharu loh sama orang2 yang kayak gitu. Akhirnya end up dengan saya makin percaya sama dia. Pas saya lagi sedih en byk pergumulan, saya message-in dia en minta tolong didoain padahal kami gak pernah ketemu sebelumnya loh. Ada lagi 1 temen online yg sblmnya gak pernah ketemu, yang sukaaaaaa banget panggil saya di FB/YM klo saya online, waktu itu saya baru aja menikah, dia juga. Kami jd srg2 sharing dan sy brasa bgt dia care, interrest sm hidup saya dan emang orangnya typikal 'hubungan' yg 'gembalaaaaaa' banget. Akhirnya saya jadi deket bgt sama dia, seneng bs punya kesempatan kunjungin dia taon 2011 lalu, liat her real life yang memang bnr2 menginspirasi dan jadi berkat bt saya. Her walk with God is so genuine and her relationship with her husband is really sweet. 



Dalam hidup kita, untuk terus bertumbuh, kita butuh 3 lingkaran ini : 


1. " paul type person " 
Mentor : Orang/wanita yang bisa kita percayai, memberi kita teladan, yang bisa kita tanya ini itu, minta saran/wisdom klo ada masalah rmhtangga/parenting/etc. seseorang yang kepadanya kita komit buat buka hidup/ accountability dengan berikan dia otoritas untuk menegur hidup kita klo ada yg gak beres. 

saya punya 2 org yang seperti ini dalam hidup saya, yang selalu nantang saya untuk hidup lebih baik, kadang klo saya frustasi saya suka tanya wisdom mereka. Mereka yang suka konfrontasi tipuan iblis yang kadang ngeblok pikiran saya. 

" Lia, jangan percaya tipuan iblis. Siapa bilang kamu gak bisa? ada God's grace! Siapa bilang anak umur 2 tahun itu bakalan jadi 'terrible two'? mereka bisa aja jd very..very sweet, just be dilligent in training them dan berdoa buat mereka



2. " barnabas type person "
teman2 seperjuangan yang bisa encourage kitawanita2 yg punya 'fase' sama kayak kita, yg bs kita ajak share pergumulan ngurus anak or beban hidup, saling encourage en ngedoain. pokoknya ini bisa dibilang temen2 deket deh. Saya punya juga 2 orang yang selalu setia membalut saya pas saya jedar jeder jatuh dan gagal dalam beberapa area di hidup saya. " i understand. memang gak gampang. gue juga bergumul sama hal yang sama. gak papa, yuk bangkit lagi, bersandar sama kasih karunia Tuhan "

3. "timothy type person" 
wanita2 yang kita bina/ pengaruhi hidupnya/ anak rohani 

kita perlu juga membagi hidup kita dengan oranglain sekalipun kita sndiri uda cukup sibuk dengan 'hidup yang baru', keluarga dan anak2. Gak perlu banyak2, komit aja buat ngebina 1-2 orang, share apa yang Tuhan ajarin dalam journey barumu sbg seorang istri, kemenangan2 dan kegagalan2. Hal ini membantu kita untuk bertumbuh loh.


Trus gimana supaya kita bisa punya mentor? 

Sarah Mae membagikan tipsnya di sini :  How do i find mentor

Buat saya pribadi, ini cara saya mendapatkan mentor : 


1. berdoa. 

Tuhan peduli sama kebutuhan kita. berdoa biar Tuhan crossed my path with someone yang emang interrest sama hidup saya dan dikasih hati buat 'ngebina' saya. Klo ada yang aktif brusaha ngebangun hidup saya, saya akan hargai en balik 'kejar' dia ( hahaha ). Kayak waktu itu di New york, ada 1 ibu yg aktif ajakin saya ke coffee shop buat ngobrol, bukan karena dia gak ada kerjaan, dia punya 4 anak! Meskipun saya bukan 'coffee person', saya ikut dia, i know lots of things i could learn from her. Saya mau terima inisiatifnya, ajak sy ngobrol dan doain saya. Sampe skrg kami masih kontek en ngbrol2 bagi hidup. Makasih Tuhan buat orang2 seperti ini!

2. liat di lingkungan terdekat saya.

Mentoring yang berhasil itu klo kita punya hubungan ( khususnya krn emang sudah kenal ) hubungan yang nyata bukan secara online bakalan lebih berhasil. Tapi kalo situasinya kayak saya gini nih di kota antah berantah, gak ada komunitas kristen, tak ada rotan akarpun jadi, gak bs mentoring tatap muka, tatap 'facebook'pun jadi! ;p saya tetep keep in touch sm mrk yang saya anggap mentor/kakak rohani.


3. pursue the relationship
banyak ngobrol, kontek, tanya2, spend time dan yang paling penting i will find the way to help and bless her. Saya gak akan tanya dia, " eh, bisa gak kita kluar ke mall ngobrol2? ". No, i dont want to 'steal' her time from her family apalagi saya tau dia 'wanita sibuk' yg punya banyak anak. Biasanya saya akan offer help. Karena dulu saya lagi hamil baby#1, punya byk waktu di rumah, saya tanya " bisa gak saya masakin kalian skeluarga, nanti saya bawa makan malemnya jam 5 sore ". Nah biasanya gak nolak kan tuh yah? Trus pas saya dateng ke rumahnya, dia punya free time krn gak harus masak dan bisa deh kita ngobrol2 bentaran :) 


Cara terbaik mendapatkan teman adalah MENJADIKAN dirimu sendiri teman buat seseorang dan dengan menjadi peduli dengan oranglain. Orang yang menabur kasih akan menuai persahabatan.
IMAGE SOURCE



So temen2, jangan pasif yah... bangun hubungan sama kakak2 rohani wanita di gereja/lingkungan terdekat yang kamu lihat dia punya Godly values dalam keluarganya. Banyak belajar, banyak tanya, jangan malu-malu. 

Pasti banyak hal yg kalian bingung di awal2 kan? 

Be dilligent in seeking Godly advices or wisdom :) 

hikmat Tuhan menjadi sempurna lewat komunitas. 


God bless you, dearly wives! 
Tuhan yang akan terus perlengkapi kamu untuk menjalani fungsi kamu sebagai seorang helpmeet! Ada pengurapan yang baru tersedia setiap hari! 
Jangan biarkan kegagalan masa lalu membelenggu, kamu sudah BEBAS, diampuni dan dibasuh oleh Darah Kristus. Berjalanlah dalam pengharapan dan kasih karunia!

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tentang penulis

Lia lahir di Jakarta 30 tahun yg lalu. Sekarang berdomisili di Thailand bersama suami dan ketiga anaknya. Kerinduannya adalah menjadi "a simple Christian with a BIG impact".
                             

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^